Friday, April 10, 2020

Pentingnya Pendidikan


1.      Manusia Memerlukan Bantuan
Tanpa usaha belajar dari pihak generasi muda dan usaha pendidikan dari pihak generasi dewasa, manusia tak dapat mempertahankan dan mengembnagkan kehidupannya, sehingga dapat mencapai tingkat yang lebih bermutu dan lebih mulia. Pendidikan berfungsi untuk meningkatkan mutu kehidupan manusia, baik sebagai individu, maupun sebagai kelompok dalam kehidupan bermasyarakat.
2.      Pendidikan Dalam Praktik
Antara individu yang satu dengan yang lain ada hubungan pengaruh mempengaruhi. Kita menemukan pada setiap manusia gejala suka meniru (imitasi) perbuatan manusia lain. Dalam observasi mengenai pergaulan antara manusia kita temukan ada gejala seperasaan; jika anak sakit ibu merasakan juga keadaan anak yang sakit, pada ibu timbul rasa kasih saying. Gejala yang berhubungan dengan perasaan individu yang satu dengan individu lain, disebut oleh Maks Scheler simpati, yang secara etimologis terdiri atas dua kata, yaitu “sing” sama atau “ bersama”, “pati” (dari yunani  “pathos” yang berarti perasaan, penderitaan). Proses identifikasi adalah semacam keinginan meniru segala tingkah laku orang tuanya, dan sering sekali berlangsung secara tidak sadar.
Jelas bahwa menurut Janlighart pendidikan itu di dasari oleh kasih sayang, yang merupakan sumber bagi dua syarat yang lain, yaitu kesabaran dan kebijaksanaan. Sikap kesabaran sangat di perlukan untuk menghadapi anak, karena sikap tidak sabar atau lekas marah tidak akan menggairahkan kejiwaan anak.
Dengan pendidikan atau dengan proses perkembangan masyarakat, kita akan menemukan suatu perubahan dalam cara dan kualitas kehidupan. Tidak ada masyarakat yang bersifat statis, yang tidak mengalami perubahan. Upaya pendidikan bukan saja terjadi atas sikap perbuatan dan seluruh kepribadian, melainkan juga alat-alat pendidikan yang dengan sengaja di manfaatkan oleh pendidik. Dalam praktik pendidikan sehari-hari, kita tidak boleh  melupakan respon anak didik terhadap upaya pendidikan yang kita gunakan, karena respon anak tersebut merupakan umpan balik (feedback) bagi tindakan–tindakan pendidikan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate