Thursday, December 26, 2019

Model – Model Pembelajaran

            
Bila dilihat didalam Pendidikan Jasmni ada tujuh model pembelajaran penjas yang dikemukan oleh Metzler (2000) yaitu :
1)   Direct Instruction
2)   Personalized System for Instruction (PSI)
3)   Cooperative Learning
4)   Sport Education
5)   Peer Teaching
6)   Inquiry Teaching
7)   Tactical Games

Namun bila dikelompokan sebenarnya model pembelajaran terdiri dari empat rumpun model.  Dari setiap rumpun model tersebut menunjukan proses pembelajaran dan cara belajar siswa yang berbeda. Keempat rumpun model tersebut menurut Joyce dan Weil (1980): 1) Model Pemrosesan Informasi, 2) Model Pengembangan Pribadi, 3) Model Interaksi Sosial, dan 4) Model Perubahan Perilaku.
1)        Model Pemrosesan Informasi
Pada hakekatnya rumpun model ini adalah kemampuan menguasai pengetahuan.  Model ini menekankan pada cara memperluas dorongan belajar terhadap segala sesuatu secara lebih bermakna dengan cara mendapatkan dan mengorganisir data, memformulasikan masalah dan solusi, mengembangkan konsep pemecahan masalah, dan menangkap simbol verbal dan non verbal.
Setiap model memiliki variasi penekanan yang berbeda, penekanan tersebut diantaranya terhadap perolehan informasi dan konsep, pembuatan konsep dan uji hipotesis, dan kreativitas berpikir.
2)        Model Pengembangan Diri
Pada hakekatnya rumpun model ini adalah membangun realisai atau aktualisasi pribadi.  Model ini berdasarkan pada kenyataan hidup dari manusia itu yang pada akhirnyaakan ditentukan oleh individu-individunya. Pemahaman tentang kehidupan pada dasarnya merupakan produk negosiasi antar individu yang harus hidup, bekerja, dan membangun suatu keluarga.
Model pembelajaran rumpun personal berangkat dari pandangan individunya.  Model ini menekankan pada pemahaman diri sendiri secara memadai, tanggung jawab terhadap pendidikan dan kemajuannya, dan belajar meraih yang lebih baik dari pada yang sudah dicapai sekarang, lebih sensitive, dan lebih kreatif dalam rangka mencari kualitas hidup yang lebih baik.
3)        Model Interaksi Sosial
Pada hakekatnya rumpun model ini adalah membangun hubungan individu dengan orang lain atau masyarakat.  Model pembelajaran pada rumpun ini mengambil keuntungan dari fitrah manusia sebagai mahluk sosial untuk belajar lebih jauh dan memperluas kemampuan hubungan kerja sama secara produktif satu dengan yang lainnya.
Model pembelajaran pada model ini merentang dari mulai model yang sederhana sampai dengan model yang kompleks untuk mengajarkan nilai-nilai demokrasi, analisis masalah-masalah sosial, dan nilai-nilai sosial.
4)        Model Perubahan Perilaku
Pada hakekatnya rumpun model ini adalah didasari oleh teori yang umum, yaitu kerangka teori perilaku. Salah satu ciri dari model ini adanya kecenderungan memecahkan tugas belajar kepada sejumlah perilaku yang kecil- kecil dan berurutan.
Model pembelajaran merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Didalam proses pembelajaran, model merupakan skenario awal yang digunakan untuk memulai proses pembelajaran. Suatu model dapat diartikan merupakan langkah- langkah kegiatan yang dijadikan panduan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran.
Selain itu Linblom (Juliantine, 2010:92) menjelaskan “bahwa model pembelajaran (the model of teaching) berupa suatu pedoman yang berisi tentang skenario guna merealisasikan tujuan pengajaran di dalam kelas.” Ahli lain Boughton (Juliantine, 2010:92) menjelaskan “bahwa model pembelajaran merupakan suatu acuan penyampaian materi pendidikan guna mencapai tujuan pembelajaran.”
Menurut Joyce dan Weil (Juliantine, 2010:92), dalam kriteria suatu model pembelajaran diantaranya terdapat:
1)   Tujuan (aims).
2)   Langkah- langkah kegiatan (syntax).
3)   Peranan guru dan siswa (the social system).
4)   Prinsip- prinsip reaksi seperti membimbing dan menggunakan berbagai metoda (principles of reactions).
5)   Dukungan sistem, seperti alat bantu (support system).
6)   Evaluasi (evaluation).

Dari penjelas di atas dapat diartikan bahwa model pembelajaran merupakan perencanaan yang berisi tujuan pembelajaran yang diawali dengan langkah- langkah kegiatan yang diperankan guru untuk para siswanya dengan menggunakan prinsip-prinsip reaksi seperti membimbing dan menggunakan berbagai metoda yang dalam proses pembelajarannya bisa didukung dengan alat bantu dan diakhiri dengan evaluasi.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate