Wednesday, February 12, 2020

Strategi Membangun Karakter Anak Usia Dini Yang Takut akan Tuhan



Pembangunan karakter (watak) dan tata nilai sangat penting dalam kehidupan. Selagi masih ada waktu, kita terus berupaya ke arah yang lebih baik. Jika demikian kita patut memikirkan prinsip bahkan strategi pembentukan dan pengembangannya. Dalam hal inilah panggilan pendidikan baik dalam konteks keluarga, sekolah maupun gereka mendesak. Pakar pendidikan menilai, Linda dan Richard Lyre (1903: 33-36) mengemukakan bahwa untuk mendidik anak, remaha bahkan orang dewasa untuk bertumbuh dalam karakter yang baik, cukup banyak pendekatan yang dapat kita kembangkan, diantaranya adalah :
-          Pemberian pujian : memberikan pujian dan dukungan kepada anak yang mampu menjawab pertanyaan, bercerita, serta berperilaku baik.
-          Hadiah : memberikan hadiah bagi anak atas prestasinya, atau setelah melakukan sesuatu yang baik dan benar.
-          Ingatan : menghafalkan ayat-ayat hafalan, yang sesuai dengan anak usia dini, yang diterapkan dalam ayat-ayat firman Tuhan (Alkitab), missal Kitab Amsal, Firman Tuhan berkuasa mengubah sikap dan perilaku ( 2 Timotius 3:16).

Ajaran Alkitab banyak terkait dengan hal-hal di atas. Untuk itu prinsip pendidikan dan pembelajaran perlu kita pelajari agar dapat secara efektif membimbing peserta didik untuk bertumbuh dan berkembang dalam nilai hidup dan karakter tersebut.
Nilai-nilai itu tidak lepas dari ajaran tentang pribadi Allah Tritunggal dan karya-Nya yang menciptakan, memelihara, menyelamatkan, membenarkan, menguduskan, mendidik, menguatkan, menegakkan hukuman dan memuliakan ornag beriman di kemudian hari.


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate