Monday, July 13, 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GEOGRAFI KELAS X SMS 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                        
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi    : -    Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
                                                                -    Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-     Mendeskripsikan ruang lingkup geografi
-     Menjelaskan objek studi geografi
-     Mengidentifikasikan konsep geografi dalam kajian geosfer
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-     Ruang lingkup geografi
-     Objek studi geografi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-     Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-     Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-     Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-     Buku-buku penunjang yang relevan
-     OHP / Slide Proyektor
-     Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·        Membedakan objek formal dan objek material dalam studi geografi.
·        Siswa dapat Diskusikanlah konsep geografi dalam kajian geosfer

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.

2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar (hal 4-6). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Siswa mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3.      Kegiatan Penutup
a.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b.  Bersama-sama menarik kesimpulan materi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);


F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate