Monday, October 28, 2019

RPP PLH KELAS 6 SMS 2 PERTEMUAN 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah     :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran    :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester   :  6 / 2
Alokasi Waktu    :  2x35 menit.



I.       Standar Kompetensi
7.  Mengenal Keanekaragaman jenis flora dan fauna

II.     Kompetensi Dasar
7.2. Mengenal tanaman obat keluarga (TOGA)

III.   Indikator
Dapat mengolah tanaman obat secara sederhana.

IV.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengolah tanaman obat secara sederhana.

v Karakter siswa yang diharapkan    Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.




V.     Materi Pembelajaran
·            Jenis-jenis Tanaman obat Pengolahan tanaman obat secara sederhana.
·            Menanam tanaman obat

VI.   Metode Pembelajaran
·           Penugasan
·           Diskusi
·           Tanya Jawab
·           Ceramah
·           Demonstrasi

VII.    Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan Awal
1.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.    Apersepsi

B.       Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.       Penjelasan tentang cara pengolahan tanaman obat
2.  Elaborasi
a. Praktek pembuatan obat secara sederhana
3.    Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

C.       Kegiatan Akhir
1.    Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.    Memberikan penilaian dan pemberian PR.


VIII.  Sumber/ Bahan Belajar
·         Buku yang relevan
·         Gambar/ poster
·         Lingkungan
·         Instansi terkait
·         Audio visual

IX.   Penilaian
         Teknik                      :  Lisan Tulisan Perbuatan
   Bentuk Instrumen   :  Penilaian sikap (pengamatan  perilaku).


        Pedoman Penilaian Kepribadian
  
Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















         Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang


    Menyetujui,                                                                       ............, .......................20........                                     
    Kepala SD/MI...................                                                        Guru Mata Pelajaran


     .........................................                                           ...................................................                
     NIP.                                                                                                                       NIP.




No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate