Thursday, October 29, 2020

Bentuk-bentuk Metode Bercerita Untuk Anak

 


Pada pelaksanaannya metode bercerita dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

a.         Bercerita tanpa alat peraga

Di mana pada pelaksanaannya tanpa menggunakan alat peraga sebagai media bercerita dan guru harus memperhatikan ekspresi wajah, gerak-gerik tubuh, dan suara tenaga pendidik harus dapat membantu fantasi peserta didik untuk mengkhayalkan hal-hal yang diceritakan guru.

 

 

b.        Bercerita dengan alat peraga

Di mana pada pelaksanaannya menggunakan alat peraga sebagai media penjelas dari cerita yang didengarkan peserta didik, sehingga imajinasi peserta didik terhadap suatu cerita tidak terlalu menyimpang dari apa yang dimaksudkan oleh tenaga pendidik.

1)          Alat peraga yang digunakan dapat berupa: Alat peraga langsung, yaitu menggunakan benda asli atau benda sebenarnya (misalnya: kelinci, kembang, piring) agar peserta didik dapat memahami isi cerita dan dapat melihat langsung ciri-ciri serta kegunaan dari alat tersebut.

2)          Alat peraga tak langsung, yaitu menggunakan benda-benda yang bukan alat sebenarnya. Bercerita dengan alat peraga tak langsung dapat berupa:

a)      Bercerita dengan benda-benda tiruan.

Tenaga pendidik menggunakan benda-benda tiruan sebagai alat peraga (misalnya: binatang tiruan, buah-buahan tiruan, sayuran tiruan). Benda-benda tiruan tersebut hendaknya mempunyai proporsi bentuk dan warna yang sesuai dengan aslinya.

b)      Bercerita dengan menggunakan gambar-gambar.

Tenaga pendidik menggunakan gambar sebagai alat peraga dapat berupa gambar lepas, gambar dalam buku atau gambar seri yang terdiri dari 2 sampai 6 gambar yang melukiskan jalannya cerita.

c)      Bercerita dengan menggunakan papan flanel.

Tenaga pendidik menggunakan papan flanel untuk menempelkan potongan-potongan gambar yang akan disajikan dalam suatu cerita.

d)     Membacakan cerita.

Tenaga pendidik menggunakan buku cerita dengan tujuan agar minat peserta didik terhadap buku semakin bertambah.

e)      Sandiwara boneka.

Tenaga pendidik menggunakan berbagai macam boneka yang akan dipentaskan dalam suatu cerita.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate