Monday, April 29, 2019

Ragam Keterampilan Berbicara


Ada beberapa jenis berbicara yang biasa digunakan. Menurut H.G. Tarigan (1981:23), ragam jenis berbicara dikaitkan dengan hakikat berbicara sebagai seni yang terdiri atas dua pembagian, yaitu berbicara di muka umum pada masyarakat dan berbicara pada konferensi. Pada klasifikasi pertama, terdapat beberapa jenis berbicara, yaitu berbicara informatif, berbicara secara kekeluargaan, berbicara untuk meyakinkan, dan berbicara untuk merundingkan diri. Sementara itu, berdasarkan klasifikasi kedua terdapat beberapa jenis berbicara, yaitu diskusi kelompok dan prosedur parlementer. Pada jenis diskusi kelompok terdapat jenis berbicara tidak resmi seperti komite, atau kelompok studi dan berbicara resmi seperti konferensi, diskusi panel dan simposium.
Di samping jenis-jenis berbicara tersebut di atas masih ditentukan jenis berbicara yang lainnya. Menurut Djago Tarigan (1994:162) paling sedikit ada lima landasan yang digunakan dalam mengklasifikasikan jenis berbicara, yaitu berdasarkan “situasi tujuan, metode penyampaian, jumlah menyimak, dan peristiwa khusus”. Penjelasan jenis-jenis berbicara adalah sebagai berikut. Berdasarkan situasi, terdapat beberapa jenis berbicara, yaitu bertukar pengalaman percakapan, menyampaikan cerita, menyampaikan pengumuman, bertelepon, dan memberi petunjuk. Berasaskan tujuan, terdapat jenis berbicara untuk menghibur, menginformasikan, menstimulasikan, meyakinkan, dan menggerakkan. Berarkan metode penyampaian terdapat jenis berbicara mendadak, berbicara berdasarkan catatan kecil, berbicara berdasarkan hafalan, dan berbicara berdasarkan naskah.
Selanjutnya, berdasarkan jumlah penyimak terdiri atas jenis berbicara antarpribadi, berbicara dalam kelompok kecil, dan berbicara dalam kelompok besar. Berdasarkan peristiwa khusus dikenal berbagai jenis berbicara yang menyangkut pidato, yaitu pidato presentasi, penyambutan, perpisahan, jamuan, perkenalan, dan pidato nominasi. Dalam konteks penelitian ini, jenis berbicara yang relevan dengan fokus masalah atau variabel penelitian adalah pembahasan ini adalah berbicara berasaskan situasi, yakni menyampaikan cerita atau bercerita.


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate