RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NamaSekolah : SMP ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/
Semester : VII/ 1
Materi Pokok : Kaulinan Barudak
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (4 X Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin,
gotong royong, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
3.2
|
Mengidentifikasi
jenis, ragam (varian), istilah, dan prosedurkaulinan
barudak dengan memperhatikan fungsisosial,
strukturteksdan aspek kebahasaan.
|
3.2.1
3.2.2
3.2.3
3.2.4
|
Mengidentifikasi
jenis kaulinan barudak
Mengidentifikasi
ragam (varian)kaulinan
barudak
Mengidentifikasi
istilah dalam kaulinan barudak
Mengidentifikasi
prosedurkaulinan
barudak
|
4.2
|
Mendemonstrasikan jenis, ragam (varian), dan
prosedurkaulinan
barudak melalui pengamatan langsung dariberbagai media dengan memperhatikan fungsisosial, strukturteksdan aspek kebahasaan.
|
4.2.1
4.2.2
|
Memperagakan
jenis, ragam (varian), dan prosedurkaulinan barudak
Menanggapi
peragaan jenis, ragam (varian), dan
prosedurkaulinan
barudak
|
*
NilaiKarakter:
Cinta Tanah Air, Mandiri, GotongRoyong,
Integritas, Toleransi, TanggungJawab
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Melalui diskusi
dan tanya jawab, secarapenuh rasa
banggaakankekayaanbudayanyasendiri peserta didik dapat:
1)
mengidentifikasi jenis kaulinan barudakdenganbenar;
2)
mengidentifikasi ragam (varian)kaulinan barudakdenganbenar.
Pertemuan Kedua
Melalui
diskusi dan tanya jawab, secarapenuh rasa bangga akan kekayaan budayanya
sendiri peserta didik dapat mengidentifikasi prosedurkaulinan barudak dengan tepat.
Pertemuan ketiga
Melalui
unjukkerja, dengan penuh
rasa banggaakankekayaanbudayanyasendiri peserta didik
dapat memperagakan
jenis, ragam (varian), dan prosedurkaulinan barudakdengankreatif.
Pertemuan
Keempat
Melalui
diskusi dan tanya jawab, secarabergotongroyong,
salingmenghargaipendapat, danpenuh rasa banggaakankekayaanbudayanyasendiri peserta didik dapat menanggapi peragaan jenis, ragam (varian), dan prosedurkaulinan barudak.
D. Materi
Pembelajaran
1.
MateriReguler
Pertemuan
Pertama
1. Jenis - jenis kaulinan barudak
2. Ragam(varian)kaulinan barudak
Pertemuan
Kedua
Prosedurkaulinan
barudak
Pertemuan
ketiga
Peragaan jenis, ragam (varian), dan prosedurkaulinan
barudak
Pertemuan
Keempat
Tanggapanterhadap peragaan jenis, ragam (varian), dan prosedurkaulinan barudak
2.
MateriPengayaan
PerbandinganKaulinanbarudak Nusantara
3.
Materi Remedial
Istilah-istilahdalamkaulinanbarudak
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Projek Based Learning (PjBL)
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, unjukkerja
F.
Media, BahandanAlat
1.
Media
Video kaulinan
barudak
2.
Bahan
2.1 Beberapateksyang
memuatdeskripsikaulinanbarudak
2.2 LKS
3.
Alat
Komputer, LCD proyektor, speaker, kertas plano,
kertas tempel, spidol, dan doubletape
G.
Sumber Belajar
Danadibrata, R.A. 2006. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat.
Faturohman, Taufik. 2017. GapuraBasa.
Bandung: GegerSunten.
Hadi, Ahmad, Drs. 1991. Peperenian. Bandung: Geger
Sunten.
Hidayat, Rahmat Taufiq,
spk. 2005. Peperenian Urang Sunda.
Bandung: Kiblat Buku Utama.
Lembaga Basa jeung
Sastra Sunda. 2007. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung:
Geger Sunten.
Geger Sunten.
Risnawati, Dadang Nurjaman, Susi Budiwati. 2017. Rancagé Diajar Basa Sunda. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.
https://youtube.com
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam,
kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)
Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar
pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)
Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru
melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada
pertemuan sebelumnya;
4) Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.
5) Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
6) Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
7) Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik mengamati tayangan
video rekaman kaulinan barudak.
2) Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi teks
naskah dan atau video rekaman kaulinan
barudak.
3) Peserta didik bertanya jawab tentang
bentuk-bentuk kaulinan barudak..
4)
Masing-masingpesertadidikdalamkelompoknyamengidentifikasi dan menuliskanbentuk-bentuk dan
istilah-istilah (sesebutan) dalam kaulinan barudak.
5)
Peserta didik
menyimpulkan bentuk-bentuk dan sesebutan
dalam kaulinan barudak, setiapkelompokmenafsirkanmaksuddari suatu kaulinan barudak.
6)
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dari suatu kaulinan barudak.
7)
Peserta didik
menyebutkan kembali bentuk-bentukkaulinan barudak, sesebutan
dan kaidah-kaidah dalam kaulinan
barudak, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan santun dan tanggung
jawab.
|
60 menit
|
Penutup
|
1)
Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat
kesimpulan kelas tentangmateripembelajaran;
2)
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
pembelajaran yang telah dilakukan;
3)
Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan
tugas kelompok kepada peserta didik untuk berlatih memperagakan salah satu kaulinan barudak; dan
5)
Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar
pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
Pertemuan
Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam,
kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)
Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar
pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)
Guru melakukan apersepsi dengan
menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4) Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
5) Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
6) Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Peserta
didik membaca teks bahasan tentang kaulinan
barudak yang terdapat dalam buku.
2)
Peserta didik
bertanya jawab tentang kaidah-kaidah kaulinan
barudak.
3)
Peserta didik
bertanya jawab tentang kaulinanbarudak yang di peragakan
4)
Peserta didik
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam kaulinan barudak.
5) Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari suatu kaulinan barudak.
6) Peserta didik memperagakan kaulinan barudak yang dipilihnya
secara berkelompok di depan kelas dengan santun.
|
60 menit
|
Penutup
|
1)
Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat
kesimpulan kelas tentangmateripembelajaran;
2)
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
pembelajaran yang telah dilakukan;
3)
Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan
tugas kelompok kepada peserta didik untuk membuat catatan hal-hal penting
dari peragaankaulinan barudakyang
diperagakan oleh kelompok lainnya; dan
5)
Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran
yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam,
kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)
Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar
pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)
Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru
melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi
pada pertemuan sebelumnya;
4) Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
5) Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
6) Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Peserta
didik mengamati peragaan kaulinan
barudak yang dilakukan peseta
didik lainnya
2)
Peserta didik
bertanya jawab tentang kaidah-kaidah kaulinan
barudak.
3)
Peserta
didik secara bersama-sama dalam kelompoknya mencari dari berbagai sumber
informasi tentang kaidah-kaidah yang
perlu diperhatikan dalam kaulinan barudak.
4)
Peserta didik
secara berkelompok memilih salah satu kaulinan barudak dan menyusun skenarionya untuk ditampilkan di depan kelas.
5)
Peserta didik
memperagakan kaulinan barudak yang dipilihnya secara berkelompok di depan kelas.
|
60 menit
|
Penutup
|
1)
Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat
kesimpulan kelas tentangmateripembelajaran;
2)
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
pembelajaran yang telah dilakukan;
3)
Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan
tugas kelompok kepada peserta didik untuk membuat catatan hal-hal penting
dari peragaan kaulinan barudak yang
diperagakan oleh kelompok lainnya; dan
5)
Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar
pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
Pertemuan
Keempat
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam,
kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)
Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar
pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)
Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru
melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi
pada pertemuan sebelumnya;
4) pembelajaran;
5) Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
6) Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Pesertadidikmengamatipesertadidik lain yang
memperagakansalahsatujeniskaulinanbarudak
2) Peserta didik bertanya jawab tentang
kaidah-kaidah kaulinan barudak.
3)
Peserta
didik secara bersama-sama dalam kelompoknya mencari dari berbagai sumber
informasi tentang kaidah-kaidah yang
perlu diperhatikan dalam kaulinan barudak.
4) Peserta didik mendiskusikan tentang
kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam kaulinan barudak.
5)
Peserta didik
secara berkelompok mengevaluasi peragaan kaulinan
barudak yang dilakukan oleh kelompok lainnya
6)
Peserta didik
menyampaikan tanggapan terhadap peragaan kaulinan barudak oleh peserta didik lain,
menggunakan bahasa Sunda yang baik secara
lisan.
|
60 menit
|
Penutup
|
1)
Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat
kesimpulan kelas tentangmateripembelajaran;
2)
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
pembelajaran yang telah dilakukan;
3)
Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan
tugas individual kepada peserta didik untuk berlatih melantunkan pupujian sebagai bekal pembelajaran
materi selanjutnya; dan
5)
Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar
pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
I. Penilaian Proses danHasilBelajar
1.
Jenis/teknik penilaian
a. Kompetensi
Sikap:
Observasi/Pengamatan
b. Kompetensi
Pengetahuan:
Tes Tulis
c. Kompetensi
Keterampilan:
Unjuk Kerja/Peragaan
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
a. KompetensiSikap
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
Observasi
|
Jurnal
|
LembarPengamatan
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untukpembelajaran dan pencapaian pembelajaran (assessment for learning and assessment of
learning)
|
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa
(positif atau negatif) siswa.
Lembar
Pengamatan
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester :
VII/1
Tahun Ajaran :
.........................
Waktu Pengamatan :
.........................
No.
|
Nama Siswa
|
Gawe Bareng
|
TanggungJawab
|
||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
BT (belum tampak) jika sama
sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2.
MT (mulai tampak) jika
menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi
masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.
MB (mulai berkembang) jika
menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.
MK (membudaya) jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
b. KompetensiPengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
2.
|
TesTulis
|
SoalTesTulis
|
1) Sebutkeun rupa-rupa kaulinan barudak minimal 5!
2) Sebutkeun alat anu di pake dina kaulinan barudak
jajangkungan jeung gatrik
3) Pék tuliskeun kakawihan nu aya dina oray-orayan!
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assess-ment for learning)
|
c. KompetensiKeterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1.
|
Penugasan
|
Portofolio
|
TuliskeunhijicontoKaulinanBarudakjeungprak-prakanana!
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assess-ment for learning)
|
2.
|
UnjukKerja
|
|
PékpraktékeunKaulinananugeusditulissacarakelompok!
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assess-ment for learning)
|
Lembar
Penilaian Unjuk Kerja
No.
|
NamaPesertaDidik
|
Aspek yang Dinilai
|
||
Tampilan
(1-5)
|
Kekompakan
(1-5)
|
Kelancaran
(1-5)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Pedoman Penskoran
(1)
Penilaian Afektif
(NA)
- SkalaSkor: 1-4
- SkorMaksimal = 4 X 2 = 8
- Nilai Afektif=
(2) Penilaian Kognitif (NK)
Tes Tulis
- Skala
Skor : 1-5
- Skor
Maksimal : 5 X 3 = 15
- NilaiKognitif=
(3)
Penilaian Psikomotor
(NP)
Penugasan (P)
- Skala skor: Sesuai= 9 - 10, KurangSesuai= 6 -
8
- Skor Maksimal = 10
UnjukKerja (UK)
- Skala skor: 1- 5
- Skor Maksimal = 5X3 = 15
- NilaiPsikomotor=
v
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswayang sudah mencapai
ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan
yaituperbandingankaulinanbarudakdi Nusantara.
v
Remedial
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi siswayang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran ulang, jika
50% atau lebih siswabelum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan tutor sebaya,
jika 11-49% siswabelum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan perorangan,
jika 1-10% siswabelum mencapai ketuntasan.
No comments:
Post a Comment