1. Judul
permainan : Teropong Kertas.
2. Alat
dan bahan permainan ( media ) : Kertas karton berwarna merah, kuning, biru,
ukuran 30 cm x 40 cm, lem fox.
3. Tujuan
permainan :
a. Memfokuskan
pandangan anak pada satu objek.
b. Merangsang
kemampuan mengamati fitur-fitur (elemen ciri) dari objek tersebut.
c. Menemukan
objek-objek yang menarik dan mengelaborasi detil secara kolaboratif dengan anak.
d. Memberikan
kesempatan mencari dan menemukan objek diluar ruangan.
4. Cara
bermain :
a. Ajari
anak menggulung kertas sehingga membentuk teropong. Lem atau rekatkan sisi atas
dan bawah sehingga tidak lepas, (besar kecil teropong terserah anak atau beri masukan
apabila mereka meminta).
b. Ajak
anak menggunakan “teropong” tersebut untuk mengamati benda tertentu, (ingat teropong
pura-pura ini tidak dimaksudkan untuk memperjelas benda yang jauh, tetapi untuk
memfokuskan pandangan anak ).
c. Dampingi
anak untuk menceritakan hasil pengamatannya, seperti warna, bentuk, motif dan unsur
lainnya.
d. Catat
seberapa teliti anak mengamati, lakukan elisitas apabila perlu (pertanyaan untuk
memancing pemikiran dan pernyataan anak), seperti berapa jumlah mangganya ?
sudah matang atau masih mentah ?
e. Bantu
anak jika mereka mengalami kesulitan. Ikuti saja jika anak yang justru balik bertanya
pada anak, seperti ! mangga apa ? “ anak tak tertawa dan justru bertanya lagi,
“kok manalagi, Bu? “
“iya begitu kamu makan, kamu akan minta
lagi………” manalagi ? “, gitu. Maka namanya, “ mangga manalagi “.
5. Manfaat
permainan :
a. Memberikan
pengalaman yang konkrit yang menyenangkan.
b. Merangsang
fungsi panca indera anak ( mata )
c. Mengacu
kreativitas anak
d. Merangsang
anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan.
C.
Hubungan Antara Lingkup Perkembangan Anak Dan Tahapan Usia Perkembangan Anak
Dengan Jenis Permainan ( Menyanyi Angka dan Teropong Kertas )
Melalui permainan“
Menyanyi Angka “ dan permainan “ Teropong Kertas “ pada usia 4-5 Tahun dapat mengembangkan
berbagai potensi anak. Misalnya, dapat memperkaya perbendaharaan bahasa anak,
melatih kemampuan berkomunikasi, mengenal (konsep, bentuk, warna, ukuran dan jumlah),
merangsang imajinasi, menjadikan wahana yang menyenangkan bagi anak, melatih anak
untuk belajar mengendalikan diri sendiri dan mengenal berbagai ciptaan Tuhan
Yang Maha Esa.
No comments:
Post a Comment