RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester : 6 / 2
Alokasi Waktu
:
4 JP
I.
Standar Kompetensi
7.
Mengenal Keanekaragaman jenis
flora dan fauna
II.
Kompetensi Dasar
7.1. Mengenal tanaman
obat keluarga (TOGA)
III.
Indikator
·
Menyebutkan jenis-jenistanaman obat
.
·
Menunjukkan beberapa contoh tanaman obat serta manfaatnya
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenistanaman obat .
·
Siswa
dapat menunjukkan beberapa
contoh tanaman obat serta manfaatnya
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri,
mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan
sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan
V. Materi Pembelajaran
·
Jenis-jenis Tanaman obat Pengolahan tanaman
obat secara sederhana.
·
Menanam tanaman
obat
VI. Metode Pembelajaran
·
Penugasan
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Ceramah
·
Demonstrasi
VII. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.
Berdoa,
mempersiapkan materi ajar
2.
Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
a. Penjelasan tentang jenis-jenis Tanaman
obat.
2. Elaborasi
a. Tanya jawab
b. Membuat kesimpulan
3.
Konfirmasi
a. Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum di ketahui siswa
b. Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan.
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VIII. Sumber/ Bahan Belajar
·
Buku yang relevan
·
Gambar/
poster
·
Lingkungan
·
Instansi
terkait
·
Audio
visual
IX. Penilaian
Teknik : Lisan Tulisan Perbuatan
Bentuk Instrumen : Penilaian lisan.
Pedoman Penilaian Kepribadian
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
Menyetujui, ............,
.......................20........
Kepala SD/MI................... Guru
Mata Pelajaran
......................................... ...................................................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment