RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMPN Satap Terpadu 2 Cimahi
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester :
VII/2
Materi Pokok : Sajak
Alokasi Waktu :
6 Jam Pelajaran (3kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, gotong royong, percaya diri,
peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
3.7
|
Mengidentifikasi bentuk dan
struktur teks, unsur, aspek kebahasaan, serta isi dan amanat sajak.
|
3.7.1
3.7.2
3.7.3
3.7.4
|
Mengidentifikasi
bentuk sajak.
Mengidentifikasi struktur
sajak.
Mengidentifikasi isi sajak.
Memahami
makna konotatif dan denotatif.
|
4.7
|
Membaca/mendeklamasikan sajak
dengan penghayatan dan ekspresi yang tepat, sesuai dengan struktur teks dan
aspek kebahasaan.
|
4.7.1
4.7.2
|
Membaca dan atau mendeklamasikan
sajak dengan penghayatan dan ekspresi yang tepat, sesuai dengan struktur teks
dan aspek kebahasaan.
Menanggapi pembacaan sajak dan atau deklamasi.
|
* Nilai Karakter:
Gotong Royong,
Rasa Ingin Tahu, Peduli Sosial, Integritas, Bersahabat, Toleransi, Cinta Tanah
Air
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Melalui diskusi dan tanya jawab,
secara penuh
rasa bangga akan kekayaan budayanya sendiri
peserta didik dapat:
1) mengidentifikasi bentuksajak dengan tepat;
2) mengidentifikasi
struktur sajak dengan tepat;
3) menjelaskan isi teks sajakdengan benar; dan
Pertemuan Kedua
Melalui unjuk kerja, secara penuh rasa bangga
akan kekayaan budayanya sendiri, berintegritas,dan saling menghargai pendapat, peserta didik dapat:
1) membaca dan atau mendeklamasikan sajak dengan penghayatan dan
ekspresi yang tepat, sesuai dengan struktur teks dan aspek kebahasaan; dan
2) menanggapipembacaan sajak dan atau
deklamasi.
Pertemuan Ketiga
Melalui diskusi dan tanya jawab,
secara berintegritasdan
saling menghargai pendapat, peserta
didik dapat memahami makna konotatif dan denotatif.
D.
Materi
Pembelajaran
1)
Materi
Reguler
Pertemuan
Pertama
a. Pengertian
sajak
b. Bentuksajak Sunda
c. Struktur sajak Sunda
d. Isi sajak Sunda
Pertemuan
Kedua
a. Kaidah-kaidah
menulis sajak
b. Kaidah-kaidah
pembacaan sajak
c. Membaca sajak
d. Deklamasi
Pertemuan
Ketiga
Makna denotatif dan konotatif
2)
Materi
Pengayaan
Musikalisasi sajak
3)
Materi
Remedial
Struktur sajak Sunda
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Scientificdan Komunikatif
Metode :Inquiry dan Discovery Learning
Teknik : Diskusi, Tanya Jawab, Unjuk Kerja
F.
Media, Bahan
dan Alat
1.
Media
2.1 Video
pembacaan dana tau deklamasi sajak
2.2 Audio
pembacaan sajak
2.3 PPT teori
sajak
2.
Bahan
2.1 Beberapa
teks sajak Sunda
Lembar Kerja
Siswa
3.
Alat
Komputer, LCD
proyektor, speaker, kertas plano, kertas tempel, spidol, dan doubletape
G.
Sumber
Belajar
Danadibrata, R.A. 2006. Kamus
Basa Sunda. Bandung: Kiblat.
Faturohman,
Taufik. 2017. Gapura Basa. Bandung:
Geger Sunten.
Hadi, Ahmad, Drs. 1991. Peperenian.
Bandung: Geger Sunten.
Hidayat,
Rahmat Taufiq, spk. 2005. Peperenian
Urang Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Lembaga
Basa jeung Sastra Sunda. 2007. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung:
Geger Sunten.
Geger Sunten.
Risnawati,
Dadang Nurjaman, Susi Budiwati. 2017. Rancagé
Diajar Basa Sunda. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.
https://youtube.com
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta
didik;
2)
Guru memotivasi
peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat;
3)
Untuk menggali
konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.
5)
Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
6)
Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
7)
Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta
didik mengamativideo
pembacaan sajak;
2) Peserta
didik membaca teks sajak;
3) Peserta
didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi sajak;
4) Masing-masing
anggota dalam setiap kelompok mengumpulkan
berbagai contoh teks sajak dari berbagai sumber;
5) Masing-masing
peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi sajak yang dikumpulkannya;
6)
Perwakilan setiap kelompok
menampilkan hasil identifikasi isi sajak di depan kelas.
