Friday, January 10, 2020

10 Tokoh Perjuangan Kemerdekaan Indonesia


10 Tokoh Perjuangan Kemerdekaan Indonesia


No.
Tokoh
Peran
1.
IR. Soekarno

v Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Mohammad Hatta dan Rajiman Wedyodiningrat ke Dalat, Vietnam. Mereka bertemu Jendral Terrauchi untuk membacakan kemerdekaan Indonesia.
v Tanggal 17 Agustus 1945 membacakan proklamasi Kemerdekaan RI dan bersama Mohammad Hatta.
v  Tanggal 28 Agustus mengadakan dengan Inggris di Surabaya
2.

Dr. Mohammad Hatta

·       Bersama menandatangani naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia .
·       Menjadi pemimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar (KMB)di Den Haag, Belanda tanggal 23 Agustus – 2 November 1949.
·      Pada tanggal 27 Desember 1945, menandatangani naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia
3.
Sri Sultan Hamengkubuwono IX

§  Pada tanggal 5 September 1945,Sultan Hamengkubuwono IX menyatakan bahwa Kesutanan Jogjakarta adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
§  HB IX menjadi anggota delegasi Indonesia dalam Perundingan Roem-Royen.
§  Saat terjadi Serangan Umum 1 Maret 1949, HB IX membantu TNI menyediakan Keraton Jogjakarta sebagai tempat persembunyian para perjuang dan TNI .
4.
Jenderal Soedirman

Ø Tanggal 12 Desember 1945, memimpin TKR di Ambarawa dalam menggempur dan mengusir Inggris.
Ø Jenderal Soedirman memimpin pasukan TNI melakukan perang gerilya melawan Belandadalam Agresi Militer Belanda II.

5.
Tjoet Nyak Meutia

Pirak,Aceh Utara, 1870- Alue Kurieng, Aceh,24 Oktober 1910 adalah pahlawan nasional Indonesia dari Aceh . Ia menjadi pahlawan nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden .

6.

I Gusti Ngurah Rai


Konoel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai melakukan pertempuran terakhir  yang dikenal dengan nama Puputan Margarana. Artinya Puputan  adalah “habis -habisan”, sedangkan Margarana berarti “Pertempuran di Marga”;

7.
Hj.Fatmawati Soekarno

Beliau adalah istri dari Presiden Indonesia pertama yaitu Soekarno .Ia juga dikenal akan jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 1945.

8.
Raden Dewi Sartika

Raden Dewi Sartika (lahir di Bandung ,4 Desember 1884) adalah tokoh pendidikan untuk kaum wanita, diakui sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia tahun 1966 dan Somanegara pernah menantang Pemerintahan Hindia - Belanda.

9.
          Ki Hajar Dewantara

Beliau adalah pendiri perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bias memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang - orang Belanda.  

10
       Mr.Ahmad Soebardjo

Beliau dilahirkan 23 Maret 1897 di Karawang Jawa Barat. Belia aktif dalam perjuangan pergerakan Nasional, termasuk anggota PPKI, serta terlibat dalam perumusan rancangan Undang – Undang Dasar




No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate