Metode inquiry atau penemuan adalah cara penyajian pelajaran yang memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk menemukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru
(Sumantri, 2001: 164).
Inquiry adalah suatu proses untuk
memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi dan atau
eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan
atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis. Inquiry sebenarnya merupakan prosedur
yang biasa dilakukan oleh ilmuwan dan orang dewasa yang memiliki motivasi
tinggi dalam upaya memahami fenomena alam, memperjelas pemahaman, dan
menerapkannnya dalam kehidupan sehari-hari (Janetta, 2005).
Kendatipun
metode pembelajaran ini berpusat pada kegiatan peserta didik, namun guru tetap
memegang peranan penting sebagai pembuat desain pengalaman belajar. Guru
berkewajiban menggiring peserta didik untuk melakukan kegiatan. Kadang kala
guru perlu memberikan penjelasan, melontarkan pertanyaan, memberikan komentar,
dan saran kepada peserta didik.
Guru berkewajiban memberikan kemudahan belajar melalui penciptaan iklim yang
kondusif, dengan menggunakan fasilitas media dan materi pembelajaran yang
bervariasi.
Sa’ud (2011:169) menerangkan:
Asas
inkuiri merupakan proses pembelajaran berdasarkan pada pencarian dan penemuan
melalui proses berpikir secara sistematis. Pengetahuan bukanlah sebuah fakta
hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dan proses menemukan sendiri. Tindakan
guru bukanlah untuk mempersiapkan anak untuk menghafalkan sejumlah materi akan
tetapi merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa menemukan sendiri materi
yang harus dipahaminya. Belajar merupakan proses mental seseorang yang tidak
terjadi secara sistematis, akan tetapi perkembangan diarahkan pada intelektual,
mental emosional, dan kemampuan individu yang utuh.
Berdasarkan penerangan di atas, jadi model inkuiri adalah suatu proses pembelajaran dimana siswa mencari sendiri jawaban atas pertanyaan yang diajukan dengan tujuan melatih intelektual siswa dalam pembelajarannya yang didasari dengan rasa ingin tahu mereka.
No comments:
Post a Comment