RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP ..................................
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/ Semester : VII/1
Materi
Pokok : Paguneman
Alokasi
Waktu : 8 Jam Pelajaran (4 X Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, gotong royong, percaya diri,
peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
3.1
|
Memahamidanmemperkenalkandiri, berpamitan, memintaimengidentifikasi kaidah, bentuk, strukturteks, dan aspek kebahasaanpagunemantentangmenyapa,
izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
|
3.1.1
3.1.2
3.1.3
3.1.4
3.1.5
3.1.6
3.1.7
3.1.8
|
Menjelaskan pengertian paguneman.
Menjelaskan kaidah-kaidah paguneman.
Membedakan bentuk paguneman tentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
Mengidentifikasi struktur téks paguneman tentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
Mengidentifikasi isi paguneman
tentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
Menjelaskan tatakrama basa Sunda.
Membedakan kandaga
kecap loma jeung lemes dalam kaidah tatakrama basa Sunda.
Mengidentifikasitatakrama basa dalam pagunemantentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
|
4.1
|
Menyusun danmendemontrasikantekspagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf serta menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1
4.1.2
4.1.3
|
Menyusun teks paguneman tentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintaizin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan aspek
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Memperagakan teks paguneman tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikanfungsi sosial,
struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Menanggapi peragaan teks paguneman
tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
*Nilai Karakter: Mandiri, Gotong Royong, Integritas, Toleransi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab, peserta
didik dapat:
1) menjelaskan pengertian paguneman dengan
benar;
2) menjelaskan kaidah-kaidah pagunemandengan
benar;
3) membedakan bentuk paguneman tentang
menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf;
Pertemuan Kedua
Melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab, peserta
didik dapat:
a. mengidentifikasi dengan benar struktur téks paguneman tentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf, baik secara mandiri maupun gotong royong;
b. mengidentifikasi dengan tepat secara mandiri isi paguneman tentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
Pertemuan Ketiga
Melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab, peserta
didik dapat:
1) menjelaskan tatakrama basa Sunda dengan benar;
2) membedakan kandaga kecap loma
jeung lemes dalam kaidah tatakrama basa Sunda dengan tepat;
3) mengidentifikasi dengan benar secara gotong royong tatakrama basa dalam paguneman tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
Pertemuan Keempat
Melalui penugasan dan unjuk kerja, peserta didik
dapat:
1) menyusun
teks paguneman
tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan aspek
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks secara gotong royong
dan berintegritas;
2) memperagakan
teks paguneman
tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikanfungsi sosial, struktur
teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks secara gotong royong
dan berintegritas; dan
3) menanggapi
peragaan teks paguneman tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dengan saling
menghargai perbedaan pendapat.
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Reguler
Pertemuan Pertama
a. Pengertian paguneman.
b. Kaidah-kaidah paguneman.
c. bentuk paguneman tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
Pertemuan Kedua
a. Struktur téks paguneman tentang
menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf, baik secara mandiri maupun gotong royong;
b. Isi paguneman tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
Pertemuan Ketiga
a. Pengertian tatakrama basa Sunda.
b. Kandaga kecap loma jeung
lemes dalam kaidah tatakrama basa Sunda.
c. Tatakrama basa Sunda dalam paguneman
tentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
Pertemuan Keempat
a. Penyusunan teks paguneman
tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
b. Peragaanpagunemantentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikanfungsi sosial, struktur
teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
c. Tanggapan terhadap peragaan teks paguneman tentang menyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintaizin,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
2.
Materi Pengayaan
-
Paguneman dalam bentuk talkshow dan wawancara
3.
Materi Remedial
- Penyusunan teks pagunemantentang memperkenalkan diri
- Peragaanpagunemantentang memperkenalkan diri.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan :
Komunikatif
2. Metode :
Discovery Learning
3. Teknik :
Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab, dan Unjuk Kerja
F.
Media,
Bahan dan Alat
1.
Media
Beberapa video pagunemantentangmenyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
2.
Bahan
2.1 Beberapa tekspagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
2.2 Lembar Kerja Siswa
3.
Alat
Komputer,
LCD proyektor, speaker, kertas plano, kertas tempel, spidol, dan doubletape
G.
Sumber
Belajar
Danadibrata,
R.A. 2006. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat.
Faturohman,
Taufik. 2017. Gapura Basa. Bandung:
Geger Sunten.
Hadi, Ahmad, Drs. 1991. Peperenian. Bandung: Geger
Sunten.
Hidayat,
Rahmat Taufiq, spk. 2005. Peperenian
Urang Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Lembaga
Basa jeung Sastra Sunda. 2007. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung:
Geger Sunten.
Geger Sunten.
Risnawati, Dadang Nurjaman, Susi Budiwati. 2017. Rancagé Diajar Basa Sunda. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.
https://youtube.com
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
1) Guru membuka pembelajaran dengan
mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2) Guru memotivasi peserta didik dengan
mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan
bermanfaat;
Apersepsi
3) Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru
melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi
pada pertemuan sebelumnya;
4)
Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
Motivasi
5)
Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran;
6)
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari;
Pemberian
Acuan
7) Memberitahukan
kompetensi dasar, dan Tujuan Pembelajaran dari materi yang akan dipelajari;
8) Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang;
9) Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
Kegiatan Literasi
1)
Peserta didik mengamati tayangan
video rekaman pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf;
2)
Peserta didik membaca teks pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat
kabar berbahasa Sunda;
Berpikir
Kritis
3) Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi
isi tekspagunemantentangmenyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf yang diamati
melalui tayangan video rekaman dan teks paguneman
yang dibacanya;
Kolaborasi (Kerjasama)
4)
Peserta didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf yang diamati melalui tayangan video rekaman dan teks paguneman yang dibacanya;
Kreativitas
5)
Peserta didik secara individual menyimpulkan isi
pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maafyang diamati melalui tayangan video rekaman dan teks paguneman yang dibacanya;
6)
Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan isi
tekspagunemantentangmenyapa, memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maafyang
diamati melalui tayangan video rekaman dan teks paguneman yang dibacanya; dan
7)
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari pagunemanyang
diamati melalui tayangan video rekaman dan teks paguneman yang dibacanya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1) Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk
membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)
Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3) Guru memberitahukan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan tugas individual kepada peserta
didik untuk membaca teks pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf; dan
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
|
10menit
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Guru membuka pembelajaran dengan
mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2) Guru memotivasi peserta didik dengan
mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan
bermanfaat;
3) Untuk menggali konsepsi awal peserta didik
guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan
materi pada pertemuan sebelumnya;
4)
Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
5)
Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
6)
Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya mencari dari
berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah teks paguneman;
2) Peserta
didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam suatu
paguneman;
3)
Peserta didik menjelaskan kaidah-kaidah dalam
teks paguneman, menggunakan bahasa
Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun; dan
4)
Peserta didik menyimpulkan tentang kaidah-kaidah
yang perlu diperhatikan dalam suatu paguneman;
5)
Peserta didik menggali informasi tentang tatakrama
basa dalam teks pagunemantentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
6)
Peserta didik menjelaskan tatakrama basa dalam
teks pagunemantentang menyapa, memperkenalkandiri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
|
60 menit
|
Penutup
|
1) Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk
membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)
Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3) Guru memberitahukan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan tugas individu kepada peserta didik untuk membaca tatakrama basa yang terdapat dalam teks pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf; dan
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Guru membuka pembelajaran dengan
mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2) Guru memotivasi peserta didik dengan
mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan
bermanfaat;
3) Guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)
Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
5)
Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta
didik secara individual membaca dan
mengamati beberapa teks paguneman;
2) Peserta
didik secara berkelompok berlatih mengidentifikasi kandaga kecap loma jeung lemes dalam teks pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf;
3)
Peserta didik mengklasifikasikan kandaga kecap
loma jeung lemesdalam tatakrama basa Sunda; dan
4) Peserta
didik bertanya jawab tentang tatakrama basa Sunda
yang terdapat dalam teks pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan
santun.
|
60 menit
|
Penutup
|
1) Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk
membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)
Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3) Guru memberitahukan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan tugas kelompok untuk berlatih menyusun pokok-pokok isi dalam teks pagunemantentangmenyapa,
memperkenalkandiri,
berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf.
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
Pertemuan Keempat
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Guru membuka pembelajaran dengan
mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2) Guru memotivasi peserta didik dengan
mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan
bermanfaat;
3) Untuk menggali konsepsi awal peserta didik;
4) Guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
5)
Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
6)
Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
7)
Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta
didik secara berkelompok menyusun teks paguneman
tentang kegiatan sehari-hari;
2) Peserta
didik secara berkelompok berlatih memperagakan pagunemen yang disusunnya;
3)
Peserta didik memperagakan pagunemantentang kegiatan sehari-hari
yang disusun kelompoknya di depan kelas dengan tanggung jawab; dan
Berkomunikasi
4) Peserta
didik menyampaikan tanggapan terhadap peragaan pagunemantentang
kegiatan sehari-harioleh peserta didik lain,
menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
|
60 menit
|
Penutup
|
1) Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk
membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)
Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3) Guru memberitahukan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan tugas individual kepada peserta
didik untuk membaca, dan mengamati informasi menggunakan sumber-sumber
pengetahuan dalam
bentuk cetak, visual, digital, dan auditori berkaitan dengan materi pembelajaran selanjutnya.
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1. Jenis/teknik
penilaian
a.
Kompetensi
Sikap
Observasi/Pengamatan
b.
Kompetensi
Pengetahuan:
Tes Lisan, TesTulis
c.
Kompetensi
Keterampilan:
Unjuk Kerja/Peragaan
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
a.
Kompetensi Sikap
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lembar Pengamatan
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran
dan pencapaian pembelajaran (assessment for learning and assessment of learning)
|
Catatan:
Pengamatan dipergunakan untuk mencatat perilaku luar
biasa (positif ataunegatif) siswa.
Lembar Pengamatan
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester :
VII/1
Tahun Ajaran :
.........................
Waktu Pengamatan :
.........................
No.
|
Nama Siswa
|
Gawe Bareng
|
Sopan Santun
|
||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2.
MT (mulai tampak) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten.
4.
MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
b.
Kompetensi Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Ket.
|
1.
|
Penugasan
|
Soal Tes Lisan
|
Baca téks paguneman
Setra jeung Pa Permana kalawan gemet, tuluy caritakeun deui eusina!
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assess-ment for learning)
|
2.
|
Tes Lisan
|
Soal Tes Lisan
|
1.
Naon anu jadi jejer paguneman antara Sétra jeung Pa
Permana?
2. Lamun seug
dititénan pokpokanana, hubungan dua jalma anu maguneman dina wacana di luhur
téh salaku naon?
3. Naon maksud
Sétra datang ka sakola SD-na téh?
4. Kunaon
Pa Permana teu bisa terus ngawangkong jeung Sétra?
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assess-ment for learning)
|
3.
|
Tes Tulis
|
|
(Lihat lampiran)
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
|
c.
Kompetensi Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Ket.
|
1.
|
Penugasan
|
Portofolio
|
Sacara kelompok, jieun téks paguneman nu
eusina ngawanohkeun diri, amitan, ménta idin,
nganuhunkeun, jeung ménta hampura! Unggal kelompok béda-béda témana.
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assess-ment for learning)
|
2.
|
Unjuk Kerja
|
|
§ Petakeun téks paguneman nu geus disusun
téh ku kelompok séwang-séwang!
§ Béré koméntar kana paguneman anu anu
dipetakeun ku kelompok lianna!
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assess-ment for learning)
|
Format Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai dan
Skala Skor
|
|||
Tampilan
(1-5)
|
Kesesuaian
(1-5)
|
Kelancaran
(1-5)
|
Kebahasaan
(1-5)
|
||
|
|
|
|
|
|
3. Pedoman Penskoran
(1) Penilaian
Afektif (NA)
- SkalaSkor:
1-4
- SkorMaksimal
= 2X4 = 8
- Nilai Afektif=
(2) Penilaian
Kognitif (NK)
Tes Lisan (TL)
-
Skala Skor : 1-5
-
Skor Maksimal :
5 X 4 = 20
Tes Tulis (TT)
-
Skala Skor : 1
-
Skor Maksimal :
1 X 10 = 10
- NilaiKognitif=
(3) Penilaian
Psikomotor (NP)
- Skala
skor: 1- 5
- Skor
Maksimal = 5X4 = 20
- NilaiPsikomotor=
v Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi
siswayang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran
dengan bentuk pengayaan yaitupaguneman dalam bentuk talkshow dan wawancara.
v Remedial
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi siswayang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran ulang, jika
50% atau lebih siswabelum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan tutor sebaya,
jika 11-49% siswabelum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan perorangan,
jika 1-10% siswabelum mencapai ketuntasan.
No comments:
Post a Comment