Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Alokasi
Waktu : 1 x 45
menit
Standar Kompetensi :
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi
Dasar : 1.1. Menjelaskan
Konsep Geografi
Indikator
Pencapaian Kompetensi : -
Menguraikan konsep geografi
- Menguraikan perkembangan ilmu geografi
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
pengertian geografi dari berbagai pakar
-
Membandingkan
perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
-
Mengidentifikasikan
konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
“
Karakter siswa yang diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
“ Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang
lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
geografi
-
Perkembangan
ilmu geografi
-
Konsep
esensial geografi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
life skills, pemberian tugas
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
OHP /
Slide Proyektor
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep, pendekatan, prinsip,
dan aspek geografi
|
·
Menguraikan
konsep geografi
|
·
Siswa
dapat Menguraikan perkembangan ilmu geografi.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan (1x5 menit)
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya,
serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (2x35 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian geografi secara garis besar (hal 3-4). (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai pakar dari
situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan
tokoh mengenai pengertian geografi di buku teks (hal 3-4).
(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
(guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan
pandangan tokoh (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Bersama-sama
mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan
penerapannya dalam kehidupan (lihat kolom geografi hal 9).
(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup (1x5 menit)
A.
Bersama-sama
menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
B.
Guru
memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas
ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar
mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.
-
Penilaian
untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan
konsep esensial geografi.
Penilaian
berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
||||
Pengantar disajikan dengan
bahasa yang baik
|
||||
Isi menunjukkan penjelasan
dari kutipan/pendapat tokoh
|
||||
Isi disajikan dengan bahasa
yang baik
|
||||
Penutup memberi kesimpulan
akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
||||
Penutup disajikan dengan
bahasa yang baik
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
||||
Kemampuan melakukan analisis
|
||||
Kemampuan menyampaikan
pendapat
|
||||
Partisipasi dalam diskusi
|
||||
Kemampuan penggunaan bahasa
yang baik dalam diskusi
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
No comments:
Post a Comment