7)
Peserta didik mengamati beberapa teks sajak;
8) Peserta
didik bertanya jawab tentang
unsur-unsur dan kaidah penulisan teks sajak;
9) Masing-masing
peserta didik mengidentifikasi
unsur-unsur sajak dari berbagai teks sajak dari berbagai sumber;
10) Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan unsur-unsur
dan kaidah penulisan teks sajak;
11) Peserta
didik mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan unsur-unsur dan kaidah penulisan teks sajak.
|
60 menit
|
Penutup
|
1)
Guru bersama
peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi
pembelajaran;
2)
Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)
Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk berlatih membaca sajak; dan
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta
didik;
2)
Guru memotivasi
peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat;
3)
Untuk menggali
konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)
Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
5)
Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Peserta didik mengamati model yang sedang membaca atau mendeklamasikan
sajak;
2)
Peserta didik bertanya jawab tentang cara membaca atau mendeklamasikan
sajak;
3) Peserta
didik secara bergilir di depan
kelasmembaca atau mendeklamasikan sajak;
4) Peserta
didik dalam kelompok bergilir memberikan tanggapan
terhadap penampilan membaca atau deklamasi
yang dilakukan teman dalam kelompoknya;
5) Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan tentang
kaidah membaca atau deklamasi sajak yang
baik;
6)
Peserta didik mendeklamasikan sajak sesuai dengan kaidah-kaidah membaca atau mendeklamasikan sajak.
|
60 menit
|
Penutup
|
1)
Guru bersama
peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi
pembelajaran;
2)
Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)
Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk berlatih membaca atau
mendeklamasikan sajak; dan
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta
didik;
2)
Guru memotivasi
peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat;
3)
Untuk menggali
konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya;
4)
Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran;
5)
Guru memotivasi peserta didik untuk
berperan aktif dalam pembelajaran; dan
6)
Guru menyampaikan tehnik penilaian.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta
didik membaca teks sajak;
2) Peserta
didik mengidentifikasi kata yang bermakna denotatif dalam teks sajak;
3) Peserta didik
mengidentifikasi kata-kata yang bermakna konotatif dalam teks sajak;
4) Peserta
didik bertanya jawab tentang kata-kata yang bermakna denotatif dan konotatif
dalam teks sajak;
|
60 menit
|
Penutup
|
1)
Guru bersama
peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi
pembelajaran;
2)
Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan;
3)
Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
4)
Guru memberikan tugas individual kepada peserta
didik untuk membaca, dan mengamati informasi menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam
bentuk cetak, visual, digital, dan auditori berkaitan dengan materi pembelajaran selanjutnya; dan
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1. Jenis/teknik
penilaian
a.
Kompetensi
Sikap:
Pengamatan
b.
Kompetensi
Pengetahuan:
Tes Tulis
c.
Kompetensi
Keterampilan:
Unjuk Kerja
2. Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a. Kompetensi Sikap
Lembar Pengamatan
Mata
Pelajaran : Bahasa dan
Sastra Sunda
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
Ajaran :
.........................
Waktu
Pengamatan :
.........................
No.
|
Nama Siswa
|
Daria
|
Santun
|
Aktip
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1.
BT
(belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh
dalam belajar dan menyelesaikan tugas.
2.
MT
(mulai tampak) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar
dan menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.
MB
(mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar
dan menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.
MK
(membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam belajar dan menyelesaikan
tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
b.
Kompetensi
Pengetahuan:
Soal Tes Tulis
1. Naon anu dimaksud sajak teh?
2. Pek tataan unsur-unsur sajak!
3. Sebutkeun deui kaidah-kaidah
dina macasajak!
c. Kompetensi Keterampilan
Baca atawa déklamasikeun hiji sajak kalawan
ngagunakeun ekspresi anu saluyu jeung eusi éta sajak!
Lembar Penilaian Unjuk Kerja/Demonstrasi
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek yang
Dinilai
|
|||
“Sora”
(1-5)
|
“Ekspresi”
(1-5)
|
“Gerak”
(1-5)
|
“Pintonan”
(1-5)
|
||
|
|
|
|
|
|
3. Pedoman Penskoran
(1) Penilaian
Afektif (NA)
-
Skala Skor: 1-4
-
Skor Maksimal = 4 X 3 = 12
-
Nilai Afektif = Skor Diperoleh X 100
12
(2) Penilaian
Kognitif (NK)
-
Skala skor: 1-5
-
Skor Maksimal = 5 X 3 = 15
-
Nilai Kognitif = Skor diperoleh X 100
15
(3) Penilaian
Psikomotor (NP)
- Skala skor =
1 - 5
- Skor Maksimal
= 4 X 5 = 20
- Nilai
Psikomotor = Skor Diperoleh X 100
20
v Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi siswayang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitumusikalisasi
sajak.
v
Remedial
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi siswayang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran ulang, jika
50% atau lebih siswabelum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan tutor sebaya,
jika 11-49% siswabelum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan perorangan,
jika 1-10% siswabelum mencapai ketuntasan.
No comments:
Post a Comment