Dalam penelitian ini
peneliti menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep
Perkembangan Teknologi Transportasi pada siswa kelas IV SDN 4 Ciseureuh
Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Dalam penggunaan multimedia
interaktif dalam pembelajaran yang diperlukan CD pembelajaran interaktif IPS
dan laptop. Konsep Perkembangan Teknologi Transportasi sudah dikemas dalam
keping CD pembelajaran interaktif dan dioperasikan melalui laptop.
Dalam pembelajaran siswa
dilibatkan mengoperasikan tampilan
CD pembelajaran (sebagai user). Guru bertindak sebagai fasilitator, yang memfasilitasi siswa memberikan umpan balik dan memperjelas
penyampaian konsep jika tampilan multimedia kurang dimengerti oleh siswa.
Setelah kerangka isi
dan multimedia interaktif telah dilaksanakan dilanjutkan dengan pemberian
penjelasan materi itu sendiri. Pada akhir media multimedia interaktif tahap
pertama, diberikan penjelasan dan diikuti dengan siswa menjelaskan kembali apa
yang telah dijelaskan di dalam multimedia interaktif. Penjelasan berisi
pengertian-pengertian singkat mengenai sejarah perkembangan teknologi yang
dijelaskan dalam multimedia interaktif. Kemudian dilanjutkan dengan siswa
menjelaskan kembali dan menanyakan apa yang ada di dalam multimedia interaktif
yang tidak mereka pahami. Guru dibantu observer memonitor aktivitas tiap siswa
dan pelaksanaan pembelajaran.
Pada kegiatan akhir
guru dan siswa menyimpulkan inti pembelajaran dan ditutup dengan mengerjakan
soal tes evaluasi untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa
terhadap pembelajaran IPS pada pokok bahasan sejarah perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi dengan menggunakan media multimedia
interaktif.
No comments:
Post a Comment