Seperti yang telah banyak disinggung diatas bahwa proses
belajar pembelajaran selalu dipengaruhi oleh motivasi. Dan
salah satu alat atau metode untuk mencapai proses pembelajaran dengan menggunakan
model-model pembelajaran Sagala (2011:175) menerangkan:
“Untuk mengatasi berbagai problematika dalam pelaksanaan
pembelajaran, tentu diperlukan model-model pembelajaran yang dipandang mampu
mengatasi kesulitan guru melaksanakan tugas mengajar dan juga kesuliitan
belajar peserta didik.”
Sagala (2011:173) “Untuk mengerti suatu hal dalam diri
seseorang, terjadi suatu proses yang disebut sebagai proses belajar melalui
model-model mengajar yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar itu.”
Berdasarkan rujukan di
atas menyatakan bahwa model pembelajaran adalah sebagai
alat guru kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini model
pembelajaran yang digunakan oleh guru hendaknya dapat mendorong siswa untuk
belajar secara optimal. Huitt (Aunurrahman, 2010: 141) mengemukakan “Model-model pembelajaran dikembangkan
utamanya beranjak dari adanya perbedaan berkaitan dengan berbagai karakteristik
siswa.”
Selanjutnya Aunurrahman (2010: 143) menerangkan:
“Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mendorong
tumbuhnya rasa senang siswa terhadap pelajaran, menumbuhkan dan meningkatkan
motivasi dalam mengerjakan tugas, memberikan kemudahan bagi siswa untuk
memahami pelajaran sehingga memungkinkan siswa mencapai hasil belajar yang
lebih baik.”
No comments:
Post a Comment