Wednesday, December 16, 2020

Profil Negara Australia

 

Australia

Sumber Daya Alam

Benua Australia merupakan negara benua bersama daratan yang terlampau luas. Benua Australia ini memiliki padang rumput yang terlampau luas lho. Suburnya padang rumput ini sangat mungkin untuk pengembangan pada bidang peternakan. Kemajuan peternakan Australia termasuk dapat dukungan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Adanya padang rumput yang luas sebagai lahan penggembalaan.
  • Mempergunakan teknologi peternakan modern seperti penentuan bibit unggul, pemeliharaan ternak yang sehat, pengawetan daging, alat pemerah susu, dan alat pencukur bulu domba.
  • Hasil-hasil peternakan di Benua Australia banyak lho, tersedia wol, susu, dan termasuk daging. Selain peternakan, terdapat pula pertanian bersama hasil biji-bijian, buah-buahan, serta gula.

Data Kependudukan

Australia merupakan salah satu negara maju di dunia, jumlah penduduk yang menetap di negara tetangga Indonesia ini sekitar 24.141.986 jiwa. Daerah yang paling padat penduduknya adalah pantai timur. Sebagian besar penduduk tinggal di kota-kota besar Australia. Kota-kota penting umumnya terletak di daerah pantai. Suku asli Australia adalah suku Aborigin. Jumlah suku aborigin pun semakin berkurang hanya sekitar 20-30 % lagi itu dikarenakan deskan dari masyarakat pendatang. Suku aborigin hidup nomaden dan sering berburu, senjata yang digunakan dan terkenal adalah bumerang. Agama mayoritas di Australia adalah kristen Katolik sementara bahasa resmi negara adalah bahasa Inggris.

 

Budaya

1. Suku Aborigin

Suku Aborigin adalah suku asli Australia yang telah menempati benua tersebut dan pulau sekitarnya sejak 70.000 tahun lalu. Suku ini berbicara lebih dari 250 bahasa dan dialek yang berbeda-beda.

2. Boomerang

Boomerang merupakan senjata tradisional khas suku Aborigin, Australia yang telah ditemukan sejak puluhan tahun yang lalu. Senjata ini merupakan senjata lempar yang biasa digunakan untuk berburu.

3. Tari Tiwi

Tari Tiwi adalah tarian tradisional suku Aborigin. Tarian ini dipertunjukkan dengan gerakan yang kuat, dimana setiap pergatian gerakan harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan pukulan alat musik.

 

4. Didgeridoo

Didgeridoo adalah alat musik tradisional yang telah berusia ribuan tahun. Alat musik ini memiliki bentuk yang panjang dan agak mengerucut. Didgerioo memiliki bunyi yang khas, tergantung kemahiran peniup.

5. Sunday Roast

Australia memiliki makanan tradisional yang sama dengan bangsa Inggris, yaitu Sunday roast. Sunday roast merupakan sebuah hidangan yang biasa disajikan pada hari Minggu, terdiri dari daging panggang, kentang, dan dihidangkan bersama dengan sayuran atau puding.

6. Yabun Festival

Yabun adalah festival pribumi terbesar di Australia. Festival yang berlangsung hanya 1 hari ini mampu menarik sekitar 10.000 sampai 15.000 orang penonton pada Hari Australia. Festival ini merupakan salah satu ajang musik pribumi terpenting di Negeri Kanguru ini.

7. Seni Rupa Australia

Seni rupa Australia dianggap bermula dengan lukisan gua dan lukisan kulit kayu penduduk aslinya. Tradisi penduduk asli Australia diwariskan secara lisan melalui upacara dan juga dengan menyampaikan kisah-kisah zaman impian.

8. Musik Tradisional Australia

Musik tradisional Australia dihasilkan oleh suku Aborigin dan kolonial Inggris. Musik Australia disebut juga sebagai musik Aborigin dan merupakan bagian internal dari perayaan sosial, budaya, dan upacara adat yang telah ada sejak 60.000 tahun yang lalu.

9. Tjungu Festival

Tjungu Festival adalah festival empat hari yang diadakan di Voyages Rock Resort pada bulan April. Festival ini merayakan semua kebudayaan pribumi, mulai dari budaya, fashion, olahraga, musik, seni, hingga makanan.

10. Laura Aboriginal Dance Festival

Setiap dua tahun sekali pada bulan Juni, ratusan penari dan ribuan pengunjung memenuhi kota kecil Laura di Cape York Peninsula untuk merayakan Laura Aboriginal Dance Festival. Masyarakat Aborigin dari seluruh Cape York Peninsula merayakan berbagai budaya, seperti tarian, lagu, seni, dan pertunjukan.

Bahasa

Bahasa Inggris Australia mulai membedakan diri dari Bahasa Inggris Britania setelah pendirian koloni tahanan Australia di New South Wales tahun 1788. Para tahanan Britania dikirim ke sana (termasuk Cockneys dari London[2]), banyak yang berasal dari kota-kota besar di Britania Raya. Mereka dikumpulkan bersama penetap bebas, personel militer dan pengurus, bahkan bersama keluarga mereka. Tetapi, sebagian besar tahanan berasal dari Irlandia, dengan sekitar 25% langsung dari Irlandia, dan lainnya tidak langsung melalui Britania; perkiraan menyebut bahwa kemungkinan 60% tahanan berkebangsaan Irlandia (butuh rujukan). Ada kumpulan tahanan lain dari wilayah Britania non-bahasa Inggris, seperti Wales dan Skotlandia. Bahasa Inggris tidak dipertuturkan atau sedikit oleh sebagian besar penduduk tahanan dan masukan bahasa Inggris yang dominan berasal dari tahanan Cockney di Inggris Tenggara.

Hubungan Australia dengan Indonesia

Bidang pendidikan

Banyak pelajar dari Indonesia yang belajar di universitas yang ada di Australia. Selain itu, pemerintah Australia juga membantu pemerintah Indonesia di dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Bidang kesehatan

Australia berkomitmen untuk membantu pemerintah Indonesia dalam bidang kesehatan. Australia membantu memperkuat kapasitas Indonesia dalam menangani kasus HIV/AIDS melalui program kemitraan senilai 100 juta dolar Australia atau sekitar Rp800 miliar.[1] Selain itu, saat ini juga telah terjalin kemitraan antara Australia dan Indonesia di dalam penanggulangan penyakit mata di Indonesia, khususnyaBali. Hal ini ditunjukkan dengan itikad baik kedua negara membangun Pusat Mata Australia-Bali, di Denpasar, Bali. Pusat Mata itu sendiri telah diresmikan pada 27 Juli 2007 oleh pemimpin kedua negara.

 

Bidang ekonomi

Perdagangan dan perniagaan antara Australia dan Indonesia semakin tumbuh. Perdagangan dua-arah telah meningkat menjadi 25,2% selama tahun 2000-2002. Lebih dari 400 perusahaan Australia sedang melakukan perniagaan di Indonesia, mulai dari usaha pertambangan sampai telekomunikasi. Perusahaan-perusahaan ini bekerja sebagai mitra dagang dengan perusahaan dan pemerintah Indonesia.

 

Bidang pariwisata

Sejak awal 1970-an Indonesia telah menjadi tujuan utama wisata bagi orang Australia. Australia telah menjadi sumber wisatawan yang penting bagi Indonesia. Bali merupakan provinsi yang paling dikenal.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate