Thursday, December 26, 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Motivasi


Seperti yang telah banyak disinggung diatas bahwa proses belajar pembelajaran selalu dipengaruhi oleh motivasi.  Dan salah satu alat atau metode untuk mencapai proses pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran Sagala (2011:175) menerangkan:
“Untuk mengatasi berbagai problematika dalam pelaksanaan pembelajaran, tentu diperlukan model-model pembelajaran yang dipandang mampu mengatasi kesulitan guru melaksanakan tugas mengajar dan juga kesuliitan belajar peserta didik.

Sagala (2011:173) “Untuk mengerti suatu hal dalam diri seseorang, terjadi suatu proses yang disebut sebagai proses belajar melalui model-model mengajar yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar itu.
Berdasarkan rujukan di atas menyatakan bahwa model pembelajaran adalah sebagai alat guru kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini model pembelajaran yang digunakan oleh guru hendaknya dapat mendorong siswa untuk belajar secara optimal.  Huitt (Aunurrahman, 2010: 141) mengemukakan “Model-model pembelajaran dikembangkan utamanya beranjak dari adanya perbedaan berkaitan dengan berbagai karakteristik siswa.” Selanjutnya Aunurrahman (2010: 143) menerangkan:
“Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mendorong tumbuhnya rasa senang siswa terhadap pelajaran, menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dalam mengerjakan tugas, memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami pelajaran sehingga memungkinkan siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Berdasarkan pemaparan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi tidak bisa lepas dari proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan suatu alat yaitu model pembelajaran dan motivasi siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pemebelajaran yang tepat.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate