Sunday, April 7, 2019

Soal latihan Matematika USBN Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang tepat !

1. Pak Didik mempunyai 7 1/2 kodi dan 3 lembar kain batik. Ia telah menjual 3 1/4 kodi dan 6 lembar kain batik tersebut. Berapa lembar sisa kain batik yang belum terjual?=

2. Pak Herman memiliki gudang sembako. Dalam gudang tersebut terdapat 2,25 ton beras, 3 kuintal jagung, dan 675 kg kedelai. Berapa kg berat keseluruhan dalam gudang tersebut? Jawab

3. Andi membeli 1 gross pensil, 8 lusin buku tulis , dan 60 penghapus. Berapa bagian banyak penghapus dari keseluruhan alat tulis yang dibeli Andi? Nyatakan dalam bentuk paling sederhana!

4. Lantai rumah berbentuk persegi dengan panjang sisi 4 m. Lantai tersebut akan dipasangi keramik berbentuk persegi dengan panjang sisi 20 cm. Berapa banyak keramik yang dibutuhkan?

5. Ibu membeli 5 liter minyak goreng. Sebanyak 75% minyak goreng itu diberikan kepada bibi. Berapa liter minyak goreng ibu sekarang.

6. Sebuah usaha konveksi mendapat pesanan 15 kodi kemeja. Setiap satu kemeja membutuhkan 10 kancing baju. Berapa lusin banyak kancing yang dibutuhkan?

7. Perbandingan uang Tina dan uang Lala 5 : 3. Selisih uang mereka Rp 65.000,00. Tentukan uang mereka masing-masing!

8. Di Desa Sawojajar terdapat 375 ekor hewan ternak yang dipiara warga. Berikut data banyak hewan piaraan di Desa Sawojajar.
Ayam sebanyak 125 ekor Bebek sebanyak 100 ekor Kambing sebanyak 75 ekor Sapi sebanyak 50 ekor Kerbau sebanyak 25 ekor
Sajikan data di atas dalam bentuk diagram lingkaran !

9. Di toko alat tulis terdapat 5 gross pensil. Sebanyak 4/5 bagian dari pensil tersebut dibeli Pak Hudi. Berapa buah pensil yang dibeli Pak Hudi?


10. Sebuah balok mempunyai ukuran panjang 50 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 70 cm. Berapa liter volume balok tersebut !

1 comment:

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate