RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi
Dasar : 1.1. Menjelaskan
Konsep Geografi
Indikator
Pencapaian Kompetensi : -
Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
-
Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi
Waktu : 1 x 45
menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Mendeskripsikan ruang lingkup geografi
- Menjelaskan objek studi geografi
- Mengidentifikasikan konsep geografi dalam
kajian geosfer
“ Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
“ Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang
lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
- Ruang lingkup geografi
- Objek studi geografi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
life skills
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP
SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep, pendekatan, prinsip,
dan aspek geografi
|
·
Membedakan
objek formal dan objek material dalam studi geografi.
|
·
Siswa
dapat Diskusikanlah konsep geografi dalam kajian geosfer
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya,
serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru
mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar
(hal 4-6). (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian
geosfer. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer.
Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Bersama-sama menarik kesimpulan materi (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi :
Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Penilaian kelompok
|
||||
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok
dengan baik
|
|
|
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|
3.
|
Hasil tugas
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan bahasa yang baik
|
|
|
|
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|
||
Penilaian Individu Peserta
didik
|
||||
1.
|
Berani mengemukakan pendapat
|
|
|
|
2.
|
Berani menjawab pertanyaan
|
|
|
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
Jumlah Nilai Individu
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
No comments:
Post a Comment