Thursday, October 29, 2020

Peranan Media Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini

 Gambar adalah suatu bentuk ekspresi komunikasi yang dikenal khalayak yang luas. Gambar termasuk salah satu media visual yang sering digunakan alat peraga dalam pembelajaran. Media visual memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan serta dapat menumbuhkan minat belajar anak.

Buku cerita bergambar adalah sebuah kesatuan cerita disertai dengan gambar-gambar yang berfungsi sebagai penghias dan pendukung cerita yang dapat membantu proses pemahaman terhadap isi buku tersebut. Melalui buku cerita bergambar, diharapkan pembaca dapat dengan mudah menerima informasi dan deksripsi cerita yang hendak disampaikan.

Untuk anak usia dini, alangkah baiknya jika kita mengenalkan buku cerita bergambar sesuai dengan usia mereka untuk membantu perkembangannya karena pada saat usia dini. Perkembangan otak anak berkembang secara pesat. Oleh sebab itu, kita harus memotivasi anak tersebut untuk selalu belajar dan media pembelajaran yang efektif.

Keuntungan dari buku cerita bergambar dalam hubungannya dengan kegiatan pembelajaran antara lain:

a.         Mudah dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar, karena penggunaan praktis tanpa memerlukan perlengkapan apa-apa.

b.        Harganya relatif murah, serta cara memperolehnya mudah sekali, bisa didapat dari majalah atau buku-buku cerita bergambar.

c.         Buku cerita bergambar bisa menciptakan suasana akrab antara siswa dan guru.

d.        Buku cerita bergambar bisa melatih daya tangkap anak.

e.         Buku cerita bergambar bisa melatih daya konsentrasi anak.

f.         Buku cerita bergambar bisa mengembangkan fantasi anak.

g.        Buku cerita bergambar bisa memperkaya perbendaharaan cerita anak.

h.        Buku cerita bergambar bisa memupuk rasa estetis (keindahan)

i.          Buku cerita bergambar bisa mengembangkan perasaan social.

j.          Buku cerita bergambar bisa mengembangkan emosi anak.

Kelemahan dari buku cerita bergambar dalam hubungannya dengan kegiatan pembelajaran, antara lain:

a.         Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.

b.        Buku cerita bergambar hanya menentukan presepsi indera mata.

c.         Buku cerita bergambar hanya berdimensi dua.

d.        Buku cerita bergambar tidak memperlihatkan gerak seperti halnya gambar hidup.

 

Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam mempergunakan buku cerita bergambar sebagai media visual pada setiap pembelajaran antara lain:

a.         Pergunakanlah gambar untuk tujuan-tujuan pembelajaran yang spesifik yaitu dengan cara memilih gambar tertentu yang mendukung penjelasan inti pelajaran atau pokok-pokok pelajaran.

b.        Padukan gambar-bambar kepada pelajaran, sebab keefektifan pemakaian buku cerita bergambar di dalam proses belajar mengajar memerlukan keterpaduan.

c.         Mendorong pernyataan yang kreatif, melalui buku cerita bergambar, para siswa didorong untuk mengembangkan keterampilan berbahasa lisan atau tulisan.

d.        Mengevaluasi kemajuan kelas, bisa juga dengan memanfaatkan gambar-gambar baik secara umum maupun secara khusus. Jadi, guru bisa mempergunakan gambar datar, silinder, atau transparan untuk melakukan evaluasi hasil belajar siswa.

 

Keterampilan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui berbagai strategi, pendekatan dan media. Media yang dapat digunakan beraneka ragam jenisnya, salah satunya adalah melalui buku cerita bergambar.

Buku cerita bergambar dijadikan sebagai media agar dapat membantu anak memilih minat dalam pembelajaran khususnya kegiatan pengembangan kemampuan berbahasa.

Untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak dalam suatu bahasa, gambar dapat dijadikan rangsangan pembicaraan yang baik. “Rangsangan yang berupa gambar sangat baik untuk dipergunakan pada anak-anak usia prasekolah” (Nuraenidan Sifiyanti, 2008: 113).

Buku cerita bergambar sangat cocok digunakan untuk anak usia Taman Kanak-kanak, (Asdam, 2008: 104) menyebutkan bahwa “gambar akan sangat membantu mempercepat pemahaman atau pengertian bagi murid sebagai peserta didik”.


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate