RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 3
Dinamika Planet Bumi
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2. Mengembangkan perilaku dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri penciptaan bumi
tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
2.1
Menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab sebagai makhluk bagian
dari alam semesta.
3.1 Memahami dinamika
planet bumi sebagai ruang kehidupan.
|
·
Mendeskripsikan
hipotesis mengenai terjadinya jagad raya dan tata surya
·
Mengklasifikasi
planet berdasarkan kedudukan terhadap bumi dan asteroid serta berdasarkan
sifat dan ukurannya
·
Mengidentifikasi
proses terjadinya, bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
·
Mendeskripsikan
sejarah pembentukan bumi
·
Menjelaskan
perkembangan bentuk muka bumi
·
Mengidentifikasi
karakteristik lapisan bumi
|
Pertemuan I
I.
Tujuan Pembelajaran
Mampu menjelaskan secara kronologis proses terjadinya bumi.
II.
Materi Pembelajaran
Sejarah Pembentukan Bumi
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab dan penugasan
IV.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·
Silabus
KTSP SMA
·
Buku
sumber : Facil, Advanced Learning
Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·
Buku-buku
penunjang yang relevan
·
Komputer
dan Proyektor
·
Internet
V.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·
Apersepsi:
Menyapa siswa dan mengabsen.
·
Menanyakan
mengenai posisi bumi di tata surya.
b.
Kegiatan
Inti : 100 menit
1.
Mengamati (Obeserving)
·
Menjelaskan
mengenai proses terjadinya bumi secara garis besar.
·
Menampilkan
video mengenai teori big bang melalui proyektor
2.
Menanya (Questioning)
·
Tanya-jawab
mengenai proses terjadinya bumi.
·
Mendiskusikan
asal terjadinya bumi.
3.
Pengumpulan data (Experimenting)
·
Mencari
informasi mengenai proses terjadinya bumi dari berbagai media (buku sumber,
internet).
·
Mencatat
hal-hal penting dari buku sumber atau internet mengenai proses terjadinya bumi
4.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan tentang poses terjadinya bumi.
·
Menceritakan kembali proses terjadinya bumi.
5.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Memberikan komentar pada pendapat yang diungkapkan oleh
siswa lain.
·
Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai
siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.
Kegiatan
Penutup : 20 menit
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan II
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjelaskan teori pembentukan bumi.
II.
Materi Pembelajaran
·
Teori Pembentukan Bumi
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah, dan talking stick
IV.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·
Silabus
KTSP SMA
·
Buku
sumber : Facil, Advanced Learning
Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·
Buku-buku
penunjang yang relevan
·
Komputer
dan Proyektor
·
CD
Interaktif
V.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan : 15 menit
·
Apersepsi:
Menyapa siswa dan mengabsen.
·
Menanyakan
tentang bagaimana proses terjadinya bumi.
b.
Kegiatan
Inti : 100 menit
1.
Mengamati (Observing)
·
Menjelaskan
materi tentang teori pembentukan bumi.
·
Secara
individu menyimak informasi mengenai teori pembentukan bumi dari buku sumber.
2.
Menanya (Questioning)
·
Memberikan
pertanyaan tentang teori-teori pembentukan bumi dengan permainan talking stick.
·
Memberikan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan.
3.
Pengumpulan data (Experimenting)
·
Mengumpulkan informasi tambahan tentang teori pembentukan
bumi.
·
Mencatatat hal-hal penting tentang teori pembentukan
bumi.
4.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan tentang teori pembentukan bumi.
·
Menyimpulkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa akan anugrah
terciptanya bumi.
5.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membacakan
apa yang telah disimpulkan dan yang telah dicatat.
·
Memberikan
penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi
salah konsep.
c.
Kegiatan
Penutup : 20 menit
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti.
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan III
I. Tujuan Pembelajaran
Mampu menjelaskan lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya.
II. Materi Pembelajaran
Struktur Lapisan Bumi
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, picture and picture
IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·
Silabus
KTSP SMA
·
Buku
sumber : Facil, Advanced Learning
Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·
Buku-buku
penunjang yang relevan
·
Komputer
dan Proyektor
·
Gambar
lapisan bumi
V. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·
Apersepsi:
Menyapa siswa dan mengabsen.
·
Menanyakan
mengenai bumi sebagai planet.
b. Kegiatan Inti : 100 menit
1.
Mengamati (Observing)
·
Menjelaskan
materi tentang lapisan bumi.
·
Menyimak
informasi mengenai karakteristik lapisan bumi yang disampaikan oleh guru.
·
Menunjukkan
gambar lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya.
2.
Menanya (Questioning)
·
Secara
bergantian memanggil siswa untuk meyusun gambar menjadi urutan yang benar.
·
Menanyakan
alasan dari urutan gambar tersebut.
3.
Pengumpulan data (Experimenting)
·
Mengumpulkan informasi tambahan tentang struktur lapisan
bumi dari berbagai sumber lain (internet).
·
Menggambar sendiri lapisan bumi pada buku tugas.
4.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan tentang struktur lapisan bumi.
·
Menggumpulkan gambar yang telah dibuat.
5.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Memberikan
penilaian pada gambar yang telah dibuat.
·
Memberikan
penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi
salah konsep.
c. Kegiatan Penutup : 20 menit
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Penilaian
A. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Tugas individu
|
·
Tes tertulis
|
·
Tes lisan
|
·
Menjawab gambar yang
ditunjukkan guru
|
·
Tugas kelompok
|
·
Penilaian kerja kelompok
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
·
Portofolio
|
·
Panduan Penyusunan Portofolio
|
B.
Jenis tagihan : Tugas Individu
Bentuk tagihan : Tertulis
Contoh Instrumen : Carilah
informasi mengenai proses terjadinya bumi dari berbagai media (tugas terstruktur).
Rubrik Penilaian
tugas individu
Aspek
|
Absen/Nilai
|
|
1
|
2
|
|
Informasi mencerminkan proses terjadinya bumi
|
|
|
Informasi dilengkapi sumber yang jelas
|
|
|
Tulisan mudah dibaca dan rapih
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
C.
Jenis tagihan : Tes
Bentuk tagihan : Lisan
Bahan diskusi : Susunlah gambar dari lapisan bumi
kemudian beri alasan
terhadap jawabanmu.
Jawaban :
Lapisan inti dalam, inti luar, selubung (mantel) dan litosfer
![]() |
C.
Rubrik Penilaian Kerja kelompok
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
A. Poster
|
|
·
Poster
dibuat rapi, kreatif dan indah dilihat
|
|
·
Menjelaskan
mengenai bentuk dan sifat planet
|
|
B.
Kerjasama Kelompok
|
|
·
Semua
anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi
|
|
·
Semua
anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi yang di diskusikan
|
|
C.
Presentasi
|
|
·
Berdiri
tegap menghadap dan dapat
menjaga kontak mata dengan audien
|
|
·
Dapat
menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematis
|
|
·
Menyampaikan
materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang menyakinkan audien
|
|
Nilai rata-rata
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
A
|
4
|
> 80
|
B
|
3
|
75 – 80
|
C
|
2
|
72 - 74
|
D
|
1
|
< 72
|
D. Contoh Instrumen
1.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
|
3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan
YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi
atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat
refleksi
1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau
menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik
secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil
terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan
dalam menentukan profil siswa.
2.
Lembar Tes Unjuk Kerja
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
3.
Lembar Tes Tertulis
1.
Jelaskan
salah satu teori tentang perkembangan bentuk muka bumi yang Anda kuasai.
2.
Ilustrasikan
pergerakan lempeng-lempeng di bumi dan jelaskan tahapannya secara lisan.
3.
Jelaskan
lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya.
4.
Gambarlah struktur lapisan bumi di buku Tugasmu.
5.
Bagaimana
gejala-gejala yang timbul akibat lempeng saling menjauh?
4.
Lembar Portofolio
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment