Friday, May 3, 2019

Soal dan Jawaban Seminar Karya Ilmiah PAUD

1.      Jelaskan karakteristik karya ilmiah dengan rinci !
ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh karya tulis ilmiah, beberapa di antaranya:
a.    Tulisan yang dibuat harus mengacu pada teori. Teori dibutuhkan sebagai landasan berfikir dalam pembahasan suatu masalah.
b.    Harus lugas, artinya tidak emosional, tidak kritis, dan tidak menimbulkan Interprestasi lain. Hal ini harus diperhatikan dengan baik.
c.    Kemudian juga harus logis, artinya mengacu pada pembahasan yang rasional dengan urutan yang konsisten. Tulisan tidak memuat hal-hal yang janggal atau tidak bisa dibuktikan kebenarannya, serta tidak boleh di luar nalar manusia.
d.   Efisien, artinya mempergunakan kata, kalimat dan bahasa yang baik, sesuai, dan mudah dipahami.
e.    Efektif, artinya tulisan-tulisan yang dibuat harus padat dan ringkas. Tidak boleh bertele-tele atau memasukkan opini-opini yang tidak penting.
f.     Objektif, artinya berdasarkan pada fakta, dalam hal ini kerangka karya tulis ilmiah bersifat konkrit dan benar adanya, tidak mengada-ada.
g.    Sistematis, artinya baik penulisan dan pembahasan harus sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku.
2.      Paparkan pengertian seminar ilmiah (3 pengertian) !
a.    Yang dimaksud dengan seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah yang dilakukan secara ilmiah. Pada seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja yang sebelumnya telah di persiapkan
b.    Seminar adalah sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis yang tujuannya untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar ataupun cendikiawan.
c.    Pengertian seminar adalah sebuah pertemuan yang sengaja diselenggarakan dengan tujuan sebagai pembelajaran general terhadap sebuah topik tertentu dengan jalan pemecahan masalah, yang dilakukan melalui interaksi tanya jawab antar peserta, yang proses berjalannya dipimpin oleh seorang moderator.

3.      Seminar merupakan salah satu jenis diskusi yang tujuannya untuk memecahkan masalah yang ada secara ilmiah, dan seminar biasanya sering diselenggarakan oleh akademisi  baik lembaga akademis, atau yang ditawarkan oleh sebuah organisasi komersil professional. Adapun yang terlibat dalam seminar biasanya seperti:
a.       Penyaji
Pihak utama yang harus ada dalam sebuah seminar adalah penyaji ataupun pemateri. Penyaji merupakan peserta seminar yang bertugas menyajikan materi yang akan dibahas pada seminar. Dalam aktivitas penyajian materi, seorang penyaji dapat menggunakan berbagai macam alat fasilitas pendukung seperti alat peraga, komputer, proyektor, dan fasilitas pendukung lainnya
b.      Moderator
Selain penyaji, pihak yang juga harus ada dalam seminar resmi adalah moderator. Sama seperti hal nya diskusi-diskusi lainnya, moderator memiliki tugas sebagai seorang pemimpin acara dan berhak mengendalikan setiap susunan atau pun peraturan dalam acara seminar tersebut
c.       Key speaker/pembahasan utama
Sama seperti halnya pembawa acara, pembahas pada dasarnya tidak harus ada dalam aktivitas seminar. Pembahas biasanya hanya dihadirkan dalam acara-acara seminar khusus seperti seminar tugas akhir ataupun seminar penelitian
d.      Pimpinan
Merupakan orang yang menjadi pimpinan dalam kegiatan seminar yang dilakukan.
e.       Anggota atau peserta
Meskipun memiliki peran yang sangat terbatas, Audience merupakan salah satu pihak yang harus ada dalam setiap acara seminar. Audience biasanya berperan sebagai orang yang mendengar dan memberikan tanggapan (berupa kritik, saran, atau pun komentar) terhadap apa yang disampaikan oleh penyaji. Dalam memberikan tanggapan, audience harus mengikuti peraturan dan juga panduan yang diberikan oleh moderator
f.       Tim perumus
Pihak ke lima yang berperan dalam acara seminar adalah tim perumus. Tim perumus merupakan orang-orang yang ditugaskan sebagai pencatat ataupun penulis hal-hal penting yang terjadi dalam aktivitas seminar. Hasil rangkuman yang dibuat oleh perumus biasanya akan digunakan oleh moderator dalam membuat kesimpulan seminar.
g.      Pembawa acara
Meskipun tidak harus ada, pembawa acara juga merupakan salah satu pihak yang berperan dalam aktivitas seminar. Pembawa acara biasanya memiliki fungsi membuka seminar, mengenalkan penyaji, pembahas, moderator, dan notulen, serta menutup acara seminar.
4.      Susunan acara pada seminar yang umumnya sering dibuat :
a.       Laporan ketua
Pada acara penyampaian laporan ketua dilakukan oleh ketua panitia. Ketua panitia melaporkan kegiatan yang akan dilaksanakan, jumlah peserta yang mengikuti, tema dan tujuan dari kegiatan yang dilakukan.
b.      Penyajian ketua
Penyajian ketua merupakan materi yang disampaikan oleh ketua panitia sesuai dengan materi seminar yang akan dibahas. Penyajian materi yang disampaikan oleh ketua merupakan pengantar bagi pembahasan yang akan dilakukan oleh pemateri selanjutnya.
c.       Pembahasan oleh pembicara
Pembicara melakukan pembahasan terhadap tema seminar yang telah ditentukan disesuaikan dengan tingkat keahlian yang dimiliki pembicara dan berdasarkan sudut pandang pembicara tersebut.
d.      Diskusi atau Tanya jawab
Diskusi atau Tanya jawab merupakan kegiatan saling bertanya yang dilakukan oleh audiens kepada pembicara. Kegiatan ini difasilitasi oleh moderator yang memandu dan mengendalikan jalannya acara diskusi
e.       Penyimpulan
Kegiatan penyimpulan dilakukan pada akhir acara seminar. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh moderator atau pimpinan seminar.
f.       Penutupan
Penutupan merupakan kegiatan akhir setelah kegiatan penyimpulan materi seminar. Penutupan dapat dilakukan oleh ketua panitia atau panitia lainnya.



No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate