Thursday, December 26, 2019

Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran IPS


  
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Perkembangan Teknologi Transportasi pada siswa kelas IV SDN 4 Ciseureuh Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Dalam penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran yang diperlukan CD pembelajaran interaktif IPS dan laptop. Konsep Perkembangan Teknologi Transportasi sudah dikemas dalam keping CD pembelajaran interaktif dan dioperasikan melalui laptop.
Dalam pembelajaran siswa dilibatkan mengoperasikan tampilan CD pembelajaran (sebagai user). Guru bertindak sebagai fasilitator, yang memfasilitasi siswa memberikan umpan balik dan memperjelas penyampaian konsep jika tampilan multimedia kurang dimengerti oleh siswa.
Setelah kerangka isi dan multimedia interaktif telah dilaksanakan dilanjutkan dengan pemberian penjelasan materi itu sendiri. Pada akhir media multimedia interaktif tahap pertama, diberikan penjelasan dan diikuti dengan siswa menjelaskan kembali apa yang telah dijelaskan di dalam multimedia interaktif. Penjelasan berisi pengertian-pengertian singkat mengenai sejarah perkembangan teknologi yang dijelaskan dalam multimedia interaktif. Kemudian dilanjutkan dengan siswa menjelaskan kembali dan menanyakan apa yang ada di dalam multimedia interaktif yang tidak mereka pahami. Guru dibantu observer memonitor aktivitas tiap siswa dan pelaksanaan pembelajaran.
Pada kegiatan akhir guru dan siswa menyimpulkan inti pembelajaran dan ditutup dengan mengerjakan soal tes evaluasi untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS pada pokok bahasan sejarah perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dengan menggunakan media multimedia interaktif.


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate