RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 2
Tata Surya
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2. Mengembangkan perilaku dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Menghayati keadaan alam
semesta beserta isinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa.
2.1 Mengembangkan perilaku
proaktif dalam mempelajari peran geografi dalam kehidupan.
3.1 Memahami dinamika tata surya
serta pengaruhnya terhadap kehidupan.
|
·
Mendeskripsikan
hipotesis mengenai terjadinya jagad raya dan tata surya
·
Mengklasifikasi
planet berdasarkan kedudukan terhadap bumi dan asteroid serta berdasarkan
sifat dan ukurannya
·
Mengidentifikasi
proses terjadinya, bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
·
Mendeskripsikan
sejarah pembentukan bumi
·
Menjelaskan
perkembangan bentuk muka bumi
·
Mengidentifikasi
karakteristik lapisan bumi
|
Pertemuan I
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Menjelaskan
pengertian jagat raya;
·
Mendeskripsikan
proses terjadinya jagat raya;
·
Mendeskripsikan
proses terjadinya tata surya;
·
Mengklasifikasi
planet berdasarkan kedudukannya terhadap bumi;
·
Menjelaskan
bentuk dan sifat anggota tata surya.
II.
Materi Pembelajaran
·
Jagat Raya
·
Tata Surya
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah, Kerja kelompok, Ceramah, Examples
non examples
IV.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·
Silabus
KTSP SMA
- Buku sumber : Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media
Pratama
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Komputer dan Proyektor
- VCD Milky Way (Discovery
Channel)
- VCD Penciptaan Alam Semesta (Harun
Yahya)
V.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan : 15 menit
·
Apersepsi:
Menyapa dan mengabsen.
·
Menanyakan
tentang benda-benda langit yang ada di Jagat Raya.
·
Menanyakan
mengenai keberadaan planet.
·
Menanyakan
mengenai urutan planet dalam tata surya.
b.
Kegiatan
Inti : 100 menit
1.
Mengamati (Observing)
·
Menjelaskan
proses terjadinya jagad raya dan tata surya.
·
Menyimak
film mengenai proses terjadinya jagad raya dan tata surya.
·
Menyimak
informasi mengenai klasifikasi planet anggota tata surya dari buku sumber.
·
Mengamati
gambar planet yang ditampilkan guru.
2.
Menanya (Questioning)
·
Membuat
poster tentang salah satu hipotesis terjadinya jagad raya dan tata surya.
·
Mengklasifikasi
planet berdasarkan gambar yang sedang tampil berdasarkan kriteria yang
ditentukan oleh guru.
3.
Pengumpulan data (Experimenting)
·
Menugaskan siswa secara berkelompok untuk membuat poster
mengenai planet-planet anggota tata surya.
·
Menambahkan keterangan pada poster yang dibuat yang
diperoleh dari buku atau internet.
4.
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengomentari
poster-poster yang dibuat oleh setiap kelompok dan memberikan penilaian.
·
Bekerjasama
menempelkan poster pada majalah dinding sekolah.
5.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Secara acak guru menunjuk salah satu kelompok untuk
mempresentasikan poster yang telah dibuat.
·
Secara kelompok siswa mempresentasikan poster yang telah
dibuat di depan kelas.
·
Memberikan komentar dari setiap penampilan kelompok dan
menjelaskan apa manfaat dari tugas tersebut.
·
Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai
siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.
Kegiatan
Penutup : 20 menit
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Penilaian
A. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Tugas Individu
|
·
Tertulis
|
·
Unjuk kerja
|
·
Analisis gambar
|
·
Quiz
|
·
Tertulis
|
·
Tugas kelompok
|
·
Kerja kelompok
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
·
Portofolio
|
·
Panduan Penyusunan Portofolio
|
A.
Jenis tagihan : Tugas Individu
Bentuk tagihan : Tertulis
Contoh Instrumen : Buatlah resume dari film
proses terjadinya jagad raya dan tata surya.
(Tugas terstruktur)
Rubrik Penilaian
Karangan (tugas terstruktur)
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari isi film
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi
film
|
|
Nilai rata-rata
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
A
|
4
|
> 80
|
B
|
3
|
75 – 80
|
C
|
2
|
72 - 74
|
D
|
1
|
< 72
|
B.
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan :
Analisis gambar
Contoh
Instrumen : Gambar planet dibawah ini
apabila didasarkan pada batas asteroid
tergolong
planet (tugas terstruktur).
|
||||
![]() |
||||
C.
Jenis tagihan : Quis
Bentuk
tagihan : Tertulis
Contoh Instrumen : apa yang dimaksud dengan
teresterial planet dan mayor planet?
(tugas terstruktur)
Jawaban : Planet teresterial adalah planet yang sifat
dan ukurannya hampir sama dengan bumi
Planet
mayor adalah planet-planet besar yang mempunyai massa kecil
Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
A
|
4
|
> 80
|
B
|
3
|
75 – 80
|
C
|
2
|
72 - 74
|
D
|
1
|
< 72
|
D.
Rubrik Penilaian Kerja
kelompok
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
A. Poster
|
|
·
Poster
dibuat rapi, kreatif dan indah dilihat
|
|
·
Menjelaskan
mengenai bentuk dan sifat planet
|
|
B.
Kerjasama Kelompok
|
|
·
Semua
anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi
|
|
·
Semua
anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi yang di diskusikan
|
|
C.
Presentasi
|
|
·
Berdiri
tegap menghadap dan dapat
menjaga kontak mata dengan audien
|
|
·
Dapat
menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematis
|
|
·
Menyampaikan
materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang menyakinkan audien
|
|
Nilai rata-rata
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
A
|
4
|
> 80
|
B
|
3
|
75 – 80
|
C
|
2
|
72 - 74
|
D
|
1
|
< 72
|
A. Contoh Instrumen
1.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
|
3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan
YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi
atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat
refleksi
1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau
menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik
secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil
terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
Deskripsi sikap ini digunakan untuk
pertimbangan dalam menentukan profil siswa.
2.
Lembar Tes Unjuk Kerja
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
3.
Lembar Tes Tertulis
1.
Tuliskan
penggolongan planet dalam tata surya berdasarkan kriteria tertentu.
2.
Urutkan
dan klasifikasi gambar planet-planet yang ada dalam tata surya berdasarkan
letaknya dari bumi.
3.
Buatlah
poster mengenai karakteristik dari anggota tata surya.
4.
Lakukan
studi pustaka ke perpustakaan mengenai proses tejadinya bumi, lalu buatlah
deskripsi dari kejadian tersebut di buku Tugasmu.
5.
Apa
yang Anda ketahui mengenai big bang?
4.
Lembar Portofolio
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment