Thursday, October 17, 2019

RPP BAHASA SUNDA KELAS VII SMS 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMP .......................
Mata Pelajaran          : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester         : VII/1
Materi Pokok             : Pupujian
Alokasi Waktu           : 6 Jam Pelajaran (3 kali pertemuan)


A.   Kompetensi Inti

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,  gotong royong, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3
Mengidentifikasibentuk, struktur danisi, fungsi sosial, serta aspek kebahasaan teks pupujian.
3.3.1
3.3.2
3.3.3
3.3.4

3.3.5

Mengidentifikasi bentuk pupujian
Mengidentifikasi struktur pupujian
Menjelaskan isiteks pupujian.
Menganalisis fungsi sosial  teks pupujian.
Mengidentifikasirarangkén nasal dalam teks pupujian.
4.3
Melantunkanpupujiansesuaidengancirikhasdaerahmasing-masingdengan memperhatikan fungsisosial, strukturteksdan aspek kebahasaan
4.3.1


4.3.2
Melantunkanpupujiansesuaidengancirikhasdaerahmasing-masing.
Menimbangperagaan nadoman.

* Nilai Karakter:Cinta Tanah Air, Kerja Sama, Integritas, Toleransi

C.   Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Melalui diskusi dan tanya jawab, secara penuh rasa bangga akan kekayaan budayanya sendiri peserta didik dapat:
1)      mengidentifikasi bentukpupujiandengan tepat;
2)      mengidentifikasi struktur pupujiandengan tepat;
3)      menjelaskan isi teks pupujiandengan benar; dan
4)      menganalisis fungsi sosial  teks pupujian dengan benar.

Pertemuan Kedua
Melalui unjuk kerja, secara penuh rasa bangga akan kekayaan budayanya sendiri, berintegritas,dan saling menghargai pendapat, peserta didik dapat:
1)      memperagakanpupujian(nadoman)sesuaidengancirikhasdaerahmasing-masing dengan kreatif; dan
2)      menimbang peragaanpupujian (nadoman)kelompok lain.

Pertemuan Ketiga
Melalui diskusi dan tanya jawab, secara berintegritasdan saling menghargai pendapat, peserta didik dapat mengidentifikasi rarangkén nasal yang terdapat dalam teks pupujian.

D.  Materi Pembelajaran
1)    Materi Reguler
Pertemuan Pertama
a.    Hakékat Pupujian
b.   Bentuk Pupujian
c.    Struktur Pupujian
d.   Isi Teks Pupujian

Pertemuan Kedua
a.    Nadoman
b.   Menimbang peragaan nadoman

Pertemuan Ketiga
Rarangkén Nasal


2)    Materi Pengayaan
Dokumentasi pupujian di daerah masing-masing dalam bentuk rekaman video.

3)    Materi Remedial
Isi teks pupujian

E.   Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    : Scientific dan Komunikatif
2.      Metode           : Inquiry
3.      Teknik                        : Diskusi, Tanya Jawab, Role Play

F.   Media, Bahandan Alat
1.   Media
1.1  Audio, Video Nadoman
1.2  PPT Konsep Pupujian

2.   Bahan
2.1 Beberapa teks pupjian berbagai genre
2.2 Lembar Kerja Siswa
3.   Alat
Komputer, LCD proyektor, speaker, kertas plano, kertas tempel, spidol, dan doubletape

G.   Sumber Belajar
Danadibrata, R.A. 2006. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat.
Faturohman, Taufik. 2017. Gapura Basa. Bandung: Geger Sunten.
Hadi, Ahmad, Drs. 1991. Peperenian. Bandung: Geger Sunten.
Hidayat, Rahmat Taufiq, spk. 2005. Peperenian Urang Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Lembaga Basa jeung Sastra Sunda. 2007. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung:
Geger Sunten.
Risnawati, Dadang Nurjaman, Susi Budiwati. 2017. Rancagé Diajar Basa Sunda. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.
https://youtube.com


H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)       Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.
5)       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
6)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan
7)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.

10 menit
Inti
1)       Peserta didik menyimak pupujian yang diputar dari audio CD.
2)       Peserta didik membaca teks pupujian dari buku dan atau buku referensi lainnya.
3)       Peserta didik bertanya jawab tentang isi pupujian  yang diamatinya.
4)       Peserta didik bertanya jawab tentangbentuk-bentuk pupujian.
5)       Peserta didikmendiskusikan isi pupujian  yang diamatinya.
6)       Peserta didik mengidentifikasi bentuk-bentuk pupujian.
7)       Peserta didikmenafsirkanisi pupujian  yang disimaknya.
8)       Peserta didik menyimpulkan bentuk-bentuk pupujian.
9)       Peserta didik menyampaikan isi pupujian  yang disimaknya, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung  jawab dan santun.
10)   Peserta didik menjelaskan bentuk-bentuk pupujian, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung  jawab dan santun.
60 menit
Penutup
1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)       Guru memberikan tugas kelompok kepada peserta didik untuk berlatih memperagakan salah satu pupujian; dan
5)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
10 menit

Pertemuan Kedua
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;

4)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan
5)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.
10 menit
Inti
1)       Peserta didik secara berkelompok memperagakan pupujian (nadoman) dengan  tanggung  jawab.
2)       Peserta didik menyimak nadoman  yang diperagakan oleh peserta didik lain.
3)       Peserta didik menanggapi nadoman  yang diperagakan kelompok lainnya, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
60 menit
Penutup
1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)       Guru memberikan tugas kelompok kepada peserta didik untuk mencatat hal-hal penting dari peragaan salah satu pupujian yang diperagakan oleh kelompom lainnya; dan
5)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
10 menit

Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik;
2)       Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat;
3)       Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)       Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.
5)       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
6)       Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan
7)       Guru menyampaikan tehnik penilaian.
10 menit
Inti
1)       Peserta didik menyimak paparan tentang contoh rarangkén nasal.
2)       Peserta didik bertanya jawab tentang rarangkén nasal.
3)       Peserta didik mengidentifikasi rarangkén nasal dalam teks pupujian.
4)       Peserta didik menuliskan rarangkén nasal yang terdapat dalam teks pupujian.
60 menit
Penutup
1)       Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran;
2)       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)       Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)       Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk membaca, dan mengamati informasi menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam
bentuk cetak, visual, digital, dan auditori berkaitan dengan materi pembelajaran selanjutnya.
; dan
5)       Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
10 menit


I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1. Jenis/teknik penilaian
a.   Kompetensi Sikap:
Observasi/Pengamatan
b.   Kompetensi Pengetahuan:
Tes Lisan, Tes Tulis
c.    Kompetensi Keterampilan:
Unjuk Kerja/Peragaan






2. Bentuk Instrumen dan Instrumen

a.   Kompetensi Sikap
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
Observasi
Jurnal
Lembar Pengamatan
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran dan pencapaian pembelajaran (assessment for learning and assessment of learning)
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) siswa.

Lembar Pengamatan
Mata Pelajaran                        : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester                      : VII/1
Tahun Ajaran                           : .........................
Waktu Pengamatan              : .........................

No.
Nama Siswa
Gawe Bareng
Tanggung Jawab
Daria
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK













Keterangan :
1.       BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar.
2.       MT (mulai tampak) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar, tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.       MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.       MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam belajar secara terus menerus dan ajeg/konsisten.


b. Kompetensi Pengetahuan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
2.
Tes Lisan
Soal Tes Lisan
1.    Naon nu disebut pupujian? Jéntrékeun!
2.    Aya sabaraha hiji wangun pupujian? Sebutkeun hiji-hijina!
3.    Sebutkeun naon waé ciri-ciri pupujian!

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assess-ment for learning)
3.
Tes Tulis
Soal Tes Tulis
1.         Naontémapupujian “Anak Adam”?
2.         Ari pupujian “Tos Medal BulanPurnama” naondeuihtémana?
3.         Saha nu dimaksudanak Adam dinapupujian di luhurtéh?
4.         Amanatnaon nu dikandungdinapupujian “Anak Adam” di luhurtéh?
5.          “Anak Adam paéhanjeuntéhnyorangan/culanaksalakijeungbabandaan”. Hégjéntrékeunmaksudétaungkara!
6.         Naonanubakalnyaangan di jerokubur?
7.         NaoneusidinapadakatilupupujianTos Medal BulanPurnama?
8.         Di manajeungirahaditembangkeunanapupujiantéh?
9.         Nurutkeuneusina, pupujianbisadipasing-pasingjadisabarahabagian?
10.     JelaskeuneusipupujianAnak Adam nurutkeunpamangihhidep!

Saat pembelajaran berlangsung


c. Kompetensi Keterampilan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1.
Unjuk Kerja

Sacara kelompok, pintonkeun hiji pupujian dina wangun nadoman. Dina prakna nadoman, bisa ngamangpaatkeun rupa-rupa alat musik.
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assess-ment for learning)

Lembar Penilaian Unjuk Kerja
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Tampilan
(1-5)
Kesesuaian
(1-5)
Kelancaran
(1-5)
Kebahasaan
(1-5)








3. Pedoman Penskoran

(1)    Penilaian Afektif (NA)
-     Skala Skor: 1-4
-     Skor Maksimal = 4 X3 = 12

-     Nilai Afektif =
(2)    Penilaian Kognitif (NK)

Tes Lisan (TL)
-     Skala Skor                  : 1- 3
-     Skor Maksimal           : 3 X 3 = 9

Tes Tulis (TT)
-     Skala Skor                  : 1
-     Skor Maksimal           : 1 X 10 = 10

-     Nilai Kognitif =



(3)    Penilaian Psikomotor (NP)

-       Skala skor: 1 - 5
-       Skor Maksimal = 5 X 4 = 20
-       Nilai Psikomotor =


v  Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswayang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitudokumentasi pupujian.

v  Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswayang belum mencapai  ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.         Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswabelum mencapai ketuntasan.
b.         Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswabelum mencapai ketuntasan.
c.          Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswabelum mencapai ketuntasan.



No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate