Peranan
Customer Service
Customer Sevice memegang peranan yang sangat penting di
berbagai perusahaan. Dalam dunia perbankan, tugas utama seorang customer service adalah memberikan
pelayanan dan membina hubungan dengan masyarakat. Secara umum, peranan customer service bank adalah
sebagai berikut:
1.
Mempertahankan nasabah lama agar tetap setia menjadi nasabah
bank melalui pembinaan hubungan yang lebih akrab dengan nasabah.
2.
Berusaha untuk mendapatkan nasabah baru, melalui berbagai
pendekatan. Misalnya meyakinkan nasabah untuk menjadi nasabah dan mampu
meyakinkan nasabah tentang kualitas produk perbankan.(Kasmir, 2011: 181).
3.
Membantu pelanggan untuk memberikan informasi dan formulir
4.
Membantu menyelesaikan pengaduan pelanggan
5.
Memperkenalkan produk-produk atau jasa-jasa perusahaan
6.
Memberikan informasi mengenai fitur dan layanan perusahaan.
(Rahmayanti, 2013: 204)
Dari beberapa
pemaparan diatas, dapat penulis simpulkan bahwa pelayanan customer service adalah sebuah usaha untuk melayani nasabah
yang dilakukan customer service yang
melingkupi sikap dan perilaku customer
service terhadap nasabahnya.
Tugas
dan Fungsi Customer Service
Menurut Kasmir
(2004: 203), Tugas Customer Service antara lain:
a.
Resepsionis, menerima tamu atau
nasabah yang datang ke bank dengan ramah tamah, sopan, tenang, simpatik,
menarik dan menyenangkan.
b.
Deskman, memberikan informasi
tentang produk bank (syarat, ketentuan, manfaat, fasilitas dan lain-lain).
c.
Salesman, menjual
produk perbankan, melakukan cross selling, mengadakan pendekatan dan
mencari nasabah baru.
d.
Customer Relation
Officer, menjaga image bank dengan
membina hubungan baik dengan seluruh nasabah, sehingga nasabah merasa senang,
puas dan percaya pada bank tersebut.
e.
Komunikator, memberikan
informasi dan fasilitas kemudahan berinteraksi antara bank dan nasabah.
Menurut Kasmir (2004: 202), Fungsi Customer Service antara
lain:
a.
Resepsionis, sebagai seorang yang
menerima tamu yang datang ke bank tersebut.
b.
Deskman, sebagai seorang yang
melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah.
c.
Salesman, sebagai
seorang yang menjual produk perbankan sekaligus sebagai pelaksana cross
selling.
d.
Customer Relation
Officer, seorang yang dapat membina hubungan
baik dengan seluruh nasabah, termasuk merayu atau membujuk agar nasabah tetap
bertahan dari bank tersebut jika terjadi masalah.
e.
Komunikator, seorang
yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang
ada hubungannya antara bank dan nasabah.
No comments:
Post a Comment