Thursday, October 29, 2020

Peranan dan Tugas Customer Service

 

Peranan Customer Service

Customer Sevice  memegang peranan yang sangat penting di berbagai perusahaan. Dalam dunia perbankan, tugas utama seorang customer service adalah memberikan pelayanan dan membina hubungan dengan masyarakat. Secara umum, peranan customer service  bank adalah sebagai berikut:

1.      Mempertahankan nasabah lama agar tetap setia menjadi nasabah bank melalui pembinaan hubungan yang lebih akrab dengan nasabah.

2.      Berusaha untuk mendapatkan nasabah baru, melalui berbagai pendekatan. Misalnya meyakinkan nasabah untuk menjadi nasabah dan mampu meyakinkan nasabah tentang kualitas produk perbankan.(Kasmir, 2011: 181).

3.      Membantu pelanggan untuk memberikan informasi dan formulir

4.      Membantu menyelesaikan pengaduan pelanggan

5.      Memperkenalkan produk-produk atau jasa-jasa perusahaan

6.      Memberikan informasi mengenai fitur dan layanan perusahaan. (Rahmayanti, 2013: 204)

Dari beberapa pemaparan diatas, dapat penulis simpulkan bahwa pelayanan customer service  adalah sebuah usaha untuk melayani nasabah yang dilakukan customer service yang melingkupi sikap dan perilaku customer service terhadap nasabahnya.

Tugas dan Fungsi Customer Service

Menurut Kasmir (2004: 203), Tugas Customer Service antara lain:

a.    Resepsionis, menerima tamu atau nasabah yang datang ke bank dengan ramah tamah, sopan, tenang, simpatik, menarik dan menyenangkan.

b.    Deskman, memberikan informasi tentang produk bank (syarat, ketentuan, manfaat, fasilitas dan lain-lain).

c.    Salesman, menjual produk perbankan, melakukan cross selling, mengadakan pendekatan dan mencari nasabah baru.

d.    Customer Relation Officer, menjaga image bank dengan membina hubungan baik dengan seluruh nasabah, sehingga nasabah merasa senang, puas dan percaya pada bank tersebut.

e.    Komunikator, memberikan informasi dan fasilitas kemudahan berinteraksi antara bank dan nasabah.

 

 

Menurut Kasmir (2004: 202), Fungsi Customer Service antara lain:

a.    Resepsionis, sebagai seorang yang menerima tamu yang datang ke bank tersebut.

b.    Deskman, sebagai seorang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah.

c.    Salesman, sebagai seorang yang menjual produk perbankan sekaligus sebagai pelaksana cross selling.

d.    Customer Relation Officer, seorang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah, termasuk merayu atau membujuk agar nasabah tetap bertahan dari bank tersebut jika terjadi masalah.

e.    Komunikator, seorang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank dan nasabah.

 


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate