Friday, April 10, 2020

Karakteristik dan Tujuan Pembelajaran Discovery



Menurut Hosnan (2014 : 15) ciri atau karakteristik pembelajaran Discovery antara lain sebagai berikut :
a.       Mengeksplirasi dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menghubungkan dan menggeneralisasi pengetahuan
b.      Berpusat pada siswa
c.       Kegiatan untuk menggabungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada.
Sedangkan menurut Bell, Metode pembelajaran discovery memiliki tujuan untuk melatih siswa untuk mandiri dan kreatif. Antara lain sebagain berikut (Hosnan, 2014 : 15) :
a.       Dalam penemuan siswa memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran .
b.      Melalui pembelajaran dan penemuan, siswa belajar menemukan pola dalam situasi konkrit maupun abstrak, juga siswa banyak meramalkan (extrapolate) informasi tambahan yang diberikan.
c.       Siswa belajar menumuskan strategi tanya jawab yang tidak rancu dan menggunakan tanya jawab untuk memperoleh informasi yang bermanfaat dalam menemukan.
d.      Pembelajaran dengan penemuan membantu siswa membentuk cara kerja bersama yang efektif, saling membagi informasi, serta mendengar dan menggunakan ide-ide orang lain.
e.       Terdapat beberapa fakta yeng menunjukan bahwa keterampilan-keterampilan, konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang dipelajari melalui penemuan lebih bermakna.
f.       Keterampilan yang dipelajari dalam situasi belajar penemuan dalam beberapa kasus, lebih mudah di transfer untuk aktifitas baru dan diaplikasiakan dalam situasi belajar yang baru.
Bell (hosnan, 2014: 284) mengemukakan beberapa tujuan spesifik dari pembelajaran dengan penemuan, yakni pada tabel berikut
Tabel 2.1
Tabel Tujuan Metode Discovery Learning
NO
Tujuan Metode Discovery Learning
1
Dalam penemuan siswa meilki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran
2
Melaluai pembelajaran dengan penemuan, siswa menemukan pola dalam situasi konkret maupun abstrak juga siswa banyak meramalkan informasi tambahan yang diberikan.
3
Siswa juga belajar merumuskan strategi tanya jawab yang tidak rancu dan menggunakan tanya jawab untuk memperolah informasi yang bermanfaat untuk menemukan.
4
Pembelajaran dengan penemuan, membantu siswa membentuk cara kerja yang efektif, saling membagi informasi, serta mendengar dan menggunakan ide-ide orang lain.

5
Terdapat beberapa fakta yang menunjukan bahwa keterampilan-keterampilan, konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang dipelajari melalui penemuan lebih bermakna.
6
Keterampilan yang dipelajari dalam situasi belajar penemuan dalam beberpa kasus, lebih mudah diransfer untuk aktifitas baru dan diaplikasikan dalam situsi belajar yang baru.
Sumber : Bell (Hosnan, 2014 : 284)
Dari penjelasan tujuan metode Discovery Learning di atas, dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran yang mengguanakan metode Discovery Learning siswa diberi kesempatan untuk aktif melatih siswa untuk menemukan konsep-konsep baru demi mendukung perluasan ilmu pengetahuan khususnya dalam pembelajaran IPS.


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate