Wednesday, February 12, 2020

Pidato Hari Kartini


Kepada yang terhormat Kepala Sekolah
Yang terhormat Bapak dan Ibu guru beserta
Dan teman-teman yang saya cintai.
Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayahnya, kita dapat berkumpul di sini kembali. Shalawat serta salam semoga dicurahkan kepada jujunjungan kita, nabi besar Muhammad SAW, kepada sahabatnya, keluarganya, serta kita sekalian sebagai umatnya hingga akhir zaman.
Hadirin yang berbahagia,
Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Raden Ajeng Kartini.Dia adalah salah satu pahlawan nasional negara kita.R.A Kartini dilahirkan di Jepara,Jawa Tengah,pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang,Jawa Tengah,tanggal 17 September 1904 pada umur 25 tahun.Kartini dikenal juga sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia.
Hari Kartini adalah hari yang diperingati bertepatan dengan hari kelahiran R.A.Kartini pada tanggal 21 April setiap tahun sejak tahun 1964 oleh seluruh Bangsa Indonesia.Tujuan peringatan Hari Kartini adalah untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A.Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.Perayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam mengenai emansepasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender. Perjuangan R.A.Kartini belum sepenuhnya usai.Masih banyak wanita-wanita Indonesia yang perlu diperjuangkan nasibnya.Saat ini masih banyak kaum wanita yang membutuhkan uluran tangan kita.Merka itulah yang sekarang menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai laskar Kartini.Oleh sebab itu,marilah kita meneladani pemikiran Ibu R.A.Kartini dalam memperjuangkan nasib kaum kita di era modern ini dengan meningkatkan pengawasan terhadap kaum wanita Indonesia dan ikut berpartisipasi terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.
Itu saja yang saya bisa sampaikan pada kesempatan kali ini.Semoga apa yang telah saya sampaikan ini bisa berguna bagi semua.Jika ada kekurangan dalam penyampaiannya saya mohon maaf.Semoga kita semua bisa meneladani dan mengambil hikmah dari perjuangan Ibu kita RA.Kartini.Atas perhatiannya,terima kasih.
“Jayalah wanita Indonesia”
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate