Monday, July 13, 2020

Pengantar Ilmu Anatomi

Ilmu Anatomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kronologi masalah anatomi mulai dari kejadian pemeriksaan kurban persembahan pada masa purba hingga analisa rumit akan bagian-bagian tubuh oleh para ilmuwan modern. Dalam perkembangannya, manusia kian memahami fungsi-fungsi dan struktur tubuh melalui ilmu anatomi. Metode pemeriksaan selalu berkembang, dari pemeriksaan tubuh hewan, pembedahan mayat, sampai ke teknik-teknik kompleks yang dikembangkan pada satu abad terakhir.
Anatomi atau ilmu urai mempelajari susunan tubuh dan hubungan bagian-bagiannya satu sama lain. Anatomi berasal dari bahasa latin, yaitu : ANA yang berarti bagian, memisahkan dan TOMI yang artinya iris atau potong. Jadi ANATOMI adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh, baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian serta hubungan alat tubuh yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan fisiologi berasal dari bahasa latin yaitu FISI yang artinya alam atau cara kerja dan LOGOS yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi FISIOLOGI adalah ilmu yang mempelajari faal atau pekerjaan dari tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian-bagian dari alat-alat tubuh dan sebagainya. Jika digabungkan, anatomi-fisiologi memiliki arti ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan dan bagian alat tubuh.
Anatomi dan fisiologi manusia mempelajari tentang susunan tubuh dan bagaimana tubuh bekerja, sehingga dapat menolong kita untuk mengerti mengenai tubuh manusia. Keduanya merupakan dua cabang sains yang bisa dipelajari secara individual namun saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan karena aktivitas suatu struktur tubuh juga ditentukan oleh bentuk spesifiknya. Contohnya pancaindera (mata, hidung, telinga, lidah dan kulit).

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate