Monday, June 25, 2018

Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Media


Media massa dalam penyampaian beritanya untuk kehidupan masyarakat memiliki manfaat yang cukup besar. Mereka menggunakan alat atau media seperti koran, radio, televisi, seni pertunjukkan dan lain sebagainya. Peralatan tersebut dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, namun jika fungsi penyampaian informasi/ berita disalahgunakan hal ini dapat berdampak sebagai berikut antaralain : Fungsi media massa sebagai alat pendidikan masyarakat tidak lagi menjadi cara yang kuat, penanyangan adengan yang tidak layak dimedia-media elektronik begitulah wajah kebebasan pers Indonesia saat ini. Disatu sisi menanamkan tanggung jawab sosial, namun disisi lain keberadaanya dikhawatirkan mengahuncurkan moral bangsa ini. Inilah efeknya pers yang dihasilkan wajah pers Indonesia dengan karakter yang beragam seperti sekarang.
Kehadiran media masa senantiasa menghadirkan kontradiksi. Di satu sisi menyediakan hal-hal positif seperti hiburan, informasi, pengetahuan dan iptek untuk memperluas wawasan dengan kata lain media masa baik elektronik dan non elektronik bisa memberikan informasi yang sehat dan mencerdaskn khalayak serta melakukan kontrol kritik yang konstruktif. Adanya sifat kontradiksi dari media massa misalnya pada suatu sisi berita-berita yang ditulis merupakan informasi yang aktual dan sangat di perlukan biasanya di baca berulang-ulang dan di jadikan sumber tulisan. Namun pada sisi lain permberitaannya sering menimbulkan keresahan dan berbau demokrasi.
Dampak penyalahgunaan kebebasan media massa sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, karena media massa cetak maupun elektronik senantiasa hadir di hadapan kita, dan senantiasa di nantikan kehadirannya oleh pembaca dan pemirsa. Banyak perilaku yang ditampilkan kepada kita cenderung hasil peniruan dari medai massa baik prilaku positif maupun negatif.


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate