Wednesday, March 6, 2019

Soal dan Jawaban Sosiologi Pendidikan

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat !
  1. Manusia memiliki 3 potensi yang mempengaruhi hidupnya yaitu terdiri dari kecuali . . . .
a.       Keb. Jasmani         b. naluri                       c. hati              d. akal
  1. Naluri ini terbagi tiga yaitu kecuali  . . . .
a.eksistensi                  b. kasih sayang            c. makan          d. beragama
  1. JJ Honigmann membagi budaya dalam tiga wujud yaitu kecuali . . . .
a.       Ideas                     b. refleksi                    c. aktivities      d. artefact
  1. Bung Hatta berpendapat bahwa ilmu sosial memiliki peran tiga wajah ilmu sosial yaitu kecuali  . . . .
a.       Critical discourse              b. academic enterprise            
c. applied science                    d. cultural antropologi
  1. Yang termasuk sub-ilmu antropologi yaitu  . . . .
a.       Etnografi               b. etnologi                   c. ekonomi                   d. geografi
  1. Ciri – ciri ilmu menurut Harsojo adalah ….
a.       Bersifat rasional    b bersifat irasional       c. bersifat idealis         d. bersifat dialektis
  1. Yang termasuk bidang sosiologi khusus adalah ….
a.       Sosiologi agama    b. sosiologi budaya     c. sosiologi ekonomi    d. sosiologi geografi
  1. Antropologi pendidikan masih diragukan sebagai bidang spesialisasi antropologi, pendapat ini dikemukakan oleh . . . .
a.       Sorokin                  b. Soerjono Soekanto              c. Koentjaraningrat     d. A. Comte
  1. “Menimbulkan dana-dana sosial” merupakan salah sau fungsi sistem sosial dalam bidang ….
a.       Politik                    b. kultural                                c. sosial                        d. ekonomi
  1. Objek, kejadian, bunyi bicara, atau bentuk-bentuk tertulis yang diberi makna oleh manusia disebut…..
a.       simbol                                                                    c. gejala
b.      realitas                                                                   d. substansi
  1. Peranan guru menurut sosiologi terdiri dari tiga hal yaitu, kecuali…..
a.       peran guru dalam hubungannya dengan peserta didik
b.      peran guru dalam masyarakat
c.       peran guru dalam hubungannya dengan guru lain atau kepala sekolah
d.      peran guru dalam hubungannya sebagai individu
  1. Pemberian label yang menjelaskan penyimpangan terutama ditekankan pada pentingnya definisi-definisi sosial disebut teori…….
a.       Labeling                                                    c. scratching
b.      Tracking                                                    d. finding
  1. Kedatangan bangsa Eropa ke benua Afrika, Asia dan Amerika terjadi selama….
a.       4 abad                                                       c. 5 abad
b.      6 abad                                                       d. 7 abad
  1. Untuk mencapai pengertian tentang makhluk manusia pada umumnya dengan mempelajari berbagai bentuk fisiknya, masyarakatnya maupun kebudayaannya. Hal tersebut merupakan salah satu tujuan antropologi yaitu tujuan……
a.       Akademis                                                  c. praktis
b.      Sosiologis                                                  d. geografis
  1. Antropologi menjadi suatu ilmu yang praktis terjadi pada fase ……..
a.       Kesatu                                                       c. kedua
b.      Ketiga                                                       d. keempat                                         
  1. Yang menjadi objek studi penelitian sosiologi adalah . . . .
a.       masyarakat                                                c. keluarga
b.      individu                                                     d. negara
  1. Pada dasarnya terdapat dua jenis cara kerja atau metode dalam penelitian sosiologi yaitu ....
a.       Kualitatif dan kuantitatif                          c. kualitatif dan distributif
b.      distributif dan legislatif                            d. kognitif dan kuantitatif
  1. Metode penelitian kuantitatif mengutamakan data – data dalam bentuk . . . .
a.       Data kongkrit                                            c. angka
b.      Huruf                                                        d. pengamatan
  1. Salah satu pranata sosial yang memiliki tugas khusus untuk menyelenggarakan pendidikan adalah ….
a.       Sekolah                                                     c. Negara
b.      Masyarakat                                                d. Kursus
  1. Yang termasuk ke dalam tujuan pendidikan menurut Al Qarashi, kecuali….
a.       Spiritual                                                     c. sosial
b.      Materi                                                        d. komunal
  1. Pendidikan dapat berfungsi sebagai investasi jangka panjang. Hal ini dikatakan oleh…..
a.       Lavengeveld                                             c. Choirul Mahfud
b.      Crow and Crow                                        d. Toshiko Kinosita
  1. Manusia adalah hewan sama seperti hewan lain, tetapi ada perbedaannya yaitu ….
a.       Manusia mempunyai akal                          c. manusia tidak bisa terbang
b.      Manusia tidak bisa berenang                     d. manusia tidak makan sesame
  1. Perubahan yang terjadi secara lambat disebut …..
a.       Revolusi                                                    c. evolusi
b.      Reformasi                                                  d. regulasi
  1. Perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi….
a.       Bangsa                                                      c. Negara
b.      Masyarakat                                                d. individu                 
  1. Yang termasuk pranata berdasarkan fungsinya kecuali……
a.       Kindship                                                   c. economic institution
b.      Educational institution                              d. related institution
  1. Pranata yang berfungsi memenuhi keperluan manusia untuk mengatur dan mengelola kekuasaan disebut ….
a.       Religious institution                                  c. aesthetic institution
b.      Political institution                                    d. somatic institution 
  1. Pranata yang berfungsi memenuhi kebutuhan batin manusia dalam kaitannya dengan Tuhan disebut ….
a.       Aesthetic institution                                  c. political institution
b.      Economic institution                                 d. religious institution
  1. Keluarga merupakan suatu kelompok yang terdiri dari atas seorang wanita, anak-anak yang masih tergantung kepada orangtua, dan setidak-tidaknya seorang pria dewasa yang diikat oleh perkawinan oleh hubungan darah. Ini merupakan definisi menurut …..
a.       Haviland                                                   c. Umar Tirtahardja
b.      Ki Hajar Dewantara                                  d. Levy
  1. Salah satu fungsi keluarga adalah fungsi……….
a.       Sosialisasi atau pendidikan                       c. politik
b.      Geografis                                                  d. demografis

  1. Salah satu unsur masyarakat menurut definisi Fairchild adalah…..
a.       Kelompok manusia                                   c. keluarga
b.      Kumpulan orang                                       d. sudah terbentuk lama
  1. Yang termasuk kategori kelompok adalah …..
a.       Primer                                                        c. kecil
b.      Besar                                                         d. tersier
  1. Yang tidak termasuk unsur yang membentuk community sentiment, adalah …..
a.       Seperasaan                                                c. sepenanggungan
b.      Saling memerlukan                        d. sebangsa
  1. Suatu masyarakat yang sepenuhnya berjalan dan diatur oleh sistem disebut masyarakat….
a.       Fungsional                                     c. terbuka
b.      Saintifik                                        d. teknologis
  1. Modernisasi berarti tumbuhnya kompleks industri yang besar, dimana produksi barang konsumsi dan sarana dibuat secara massal. Itu merupakan pengertian modernisasi dalam bidang . . . .
a.       Politik                                            c. ekonomi
b.       sosial                                           d. budaya
  1. Modernisasi adalah rangkaian perubahan-perubahan cara hidup manusia yang kompleks dan saling berhubungan, merupakan bagian pengalaman yang universal dan yang dalam banyak kesempatan merupakan harapan bagi kesejahteraan manusia. Hal ini merupakan pengertian menurut . . . .
a.       Cyrill Edwin Black                       c. Schorrl
b.      Haviland                                       d. Gillin dan gillin
  1. Faktor budaya yang menghambat kemajuan adalah sikap………..
a.       Kompromis                                   c. konservatis
b.      Dilematis                                       d. skeptis

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !
  1. Apa yang menjadi faktor pendorong sifat sosial manusia ?
  2. Apa yang dimaksud dengan interaksi ?
  3. Apa definisi ilmu menurut Prof. Harsojo ?
  4. Sebutkan lima lapangan penyelidikan dalam antropologi menurut Koentjaraningrat!
  5. Sebutkan tujuan sosiologi pendidikan menurut Nasution!
  6. Jelaskan bahwa teori belajar memiliki hubungan erat dengan pendidikan ?
  1. Sebutkan definisi kebudayaan menurut Geertz?
  2. Apa perbedaan simbol dan tanda ?
  1. Sebutkan tujuan  akademis dari antropologi gaya baru menurut Koentjaraningrat ?
  2. Sebutkan tujuan praktis dari antropologi gaya baru menurut Koentjaraningrat ?
  1. Apa yang dimaksud dengan penelitian ?
  2. Sebutkan metode yang digunakan dalam melakukan penelitian?
  1. Sebutkan fungsi pendidikan sekolah !
  2. Sebutkan definisi pendidikan menurut Lavengeveld?
  1. Apa pengertian perubahan sosial menurut Gillin dan Gillin ?
  2. Sebutkan faktor pendorong perubahan sosial menurut Soerjono Soekanto?
  1. Apa pengertian pranata sosial menurut Theodorson?
  2. Apa pengertian pranata sosial menurut Koentjaraningrat?
  1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan pendidikan menurut Umar Tirtahardja ?
  2. Sebutkan fungsi dan peranan keluarga dalam pendidikan menurut UU Sisdiknas Nomor 2 tahun 1989?
  1. Apa yang dimaksud dengan kelompok primer ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kelompok sekunder ?
  1. Apa pengertian modernisasi menurut Schorrl ?
  2. Bagaimana modernisasi dalam Islam ?




Kunci Jawaban

I


  1. C
  2. C
  3. B
  4. D
  5. B
  6. A
  7. A
  8. C
  9. D
  10. A
  11. D
  12. A
  13. A
  14. A
  15. B
  16. A
  17. A
  18. C
  19. A
  20. D
  21. D
  22. A
  23. C
  24. B
  25. D
  26. D
  27. D
  28. A
  29. A
  30. A
  31. A
  32. D
  33. C
  34. C
  35. A
  36. C



II. 1. Faktor pendorong sifat sosial manusia yaitu :
a.       Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya
b.      Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekitarnya.
  1. Interaksi adalah Proses dimana orang-orang berkomunikasi saling mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan

  1. Definisi ilmu menurut Prof. Harsojo adalah Ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang tersistematis dan memiliki suatu pendekatan atau metode yang empiris, terikat oleh faktor ruang dan waktu, serta dapat diamati oleh panca indera manusia.

  1. Lima lapangan penyelidikan dalam antropologi menurut Koentjaraningrat adalah :
a.       Masalah sejarah asal terjadinya dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis
b.      Masalah sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari ciri-ciri fisik
c.       Masalah sejarah asal, perkembangan, dan penyebaran aneka warna bahasa yang diucapkan di seluruh dunia
d.      Masalah perkembangan, persebaran, dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia
e.       Masalah dasar-dasar kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat suku-suku bangsa yang tersebar di seluruh muka bumi pada masa kini (kontemporer).




  1. Tujuan sosiologi pendidikan menurut Nasution yaitu :
a.       Sosiologi pendidikan sebagai analisis proses sosialisasi
b.      Sosiologi pendidikan sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat
c.       Sosiologi pendidikan sebagai analisis interaksi sosial di sekolah dan antara sekolah dengan masyarakat
d.      Sosiologi pendidikan sebagai alat kemajuan dan perkembangan sosial
e.       Sosiologi pendidikan sebagai dasar untuk menentukan tujuan pendidikan

  1. Teori belajar memiliki hubungan erat dengan pendidikan karena teori belajar mencoba memahami proses belajar atau penerimaan sesuatu (materi) oleh manusia. Teori belajar juga membahas penyebab, jalan atau cara-cara manusia untuk menerima suatu pengetahuan.

  1. Suatu sistem keteraturan dari makna dan simbol-simbol, yang dengan makna dan simbol tersebut individu-individu mendefinisikan dunia mereka, mengekspresikan perasaan-perasaan mereka, dan membuat penilaian mereka.

  1. Tanda biasanya identik dengan bentuk fisiknya dan dapat ditangkap dengan panca indera, sedangkan simbol bersifat abstrak.

  1. Untuk mencapai pengertian tentang makhluk manusia pada umumnya dengan mempelajari berbagai bentuk fisiknya, masyarakatnya maupun kebudayaannya.

  1. Karena pada umumnya antropologi mempelajari masyarakat suku bangsa, maka tujuan praktisnya adalah mempelajari manusia dalam beragam masyarakat suku bangsa guna membangun masyarakat suku bangsa tersebut.

  1. penelitian adalah proses ilmiah yang selalu ada dalam kehidupan intelektual manusia berdasarkan sifat ingin tahu yang ada dalam hidup ilmuwan.

  1. Metode kualitatif dan metode kuantitatif

  1. Fungsi pendidikan sekolah :
a.       Fungsi transmisi kebudayaan masyarakat
b.      Fungsi sosialisasi
c.       Fungsi integrasi sosial
d.      Fungsi mengembangkan kepribadian individu
e.       Fungsi mempersiapkan anak untuk suatu pekerjaan
f.       Fungsi inovasi/mentransformasikan masyarakat dan kebudayaan
  1. Definisi pendidikan menurut Lavengeveld adalah Suatu bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai tujuan yaitu kedewasaan.

  1. Pengertian perubahan sosial menurut Gillin dan Gillin merupakan suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material dan komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi atau penemuan baru dalam masyarakat secara singkat.


  1. Faktor pendorong perubahan sosial menurut Soerjono Soekanto yaitu :
-          Kontak dengan kebudayaan lain
-          Sistem pendidikan formal yang maju
-          Sikap menghargai hasil karya orang lain dan keinginan untuk maju
-          Penduduk yang heterogen

  1. Pengertian pranata sosial menurut Theodorson adalah suatu sistem peran dan norma-norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi di sekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting.

  1. Pengertian pranata sosial menurut Koentjaraningrat adalah Suatu sistem norma khusus yang menata suatu sistem atau rangkaian tindakan yang berpola mantap yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi suatu atau kompleks-kompleks kebutuhan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Lingkungan pendidikan menurut Umar Tirtahardja adalah latar tempat berlangsungnya pendidikan, lingkungan pendidikan yang utama yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

  1. Fungsi dan peranan keluarga dalam pendidikan menurut UU Sisdiknas Nomor 2 tahun 1989 merupakan bagian dari jalur pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan dalam keluarga, yang memberikan keyakinan agama, nilai budaya, nilai moral, dan keterampilan.

  1. Yang dimaksud dengan kelompok primer adalah kelompok pertama dimana seorang manusia mula-mula berinteraksi dengan orang lain, misalnya keluarga, kelompok sepermainan, dan lingkungan tetangga.

  1. Merupakan sekumpulan manusia yang dibentuk secara sengaja atas pertimbangan tertentu berdasarkan kebutuhan tertentu seperti perkumpulan profesi, organisasi agama, partai politik dan sebagainya.

  1. Modernisasi menurut Schorrl adalah proses penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam semua segi kehidupan manusia dengan tingkat berbeda-beda tetapi tujuan utamanya ialah utuk mencari taraf hidup yang lebih baik dan nyaman dalam arti yang seluas-luasnya, sepanjang masih dapat diterima oleh masyarakat yang bersangkutan.

  1. Modernisasi dalam Islam sebenarnya tidak dicirikan dari kemajuan teknologi, tetapi dari sejauh mana masyarakat menerapkan syariah Islam.


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate