Thursday, October 17, 2019

RPP BAHASA SUNDA Kelas 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMP ..........................
Mata Pelajaran          : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester         : VII/2
Materi Pokok             : Pangalaman Pribadi
Alokasi Waktu           : 6 Jam Pelajaran (3 kali pertemuan)

A.   Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,  gotong royong, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4
Mengidentifikasi bentuk, stuktur, aspek kebahasaan, dan isi teks narasi tentang pengalaman pribadi.
3.4.1
3.4.2

3.4.3

3.4.4

3.4.5

3.4.5
Menjelaskan hakekat teks narasi.
Mengidentifikasi bentukteks narasi.
Mengidentifikasi stuktur teks narasi.
Mengidentifikasi isi teks narasi tentang pengalaman pribadi.
Menyebutkan rarangkén barung di—keun.
Menerapkan rarangkén barung di—keun dalam kalimat.
4.4
Menyusun danmengomunikasikanteksnarasitentangpengalamanpribadidengan memperhatikan strukturteksdan aspek kebahasaan.
4.4.1



4.4.2



Menyusunteksnarasitentangpengalamanpribadidengan memperhatikan strukturteksdan aspek kebahasaan
Mengomunikasikanteksnarasitentangpengalamanpribadidengan memperhatikan strukturteksdan aspek kebahasaan.

* Nilai Karakter:Kreatif, Kerja Sama, Integritas, Jujur, Bersahabat, Toleransi

C.   Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Melalui diskusi dan tanya jawab, secara berintegritas, bergotong royong, dan saling menghargai pendapat, peserta didik dapat:
1)       menjelaskan hakekat teks narasi dengan tepat;
2)       mengidentifikasi bentuk teks narasi dengan benar;
3)       mengidentifikasi stuktur teks narasi dengan benar;
4)       mengidentifikasi isi teks narasi tentang pengalaman pribadi dengan tepat;

Pertemuan Kedua
Melalui diskusi dan tanya jawab, secara berintegritas, bergotong royong, dan saling menghargai pendapat, peserta didik dapat:
1)       menyusun teksnarasitentangpengalamanpribadidengan memperhatikan strukturteksdan aspek kebahasaan dengan kreatif;
2)       mengkonstruksi teksnarasitentangpengalamanpribadidengan memperhatikan strukturteksdan aspek kebahasaan dengan kreatif; dan
3)       mengomunikasikanteksnarasitentangpengalamanpribadidengan memperhatikan strukturteksdan aspek kebahasaan.

Pertemuan Ketiga
Melalui diskusi dan tanya jawab, secara berintegritas, bergotong royong, dan saling menghargai pendapat, peserta didik dapat:
1)       menyebutkan rarangkén barung di—keun dengan benar; dan
2)       menerapkan rarangkén barung di—keun dalam kalimat dengan tepat.


D.  Materi Pembelajaran
1)    Materi Reguler
Pertemuan Pertama
a.    Hakekat teks narasi
b.   Struktur teks narasi
c.    Bentuk teks narasi
d.   Isi teks naras

Pertemuan Kedua
a.    Penyusunan teks narasi
b.   Rekonstruksi teks narasi

Pertemuan Ketiga
Rarangkén Barung di—keun

2)    Materi Pengayaan
Perbedaan teks narasi dengan bebagai genre teks lainnya.

3)    Materi Remedial
Isi teks narasi


E.   Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    :Scientific dan Komunikatif
2.      Metode           :Inquiry dan Discovery Learning.
3.      Teknik                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Unjuk Kerja

F.   Media, Bahan dan Alat
1.   Media
1.1  Surat Kabar
1.2  Majalah
1.3  Buku Diary

2.   Bahan
2.1 Teks narasi tentang pangalaman pribadi
2.2 Lembar Kerja Siswa

3.   Alat
Komputer, LCD proyektor, speaker, kertas plano, kertas tempel, spidol, dan doubletape


G.   Sumber Belajar

Danadibrata, R.A. 2006. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat.
Faturohman, Taufik. 2017. Gapura Basa. Bandung: Geger Sunten.
Hadi, Ahmad, Drs. 1991. Peperenian. Bandung: Geger Sunten.
Hidayat, Rahmat Taufiq, spk. 2005. Peperenian Urang Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Lembaga Basa jeung Sastra Sunda. 2007. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung:
Geger Sunten.
Risnawati, Dadang Nurjaman, Susi Budiwati. 2017. Rancagé Diajar Basa Sunda. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.
https://youtube.com

H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)       Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.
5)       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
6)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan
7)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.
10 menit
Inti
1)       Peserta didik mengamati dan menyimak tentang pangalaman pribadi.
2)       Peserta didik membaca teks pangalaman pribadi yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa Sunda.
3)       Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi pangalaman pribadi yang dilihat, didengar dan dibaca.
4)       Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi pangalaman pribadi
5)       Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isicerita pangalaman pribadi
6)       Peserta didik secara individual menyimpulkan isi pangalaman pribadi yang dibaca.
7)       Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan isi pangalaman pribadi yang dibacanya.

