Wednesday, December 16, 2020

CARA PEMBUATAN TAHU


Karena tahu sudah termasuk makanan pokok, maka orang makin penasaran dan ingin paham bagaimana cara membuat tahu yang benar. Keinginan ini makin menjadi-jadi saat berita TV beberapa tahun lalu membongkar resep ajaib untuk membuat tahu super awet: tahu  berformalin. Ibu-ibu jadi parno, jangan-jangan tahu yang saya konsumsi mengandung zat berbahaya ini. Padahal makanan murah tersebut adalah pengganti protein hewani terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi sebab anggaran rumah tangga makin naik di jaman ini. Maklum pemerintah kita banyak hutang dan mencabut subsidi.

Dan memang benar, disadari atau tidak, sebagai hasil olahan kacang kedelai, tahu merupakan

makanan andalan untuk perbaikan gizi. Tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena

mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi, berkisar antara 85%-98%. Meski kandungan gizi dalam tahu harus diakui masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan.Namun, kembali lagi ke problem diatas, dengan harga yang lebih murah, ibu rumah tangga mana yang tidak tergoda.

Anda pun tidak perlu pusing harus memakai resep olahan tahu model apa

Tahu bukanlah jenis bahan pangan yang susah untuk di olah. Anda bisa mendapatkan resep berkualitas dengan gampang di internet. Misalnya saja, anda dapat membuat olahan pepes tahu. Bahan yang diperlukan hanya bumbu dapur seadanya. Proses pengolahan pepes tahu persis dengan mengolah pepes ikan. Bedanya hanya si ikan diganti dengan tahu.

Ingin yang modern, anda bisa memasaknya menjadi sup tahu miso. Anda cukup menambahkan kaldu dashi dengan tauco  dan bayam. Dan kalau anda bosen dengan olahan tahu dalam mobil pick up itu, bisa juga membuatnya lebih berkelas dengan mencontek resep dari Itali. Yup, pizza tahu. Memang membuat pizza tahu akan menyulitkan bagi ibu rumah tangga yang baru belajar memasak. Solusi lainya, anda bisa menjadikanya rolade sosis tahu atau nugget tahu ayam.

Namun anda harus waspada, jangan sampai si kecil hanya memakan rolade atau sosisnya saja. Katakan dengan bijak pada anak-anak yang belum tahu dunia itu, tahu lebih menyehatkan, jauh lebih bergizi dari sosis atau nugget yang di jadikan santapan wajib pemain bola indonesia. Sekarang jamanya bukan jaman sosis. Kalau ingin kuat dan tidak loyo seperti Ronaldo, makanlah tahu. Tahu yang anda buat sendiri juga memberi nilai tambah, terjamin kehigienisanya. Plus, tentu bebas boraks dan sejenisnya.

Lalu bagaimana proses pembuatan tahu?

Tahu diproduksi dengan memanfaatkan sifat protein. Sudah paham pelajaran SMA kan, protein akan menggumpal bila bereaksi dengan asam sejenis cuka. Nah, penggumpalan protein oleh asam cuka ini terjadi secara cepat dan serentak di seluruh bagian cairan sari kedelai. Hal tersebut membuat sebagian besar air yang semula tercampur dalam sari kedelai akan terperangkap didalamnya.

Proses untuk menggeluarkan air yang terperangkap tersebut dapat dilakukan dengan memberikan tekanan. Semakin besar tekanan yang diberikan, semakin banyak air dapat dikeluarkan dari gumpalan protein.Gumpalan protein itulah yang masyarakat kenal sebagai tahu. Adapun air yang tersisa, bisa dibuat minuman sari kedelai yang sehat dengan mencampurkan gula dan aneka perasa. Jadi proses membuat tahu bukan sekedar menghasilkan makanan edar yang dijajakan dalam mobil pick up, yang digoreng dan di jual dengan harga 500an. Minuman berkualitas susu kedelai juga bisa dinikmati jika anda membuat tahu sendiri di rumah.

Ribet? Tidak. Asal anda tahu langkah yang benar dalam proses membuat tahu semua jadi mudah. Satu-satunya hal yang perlu anda singkirkan adalah kekawatiran jika tahu yang anda buat akan berantakan. Lalu bagaimana langkah-langkah yang harus di lakukan dalam proses pembuatan tahu. Mari simak.

Langkah-langkah membuat tahu

Langkah paling awal dalam membuat tahu adalah mempersiapkan bahan-bahanya. Perhatikan kapasitas produksi anda. Jika ingin dikonsumsi sendiri, dengan kedelai dibawah 3 kg, tidak terlalu butuh mesin tahu.

Bahan-bahan

  • Kacang kedelai
  • Air
  • Asam Cuka yang digunakan sebagai pengental

Peralatan

  • Ember besar
  • Tampah/ nyiru
  • Kain saring/kain blancu
  • Kain pengaduk
  • Cetakan
  • Rak bamboo
  • Tungku
  • Mesin penggiling jika dirasa kapasitasnya besar

 

Yang harus anda lakukan :

  • Kedelai yang tersedia dicuci hingga bersih direndam dalam air selama
  • 2 sampai 3 jam. Kadang ada yang merendam hingga 7 jam. Dalam proses perendaman ini kedelai akan mengembang. Bersihkan kembali kedelai dengan cara dicuci
  • berkali-kali.
  • Giling kedelai hingga halus, bila tidak punya mesin penggiling cukup pakai blender saja.
  • Anda bisa melakukan proses penguap/an jika memang dirasa perlu. Sebentar saja, sekitar 10 menit sudah cukup. Alternatif lain anda bisa memasaknya hingga muncul gelembung-gelembung kecil.
  • Saring bubur kedelai dengan kain. Untuk mempermudah proses terpisahnya
  • sari kedelai dari ampasnya maka ditambahkan air sambil terus
  • diaduk-aduk. Disini akan terlihat ampas tahu akan tetap bertahan dalam
  • kain sementara sari dari kedelai akan jatuh kedalam bak yang
  • sudah disiapkan dibawahnya. Jika anda ingin membuat susu kedelai, proses sudah selesai sampai disini. Untuk tahu, lakukan lagi step berikut.
  • Sari tahu yang ada dalam bak bisa ditambahkan cuka sambil terus diaduk.
  • Kemudian tempatkan tahu pada cetakan dengan lama penyimpanan dalam cetakan ± 15 menit.
Tahu yang sudah tercetak tersebut bisa direbus kurang lebih 1 jam untuk mengurangi kelembekan tahu sekaligus untuk menjadikan tahu lebih tahan lama.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate