Pemasaran adalah
suatu proses social dana manajerial yang
didalamnya terdapat individu maupun kelompok untuk mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan mereka inginkan dengan cara menciptakan, menawarkan, dan
mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak yang lain. Devinisi pemasaran
ini berdasarkan pada konsep berikut :
1. Kebutuhan
Manusia ( needs ) adalah ketidakberadaan beberapa kepuasan dasar
2. Keinginan
( wants ) adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik
3. Permintan
( demand ) adalah keinginan akan produk yang spesifik dan didukung oleh
kemampuan dan kesediaan untuk membelinya
4. Produk
( product ) adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu
kebutuhan dan keinginan yang berupa barang atau jasa.
5. Nilai,
baiaya dan kepuasan adalah dimana perkiraan suatu konsumen untuk memuaskan
kebutuhan dengan biaya yang terjangkau
6. Pertukaran
adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang yang
menawarkan sesuatu sebagai imbalan
7. Transaksi
adalah perdagangan nilai – nilai antara dua pihak atau lebih
8. Pemasaran
hubungan adalah praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan
pihak – pihak pelanggan pemasok atau penyalur guna mempertahankan preferensi
dan bisnis jangka panjang.
9. Pasar
adalah tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mengadakan suatu
transaksi
10. Pemasar
adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat
dalam pertukaran ini
11. Calon
pembeli adalah seseorang yang diidentifikasikan oleh pemasaran sebagai orang
yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran ini.
Kita
percaya bahwa para pelanggan menduga dan memprediksikan, bahwa penawaran mana
yang akan memberikan nilai tertinggi. Para pelanggan menginginkan nilai
maksimal, dengan dibatasi oleh biaya pencarian serta pengetahuan, mobilitas,
dan penghasilan yang terbatas. Mereka membentuk suatu harapan akan nilai dan
bertindak berdasarkan hal itu.
No comments:
Post a Comment