Fungsi
bahasa yang utama adalah sebagai alat untuk berkomunikasi. Fungsi bahasa
sebagai alat komunikasi dapat dibedakan menjadi dua fungsi, yaitu :
Halliday
(Suhartono, 2005: 9) mengartikan bahwa “fungsi peroranan yaitu pemakaian bahasa
atas dasar individu anak yang masih kecil dari hasil penelitiannya, Halliday
mengklasifikasikan bahwa fungsi bahasa bagi anak terbagi tujuh, yaitu:
1.
Fungsi instrumental.
Terdapat
dalam ungkapan, termasuk bahasa untuk meminta sesuatu yang berupa makanan,
barang dan sebagainya. Sebagai contoh, seorang bayi atau anak yang lapar dia
akan mengucapkan, “ma makan” artinya mama saya lapar minta makan.
2.
Fungsi menyuruh
Merupakan
ungkapan untuk menyuruh orang lain berbuat sesuatu, contoh, “tolong ambilkan
buku ibu di meja sana”.
3.
Fungsi interaksi
Terdapat
dalam ungkapan yang menciptakan suatu iklim untuk hubungan antar pribadi,
seperti pembicaraan, melalui telepon, contoh dalam ungkapan: “helo, kapan
datang?, apa kabar selama di rantau?”.
4.
Fungsi kepribadian
Fungsi
bahasa yang terdapat dalam ungkapan menyatakan atau mengakhiri partisipasi.
Contoh dalam bahasa orang dewasa “saya sudah ngantuk, selamat malam!”
5.
Fungsi pemecah masalah
(heuristic)
Suatu
ungkapan yang meminta atau menyatakan jawaban suatu masalah atau persoalan,
yaitu ungkapan yang menyatakan “coba uraikan bagaimana cara kerjanya, sebab
kejadian itu adalah ….”
6.
Fungsi khayalan
Ungkapan
yang mengajak pendengar untuk berpura-pura atau simulasi suatu. Kejadian
seperti ini yang dilakukan anak-anak kalau bermain rumah-rumahan atau
sekolah-sekolahan, bentuk karya sastra yang mempunyai fungsi kebahasaan ini
berupa novel, roman, puisi dan sebagainya.
7.
Fungsi informasi
Yaitu
ungkapan yang memberitahukan sesuatu hal (infromasi) kepada orang lain, fungsi
ini biasanya diperoleh di sekolah-sekolah sebagai suatu produk dan bukan sebagai
suatu proses.
Fungsi
bahasa bagi anak menurut Somantri dan Kurniati, (2000, 27) adalah sebagai:
a.
Alat komunikasi dengan
lingkungan terdekat.
b.
Alat mengembangkan
kemampuan dasar anak yang meliputi sejumlah ranah (Domain) yaitu logika
matematika, bahasa, musik, ruang dan tempat (spiritual) kinestetik, (olah
tubuh, olah raga, tari), sosialisasi dengan orang lain (interpersonal) dapat
memahami diri sendiri, contoh tingkah laku (interpersonal).
c.
Alat mengembangkan
ekspresi, perasaan, imajinasi pikiran.
No comments:
Post a Comment