Merumuskan strategi pemasaran berarti melaksanakan
prosedur tiga langkah secara sistematis, bermula dari strategi segmentasi
pasar, strategi penentuan pasar sasaran, dan strategi penentuan posisi pasar.
Ketiga strategi tersebut adalah kunci di dalam manajemen pemasaran:
1. Strategi Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar ke dalam
kelompok pembeli yang berbeda-beda berdasarkan kebutuhan, karakteristik,
ataupun, perilaku yang membutuhkan bauran produk dan bauran pemasaran
tersendiri. Atau dengan kata lain segmentasi pasar merupakan dasar untuk
mengetahui bahwa setiap pasar terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda.
Segmentasi pasar adalah proses menempatkan konsumen dalam sub kelompok di pasar
produk, sehingga para pembeli memiliki tanggapan yang hampir sama dengan
strategi pemasaran dalam penentuan posisi perusahaan. (Setiadi. 2003:55).
2. Strategi Penentuan Pasar Sasaran.
Pemilihan besar atau luasnya segmen sesuai dengan
kemampuan suatu perusahaan untuk memasuki segmen tersebut. Sebagian besar
perusahaan memasuki sebuah pasar baru dengan melayani satu segmen tunggal, dan
jika terbukti berhasil, maka mereka menambah segmen dan kemudian memperluas
secara vertikal atau secara horizontal. Dalam menelaah pasar sasaran harus
mengevaluasi dengan menelaah tiga faktor (Umar, 2001:46):
a. Ukuran dan pertumbuhan segmen
b. Kemenarikan struktural segmen
c. Sasaran dan sumber daya
3. Strategi Penentuan Pasar Sasaran
Penentuan posisi pasar (positioning) adalah
strategi untuk merebut posisi dibenak konsumen, sehingga strategi ini menyangkut
bagaimana membangun kepercayaan, keyakinan, dan kompetensi bagi pelanggan.
Menurut Philip Kotler, positioning adalah
aktifitas mendesain citra dan memposisikan diri di benak konsumen. Sedangkan
bagi Yoram Wind, positioning adalah bagaimana mendefinisikan identitas
dan kepribadian perusahaan di benak pelanggan.
No comments:
Post a Comment