I. Pilihlah jawaban yang paling tepat !
- Manusia
memiliki 3 potensi yang mempengaruhi hidupnya yaitu terdiri dari kecuali .
. . .
a. Keb.
Jasmani b. naluri c. hati d. akal
- Naluri
ini terbagi tiga yaitu kecuali . .
. .
a.eksistensi b.
kasih sayang c. makan d. beragama
- JJ
Honigmann membagi budaya dalam tiga wujud yaitu kecuali . . . .
a. Ideas b. refleksi c. aktivities d. artefact
- Bung
Hatta berpendapat bahwa ilmu sosial memiliki peran tiga wajah ilmu sosial
yaitu kecuali . . . .
a. Critical
discourse b. academic
enterprise
c. applied science d. cultural antropologi
- Yang
termasuk sub-ilmu antropologi yaitu
. . . .
a. Etnografi b. etnologi c. ekonomi d.
geografi
- Ciri
– ciri ilmu menurut Harsojo adalah ….
a. Bersifat
rasional b bersifat irasional c. bersifat idealis d. bersifat dialektis
- Yang
termasuk bidang sosiologi khusus adalah ….
a. Sosiologi
agama b. sosiologi budaya c. sosiologi ekonomi d. sosiologi geografi
- Antropologi
pendidikan masih diragukan sebagai bidang spesialisasi antropologi,
pendapat ini dikemukakan oleh . . . .
a. Sorokin b.
Soerjono Soekanto c.
Koentjaraningrat d. A. Comte
- “Menimbulkan
dana-dana sosial” merupakan salah sau fungsi sistem sosial dalam bidang ….
a. Politik b. kultural c. sosial d.
ekonomi
- Objek,
kejadian, bunyi bicara, atau bentuk-bentuk tertulis yang diberi makna oleh
manusia disebut…..
a. simbol c.
gejala
b. realitas d.
substansi
- Peranan
guru menurut sosiologi terdiri dari tiga hal yaitu, kecuali…..
a. peran
guru dalam hubungannya dengan peserta didik
b. peran
guru dalam masyarakat
c. peran
guru dalam hubungannya dengan guru lain atau kepala sekolah
d. peran
guru dalam hubungannya sebagai individu
- Pemberian
label yang menjelaskan penyimpangan terutama ditekankan pada pentingnya
definisi-definisi sosial disebut teori…….
a. Labeling c.
scratching
b. Tracking d.
finding
- Kedatangan
bangsa Eropa ke benua Afrika, Asia dan Amerika terjadi selama….
a. 4
abad c.
5 abad
b. 6
abad d.
7 abad
- Untuk
mencapai pengertian tentang makhluk manusia pada umumnya dengan
mempelajari berbagai bentuk fisiknya, masyarakatnya maupun kebudayaannya.
Hal tersebut merupakan salah satu tujuan antropologi yaitu tujuan……
a. Akademis c.
praktis
b. Sosiologis d.
geografis
- Antropologi
menjadi suatu ilmu yang praktis terjadi pada fase ……..
a. Kesatu c.
kedua
b. Ketiga d.
keempat
- Yang
menjadi objek studi penelitian sosiologi adalah . . . .
a. masyarakat
c.
keluarga
b. individu d.
negara
- Pada
dasarnya terdapat dua jenis cara kerja atau metode dalam penelitian
sosiologi yaitu ....
a. Kualitatif
dan kuantitatif c.
kualitatif dan distributif
b. distributif
dan legislatif d.
kognitif dan kuantitatif
- Metode
penelitian kuantitatif mengutamakan data – data dalam bentuk . . . .
a. Data
kongkrit c.
angka
b. Huruf d.
pengamatan
- Salah
satu pranata sosial yang memiliki tugas khusus untuk menyelenggarakan
pendidikan adalah ….
a. Sekolah c.
Negara
b. Masyarakat d.
Kursus
- Yang
termasuk ke dalam tujuan pendidikan menurut Al Qarashi, kecuali….
a. Spiritual c.
sosial
b. Materi d.
komunal
- Pendidikan
dapat berfungsi sebagai investasi jangka panjang. Hal ini dikatakan
oleh…..
a. Lavengeveld c.
Choirul Mahfud
b. Crow
and Crow d.
Toshiko Kinosita
- Manusia
adalah hewan sama seperti hewan lain, tetapi ada perbedaannya yaitu ….
a. Manusia
mempunyai akal c.
manusia tidak bisa terbang
b. Manusia
tidak bisa berenang d.
manusia tidak makan sesame
- Perubahan
yang terjadi secara lambat disebut …..
a. Revolusi c.
evolusi
b. Reformasi d.
regulasi
- Perubahan
sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan
fungsi….
a. Bangsa c.
Negara
b. Masyarakat d.
individu
- Yang
termasuk pranata berdasarkan fungsinya kecuali……
a. Kindship c.
economic institution
b. Educational
institution d.
related institution
- Pranata
yang berfungsi memenuhi keperluan manusia untuk mengatur dan mengelola
kekuasaan disebut ….
a. Religious
institution c.
aesthetic institution
b. Political
institution d.
somatic institution
- Pranata
yang berfungsi memenuhi kebutuhan batin manusia dalam kaitannya dengan
Tuhan disebut ….
a. Aesthetic
institution c.
political institution
b. Economic
institution d.
religious institution
- Keluarga
merupakan suatu kelompok yang terdiri dari atas seorang wanita, anak-anak
yang masih tergantung kepada orangtua, dan setidak-tidaknya seorang pria
dewasa yang diikat oleh perkawinan oleh hubungan darah. Ini merupakan
definisi menurut …..
a. Haviland c.
Umar Tirtahardja
b. Ki
Hajar Dewantara d.
Levy
- Salah
satu fungsi keluarga adalah fungsi……….
a. Sosialisasi
atau pendidikan c.
politik
b. Geografis d.
demografis
- Salah
satu unsur masyarakat menurut definisi Fairchild adalah…..
a. Kelompok
manusia c.
keluarga
b. Kumpulan
orang d.
sudah terbentuk lama
- Yang
termasuk kategori kelompok adalah …..
a. Primer c. kecil
b. Besar d. tersier
- Yang
tidak termasuk unsur yang membentuk community
sentiment, adalah …..
a. Seperasaan c.
sepenanggungan
b. Saling
memerlukan d.
sebangsa
- Suatu
masyarakat yang sepenuhnya berjalan dan diatur oleh sistem disebut
masyarakat….
a. Fungsional c. terbuka
b. Saintifik d.
teknologis
- Modernisasi
berarti tumbuhnya kompleks industri yang besar, dimana produksi barang
konsumsi dan sarana dibuat secara massal. Itu merupakan pengertian
modernisasi dalam bidang . . . .
a. Politik c. ekonomi
b. sosial
d. budaya
- Modernisasi adalah rangkaian
perubahan-perubahan cara hidup manusia yang kompleks dan saling
berhubungan, merupakan bagian pengalaman yang universal dan yang dalam
banyak kesempatan merupakan harapan bagi kesejahteraan manusia. Hal
ini merupakan pengertian menurut . . . .
a. Cyrill Edwin Black c. Schorrl
b. Haviland d. Gillin
dan gillin
- Faktor
budaya yang menghambat kemajuan adalah sikap………..
a. Kompromis c.
konservatis
b. Dilematis d.
skeptis
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan
tepat !
- Apa
yang menjadi faktor pendorong sifat sosial manusia ?
- Apa
yang dimaksud dengan interaksi ?
- Apa
definisi ilmu menurut Prof. Harsojo ?
- Sebutkan
lima lapangan penyelidikan dalam antropologi menurut Koentjaraningrat!
- Sebutkan
tujuan sosiologi pendidikan menurut Nasution!
- Jelaskan
bahwa teori belajar memiliki hubungan erat dengan pendidikan ?
- Sebutkan
definisi kebudayaan menurut Geertz?
- Apa
perbedaan simbol dan tanda ?
- Sebutkan
tujuan akademis dari antropologi
gaya baru menurut Koentjaraningrat ?
- Sebutkan
tujuan praktis dari antropologi gaya baru menurut Koentjaraningrat ?
- Apa
yang dimaksud dengan penelitian ?
- Sebutkan
metode yang digunakan dalam melakukan penelitian?
- Sebutkan
fungsi pendidikan sekolah !
- Sebutkan
definisi pendidikan menurut Lavengeveld?
- Apa
pengertian perubahan sosial menurut Gillin dan Gillin ?
- Sebutkan
faktor pendorong perubahan sosial menurut Soerjono Soekanto?
- Apa
pengertian pranata sosial menurut Theodorson?
- Apa
pengertian pranata sosial menurut Koentjaraningrat?
- Apa
yang dimaksud dengan lingkungan pendidikan menurut Umar Tirtahardja ?
- Sebutkan fungsi dan peranan keluarga
dalam pendidikan menurut UU Sisdiknas Nomor 2 tahun 1989?
- Apa yang dimaksud dengan kelompok
primer ?
- Apa yang dimaksud dengan kelompok
sekunder ?
- Apa pengertian modernisasi menurut
Schorrl ?
- Bagaimana modernisasi dalam Islam ?
Kunci Jawaban
I
- C
- C
- B
- D
- B
- A
- A
- C
- D
- A
- D
- A
- A
- A
- B
- A
- A
- C
- A
- D
- D
- A
- C
- B
- D
- D
- D
- A
- A
- A
- A
- D
- C
- C
- A
- C
II. 1. Faktor pendorong sifat sosial
manusia yaitu :
a. Keinginan
untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya
b. Keinginan
untuk menjadi satu dengan suasana alam sekitarnya.
- Interaksi adalah Proses dimana orang-orang berkomunikasi
saling mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan
- Definisi ilmu menurut Prof. Harsojo adalah Ilmu adalah
akumulasi pengetahuan yang tersistematis dan memiliki suatu pendekatan
atau metode yang empiris, terikat oleh faktor ruang dan waktu, serta dapat
diamati oleh panca indera manusia.
- Lima lapangan penyelidikan dalam antropologi menurut
Koentjaraningrat adalah :
a. Masalah
sejarah asal terjadinya dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis
b. Masalah
sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari ciri-ciri fisik
c. Masalah
sejarah asal, perkembangan, dan penyebaran aneka warna bahasa yang diucapkan di
seluruh dunia
d. Masalah
perkembangan, persebaran, dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di
seluruh dunia
e. Masalah
dasar-dasar kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat suku-suku bangsa yang
tersebar di seluruh muka bumi pada masa kini (kontemporer).
- Tujuan sosiologi pendidikan menurut Nasution yaitu :
a. Sosiologi
pendidikan sebagai analisis proses sosialisasi
b. Sosiologi
pendidikan sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat
c. Sosiologi
pendidikan sebagai analisis interaksi sosial di sekolah dan antara sekolah
dengan masyarakat
d. Sosiologi
pendidikan sebagai alat kemajuan dan perkembangan sosial
e. Sosiologi
pendidikan sebagai dasar untuk menentukan tujuan pendidikan
- Teori belajar memiliki hubungan erat dengan pendidikan
karena teori belajar mencoba memahami proses belajar atau penerimaan
sesuatu (materi) oleh manusia. Teori belajar juga membahas penyebab, jalan
atau cara-cara manusia untuk menerima suatu pengetahuan.
- Suatu sistem keteraturan dari makna dan simbol-simbol,
yang dengan makna dan simbol tersebut individu-individu mendefinisikan
dunia mereka, mengekspresikan perasaan-perasaan mereka, dan membuat penilaian
mereka.