60 menit
Penutup
1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
10 menit







PertemuanKedua
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan
5)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.
10 menit
Inti
1)       Peserta didik menyusun pangalaman pribadi.
2)       Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap hasil penyusunan teks narasi tentang pangalaman pribadioleh peserta didik lain, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
60 menit
Penutup
1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)       Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk membaca konsep rarangkén barung; dan
5)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
10 menit

Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
5)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan
6)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.
10 menit
Inti
1)       Peserta didik membaca teks narasi tentang pangalaman pribadi yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa Sunda.
2)       Peserta didik bertanya jawab tentang rarangkén barung di—keun yang terdapat dalam teks narasi tentang pengalaman pribadi.
3)       Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidahrarangkén barung di—keun.
4)       Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah rarangkén barung di—keunyang perlu diperhatikan dalam pengaplikasiannya.
5)       Peserta didik mengaplikasikan tiori rarangkén barung di—keun dalam kalimat.
60 menit
Penutup
1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)       Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk membaca, dan mengamati informasi menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam
bentuk cetak, visual, digital, dan auditori berkaitan dengan materi pembelajaran selanjutnya
; dan
5)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
10 menit







I.     Penilaian dan Proses Hasil Pembelajaran

1. Jenis/teknik penilaian
a.   Kompetensi Sikap:
Observasi/Pengamatan
b.   Kompetensi Pengetahuan:
Tes Tulis
c.    Kompetensi Keterampilan:
Unjuk Kerja/Peragaan


2. Bentuk Instrumen dan Instrumen

a.   Kompetensi Sikap:
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
Observasi
Jurnal
Lembar Pengamatan
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran dan pencapaian pembelajaran (assessment for learning and assessment of learning)
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) siswa.

Lembar Pengamatan
Mata Pelajaran               : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester              : VII/1
Tahun Ajaran                 : .........................
Waktu Pengamatan        : .........................

No.
Nama Siswa
Saregep
Tepat waktu
Sumanget
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.













2.













3.













Keterangan :
1.    BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan tugas.
2.    MT (mulai tampak) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.    MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.    MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

b.   Kompetensi Pengetahuan:

Soal Tes Tulis

1.         Jétrékeun, naon ari pangalaman pribadi téh!
2.         Naon bédana pangalaman pribadi jeung catetan poéan?

c.    Kompetensi Keterampilan:

Pék  jieun hiji karangan narasi pangalaman pribadi,
tuluy bacakeun kalawan tatag jeung jéntré!
Lembar Penilaian Unjuk Kerja
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Teks
Maca

Eusi
(1-5)

Diksi
(1-5)

Karapihan
(1-5)

Sora, Lancar
(1-5)

Pintonan
(1-5)









3. Pedoman Penskoran

(1)    Penilaian Afektif (NA)
-     Skala Skor: 1-4
-     Skor Maksimal = 4 X 3 = 12
-     Nilai Afektif = Skor Diperoleh X 100
                             12
(2)    Penilaian Kognitif (NK)
-       Skala skor: 1-5
-       Skor Maksimal = 2X5 = 10
-       Nilai  Kognitif   = Skor diperoleh X 100
                                         10
(3)    Penilaian Psikomotor (NP)
-        Skala skor = 1 - 5
-        Skor Maksimal = 5 X 5 = 25
-        Nilai Psikomotor = Skor Diperoleh  X 100
25











v  Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswayang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaituperbedaan teks narasi dengan genre teks lainnya.

v  Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswayang belum mencapai  ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.         Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswabelum mencapai ketuntasan.
b.         Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswabelum mencapai ketuntasan.
c.          Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswabelum mencapai ketuntasan.









Kepala SMP ................................




......................................................
NIP.
Parungpanjang,     Juli  2018
Guru Mata Pelajaran




......................................................
NIP.


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate