Menurut Hosnan (2014 : 15) ciri atau karakteristik pembelajaran Discovery antara lain
sebagai berikut :
a.
Mengeksplirasi dan
memecahkan masalah untuk menciptakan, menghubungkan dan menggeneralisasi
pengetahuan
b.
Berpusat pada siswa
c.
Kegiatan untuk
menggabungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada.
Sedangkan menurut Bell, Metode pembelajaran discovery
memiliki tujuan untuk melatih siswa untuk mandiri dan kreatif. Antara lain
sebagain berikut (Hosnan, 2014 : 15) :
a.
Dalam penemuan siswa
memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran .
b.
Melalui pembelajaran
dan penemuan, siswa belajar menemukan pola dalam situasi konkrit maupun
abstrak, juga siswa banyak meramalkan (extrapolate) informasi tambahan yang
diberikan.
c.
Siswa belajar
menumuskan strategi tanya jawab yang tidak rancu dan menggunakan tanya jawab
untuk memperoleh informasi yang bermanfaat dalam menemukan.
d.
Pembelajaran dengan
penemuan membantu siswa membentuk cara kerja bersama yang efektif, saling
membagi informasi, serta mendengar dan menggunakan ide-ide orang lain.
e.
Terdapat beberapa
fakta yeng menunjukan bahwa keterampilan-keterampilan, konsep-konsep dan
prinsip-prinsip yang dipelajari melalui penemuan lebih bermakna.
f.
Keterampilan yang
dipelajari dalam situasi belajar penemuan dalam beberapa kasus, lebih mudah di
transfer untuk aktifitas baru dan diaplikasiakan dalam situasi belajar yang
baru.
Bell (hosnan, 2014: 284) mengemukakan
beberapa tujuan spesifik dari pembelajaran dengan penemuan, yakni pada tabel
berikut
Tabel 2.1
Tabel Tujuan Metode Discovery Learning
NO
|
Tujuan
Metode Discovery Learning
|
1
|
Dalam penemuan siswa meilki kesempatan untuk
terlibat secara aktif dalam pembelajaran
|
2
|
Melaluai pembelajaran dengan penemuan, siswa
menemukan pola dalam situasi konkret maupun abstrak juga siswa banyak
meramalkan informasi tambahan yang diberikan.
|
3
|
Siswa juga belajar merumuskan strategi tanya
jawab yang tidak rancu dan menggunakan tanya jawab untuk memperolah informasi
yang bermanfaat untuk menemukan.
|
4
|
Pembelajaran dengan penemuan, membantu siswa
membentuk cara kerja yang efektif, saling membagi informasi, serta mendengar
dan menggunakan ide-ide orang lain.
|
5
|
Terdapat beberapa fakta yang menunjukan
bahwa keterampilan-keterampilan, konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang
dipelajari melalui penemuan lebih bermakna.
|
6
|
Keterampilan yang dipelajari dalam situasi
belajar penemuan dalam beberpa kasus, lebih mudah diransfer untuk aktifitas
baru dan diaplikasikan dalam situsi belajar yang baru.
|
Sumber : Bell (Hosnan, 2014 : 284)
Dari penjelasan tujuan metode Discovery
Learning di atas, dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran yang
mengguanakan metode Discovery Learning siswa diberi kesempatan untuk
aktif melatih siswa untuk menemukan konsep-konsep baru demi mendukung perluasan
ilmu pengetahuan khususnya dalam pembelajaran IPS.
No comments:
Post a Comment