- Tanda biasanya identik dengan bentuk fisiknya dan dapat
ditangkap dengan panca indera, sedangkan simbol bersifat abstrak.
- Untuk mencapai pengertian tentang makhluk manusia pada
umumnya dengan mempelajari berbagai bentuk fisiknya, masyarakatnya maupun
kebudayaannya.
- Karena pada umumnya antropologi mempelajari masyarakat
suku bangsa, maka tujuan praktisnya adalah mempelajari manusia dalam
beragam masyarakat suku bangsa guna membangun masyarakat suku bangsa
tersebut.
- penelitian adalah proses ilmiah yang selalu ada dalam
kehidupan intelektual manusia berdasarkan sifat ingin tahu yang ada dalam
hidup ilmuwan.
- Metode kualitatif dan metode kuantitatif
- Fungsi pendidikan sekolah :
a. Fungsi
transmisi kebudayaan masyarakat
b. Fungsi
sosialisasi
c. Fungsi
integrasi sosial
d. Fungsi
mengembangkan kepribadian individu
e. Fungsi
mempersiapkan anak untuk suatu pekerjaan
f. Fungsi
inovasi/mentransformasikan masyarakat dan kebudayaan
- Definisi
pendidikan menurut Lavengeveld adalah Suatu bimbingan yang diberikan oleh
orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai tujuan yaitu
kedewasaan.
- Pengertian
perubahan sosial menurut Gillin dan Gillin merupakan suatu variasi dari
cara-cara hidup yang telah diterima baik karena perubahan kondisi
geografis, kebudayaan material dan komposisi penduduk, ideologi, maupun
karena adanya difusi atau penemuan baru dalam masyarakat secara singkat.
- Faktor
pendorong perubahan sosial menurut Soerjono Soekanto yaitu :
-
Kontak dengan kebudayaan lain
-
Sistem pendidikan formal yang maju
-
Sikap menghargai hasil karya orang lain dan
keinginan untuk maju
-
Penduduk yang heterogen
- Pengertian
pranata sosial menurut Theodorson adalah suatu sistem peran dan
norma-norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi di sekitar
pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting.
- Pengertian
pranata sosial menurut Koentjaraningrat adalah Suatu sistem norma khusus
yang menata suatu sistem atau rangkaian tindakan yang berpola mantap yang
berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi suatu atau kompleks-kompleks
kebutuhan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
- Lingkungan
pendidikan menurut Umar Tirtahardja adalah latar tempat berlangsungnya
pendidikan, lingkungan pendidikan yang utama yaitu keluarga, sekolah dan
masyarakat.
- Fungsi dan peranan keluarga dalam
pendidikan menurut UU Sisdiknas Nomor 2 tahun 1989 merupakan bagian dari jalur
pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan dalam keluarga, yang
memberikan keyakinan agama, nilai budaya, nilai moral, dan keterampilan.
- Yang dimaksud dengan kelompok primer
adalah kelompok pertama dimana seorang manusia
mula-mula berinteraksi dengan orang lain, misalnya keluarga, kelompok
sepermainan, dan lingkungan tetangga.
- Merupakan sekumpulan manusia yang
dibentuk secara sengaja atas pertimbangan tertentu berdasarkan kebutuhan
tertentu seperti
perkumpulan profesi, organisasi agama, partai politik dan sebagainya.
- Modernisasi menurut Schorrl adalah
proses penerapan ilmu
pengetahuan dan teknologi ke dalam semua segi kehidupan manusia dengan
tingkat berbeda-beda tetapi tujuan utamanya ialah utuk mencari taraf hidup yang lebih baik dan nyaman
dalam arti yang seluas-luasnya, sepanjang masih dapat diterima oleh
masyarakat yang bersangkutan.
- Modernisasi dalam Islam sebenarnya
tidak dicirikan dari kemajuan teknologi, tetapi dari sejauh mana
masyarakat menerapkan syariah Islam.
No comments:
Post a Comment