Friday, February 7, 2020

Tujuan dan Dampak Harga

b. Tujuan Penetapan Harga
                        Menetapkan tujuan berdasarkan harga, merupakan pekerjaan yang paling fleksibel. Dapat diubah dengan cepat sejalan dengan perubahan pasar termasuk masalah persaingan harga. Secara umum penetapan harga bertujuan untuk mencari laba agar perusahaan dapat berjalan. Dalam kondisi persaingan yang semakin kuat, tujuan mencari laba secara maksimal dalam praktiknya akan sulit dicapai. Oleh karena itu manajemen dapat tujuan penetapan harga lain. Misalnya tujuan beroreintasi pada volume sebagai strategi mengalahkan atau mengatasi persaingan, tujuan stabilitasi harga didasarkan pada strategi menghadapi atau memenuhi tuntutan persaingan, demikian juga tujuan beroreintasi pada citra melalui program diferensiasi produk atau dengan jalan melayani segmen pasar khusus, sekaligus tidak perlu harus jotosan harga dengan pesaing. Berbeda dengan tujuan berorientasi pada volume dan stabilisasi, perusahaan tambah pekerjaan karena harus dapat menilai tindakan-tindakan pesaingnya (Hasan, 2013: 522-523).
                        Di dalam  menentukan kebijakan penetapan harga, dapat dilihat dari beberapa prosedur Yaitu :
            1. Memilih tujuan penetapan harga
            2. Menentukan permintaan
            3. Memperkirakan biaya
            4. Menganalisis biaya, harga dan penawaran pesaing
            5. Memilih metode penetapan harga
            6. Memilih harga akhir

c. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Harga
                        Keputusan tentang harga yang baik adalah apabila mampu mencerminkan seluruh kepentingan perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus paham betul faktor-faktor yang secara langsung akan mempengaruhi tingkat harga yang akan ditentukan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan harga sebagai berikut :
            1. Kondisi perekonomian
            2. Tujuan perusahaan
            3. Faktor legal dan etis
            4. Bauran pemasaran
            5. Biaya
            6. Ukuran bisnis
            7. Persaingan
            8. Karakteristik produk
            9. Sifat pasar
            10. Perminataan dan penawaran
Walaupun terdapat berbagai macam cara untuk menetapkan daftar harga, namun pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi dua golongan. 1. Harga jual yang ditetapkan berdasarkan biaya, dan 2. Harga jual yang ditentukan berdsaarkan perhitungan faktor persaingan di pasar ( Hasan, 2013: 527).
d. Dampak Harga
                        Setiap perusahaan berupaya untuk memanfaatkan peluang atau kesempatan yang terdapat dalam keunggulan komparatif di dalam negeri, sehinga perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif yang diperoleh suatu perusahaan tercermin dari kemampuannya untuk berproduksi dengan biaya yang relatif murah dengan memanfaatkan keunggulan bahan baku, tenaga kerja dan modal bagi produk dengan tingkat kemampuan atau kualitas yang lebih baik yang memanfaatkan tersedianya teknologi maju dan kegiatan Research & Development (R&D) yang mendukung.
                        Kualitas dari suatu produk sangat dipengaruhi oleh pandangan para konsumen. Di samping itu, keberhasilan perusahaan dalam persaingan sangat ditentukan oleh tingkat kualitas produk yang dihasilkan dan dipasarkan yang mempengaruhi posisi produk di pasar (Assauri, 2008 : 363).

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate