Wednesday, March 6, 2019

Budaya belajar sebagai sistem pengetahuan dan pola kelakuan manusia pada masyarakat


Perilaku belajar dengan interaksi sosial akan berlangsung dalam kehidpan secara terus menerus, baik pembelajaran di rumah, di masyarakat ataupun di lingkungan sekolah. Lewat interaksi sosial dimungkinkan akan terjadi tindakan belajar atau saling menindak. Faktor yang menentukan dalam mempelajari budaya belajar adalah lewat komunikasi dengan simbol bahasa. Semakin maju suatu budaya belajar, maka struktur komunikasi berbahasa memperlihatkan kompleksitasnya.
Pewarisan budaya belajar dapat disamakan dengan istilah “tranmisi kebudayaan” yakni suatu usaha untuk menyampaikan sejumlah pengetahuan atau pengalaman untuk dijadikan sebagai pegangan dalam meneruskan estafet kebudayaan. Dalam hal ini tidak ada suatu masyarakat yang tidak melakukan usaha mewariskan budaya.
Sekolah diciptakan masyarakat berfungsi melaksanakan pembelajaran. Tidak hanya menyampaikan pengetahuan, latihan kecerdasan, melainkan untuk menghaluskan moral dan menjadikan akhlak yang baik. Pendidikan di sekolah dalam kerangka pewarisan budaya jelas sekali arahnya. Para pendidik sebagai guru melakukan penyampaian pengetahuan dan interaksi moral berdasarkan program yang disesuaikan dengan sistem pengetahuan dan nilai yang dianut masyarakat.
Perubahan budaya merupakan sebuah keharusan, dalam masyarakat sederhana sekalipun terjadi perubahan budaya. Perbedaan budaya antara masyarakat dengan masyarakat lainnya menunjukkan adanya perbedaan percepatan dalam budaya belajarnya. Karena itu penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan dalam budaya belajar yakni: 1) faktor waktu, 2) faktor kontak budaya dan 3) faktor kecepatan. Faktor pendorong terjadinya perubahan budaya belajar dapat dicermati dalam beberapa penjelasan yakni 1) akulturasi budaya, 2) asimilasi budaya belajar, 3) inovasi budaya belajar, 4) difusi budaya belajar.
Akulturasi budaya belajar dapat terwujud melalui kontak budaya yang bentuknya bermacam-macam, antara lain: Pertama, kontak budaya belajar bisa terjadi antara seluruh anggota masyarakat atau sebagian saja, bahkan hanya individu-idividu dari dua masyarakat. Kedua, kontak budaya belajar berjalan melalui perdamaian di antara dua kelompok masyarakat yang bersahabat, maupun melalui cara permusuhan antar kelompok. Ketiga, kontak budaya belajar dapat timbul di antara masyarakat yang mempunyai kekuasaan, baik dalam politik maupun ekonomi.

Suatu pembaharuan budaya belajar akan diterima oleh suatu masyarakat apabila memenuhi syarat-syarat: Pertama, masyarakat bersangkutan harus merasa butuh dengan perubahan budaya belajar yang diawali adanya kesadaran bersama bahwa budaya belajar yang saat ini berlangsung sudah tidak cocok lagi digunakan dalam kehidupan. Kedua, perubahan budaya belajar yang ditemukan harus dapat dipahami dan dikuasai oleh anggota masyarakat lainnya. Ketiga penemuan budaya belajar harus bisa diajarkan pada masyarakat. Keempat penemuan budaya belajar harus menggambarkan keuntungan masyarakat pada masa yang akan datang. Kelima, perubahan tersebut tidak merusak prestise pribadi atau golongan 

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate