Menurut Kotler (2003:10) menyatakan bahwa ” Pemasaran
adalah proses sosial yang dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciotakan,menwarkan,dan secara
bebas mempertukarkan produk danjasa yang bernilai dengan pihak lain”. Selanjutnya
menurut Peter Drucker (2003:10) yang dikutip oleh Kotler (2003:10) mengatakan tujuan pemasaran adalah mengetahui
dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan
pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri. Idealnya, pemasaran
harus menghasilkan pelanggan yang siap membeli.yang dibutuhkan selanjutnya
adalah menyediakan produk atau jasa itu.Pemasaran adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli,
mempengaruhi dan memberi petunjuk agar pembeli dapat menyesuaikan kebutuhannya
dengan produk yang ditawarkan serta mengadakan perjanjian mengenai harga yang
menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Menurut Moekijat (2000)
menyatakan bahwa, kegiatan penjualan dipengaruhi oleh :
1) Kondisi
dan kemampuan menjual Penjual harus dapat meyakinkan kepada pembelinya agar
dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan. Penjual harus
memahami jenis karakteristik produk yang ditawarkan, harga produk, dan syarat
penjualan seperti pembayaran, penghantaran, pelayanan purna jual, dan garansi.
2) Kondisi
pasar Pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam
penjualan. Faktor-faktor kondisi pasar yang perlu diperhatikan adalah jenis
pasar, kelompok pembeli, segmen pasar, daya beli, frekuensi pembelian,
keinginan dan kebutuhannya.
3) Modal
Penjual harus memperkenalkan dulu atau membawa produknya kepada pembeli,
diperlukan adanya sarana serta usaha seperti alat transport, tempat peragaan
baik dalam perusahaan maupun di luar perusahaan, usaha promosi, dan lain-lain,
dimana semuanya itu disebut dengan modal.
4) Kondisi
organisasi perusahaan Pada perusahaan kecil, jumlah tenaga kerjanya lebih
sedikit, sistem organisasinya lebih sederhana, masalahmasalah yang dihadapi
serta sarana yang dimilikinya tidak sekompleks perusahaan besar. Masalah
penjualan ditangani sendiri oleh pimpinan dan tidak diberikan pada orang lain.
Berdasarkan
pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah suatu
kegiatan dalam beradaptasi antara penjual dan pembeli dimana pembeli dan
penjual akan melakukan penawaran yang terbaik sampai deal dan pembeli
mendapatkan kebutuhan yang diperlukan.
No comments:
Post a Comment