Monday, June 25, 2018

RPP GEOGRAFI SMA KELAS X TOPIK HIDROSFER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/Semester                        : X/2
Program                                   : IPS
Mata Pelajaran                        : Geografi
Topik                                       : Hidrosfer
Pertemuan ke                          :

  1. Kompetensi Inti

1.      Menghayati keadaan alam semesta beserta isinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara afektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan, faktual, konseptual humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak berkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ilmu.

  1. Kompetensi Dasar

1.1  Menghayati keadaan alam semesta beserta isinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2.1     Mengembangkan perilaku proaktif dalam mempelajari peran geografi dalam kehidupan.
1.1  Menganalisis dinamika hidrosfer dan pengaruhnya kehidupan.
4.1 Menyajikan karya tulis gejala hidrosfer dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.



  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan lapisan hidrosfer.
·         Membedakan siklus hidrologi (Panjang, sedang, pendek)
·         Mengklasifikasikan perairan darat/perairan laut
·         Mengemukakan komponen-komponen siklus hidrologi
·         Memberi contoh perairan darat
·         Memberi contoh perairan laut
·         Memberi contoh bentang morfologi laut
·         Menemukan manfaat potensi perairan darat/perairan laut

  1. Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok tentang Hidrosfer :
1.      Mendeskripsikan lapisan hidrosfer.
2.      Membedakan siklus hidrologi.
3.      Mengklasifikasikan perairan darat/laut
4.      Mengemukakan komponen-komponen siklus hidrologi
5.      Memberi contoh perairan darat
6.      Memberi contoh perairan laut
7.      Memberi contoh morfologi laut
8.      Mengemukakan manfaat potensi perairan darat
9.      Mengemukakan manfaat potensi perairan laut


  1. Materi Ajar
1.         Materi Fakta (sesuatu yang dapat diindra)
a.       Lapisan hidrosfer
b.      Siklus air
c.       Perairan darat
d.      Perairan laut
2.         Materi konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
a.       Siklus pendek
b.      Siklus sedang
c.       Siklus panjang
3.         Materi Prinsip
a.       Siklus hidrologi menyebabkan volume air di bumi tidak pernah berkurang dan bertambah
b.      Manfaat perairan darat dan perairan laut bagi kehidupan manusia/makhluk hidup
4.         Materi Prosedur
a.       Model/gambar macam-macam siklus hidrologi
b.      Pengklasifikasian perairan darat/laut




  1. Model dan Metode Pembelajaran

a.       Model Pembelajaran         : Diskusi
b.      Metode Pembelajaran       : Problem based learning (Diskusi kelompok
  yang berbasis masalah
c.       Pendekatan                       : Saintifik

  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan
2.    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.    Siswa menerima informasi kompetensi materi/tujuan manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 menit
Kegiatan Inti
Dilaksanakan

Mengamati

Mengamati melalui membaca buku teks dan melihat gambar-gambar siklus air dan jenis-jenis perairan darat dan perairan laut serta potensi untuk kehidupan

Menanya
Bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang siklus air dan jenis-jenis perairan darat dan perairan laut serta potensinya dan kehidupan

Mengeksplorasikan
Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pertanyaan dan materi tentang dinamika hidrosfer



Mengasosiasikan
Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik bacaan maupun sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan dinamika hidrosfer

Mengomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang dinamika hidrosfer
60
Penutup
-   Menyimpulkan lapisan hidrosfer, siklus hidrologi, perairan darat, dan laut serta potensinya bagi kehidupan
-   Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
-   Menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
15

  1. Alat/Media/Sumber
1.      Lembar Penilaian
2.      Buku paket geografi
3.      Bahan tayang/power point
4.      Internet

  1. Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian : pengamatan, tes lisan, dan tes tertulis
Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Pelaksanaan
1
Sikap
-    Terlihat aktif dalam pembelajaran
-    Bekerja dalam kelompok
-    Menghargai pendapat orang lain
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan:
-   Menjelaskan tentang dinamika hidrosfer
-   Memberi contoh fenomena dinamika hidrosfer dalam kehidupan sehari-hari
Pengamatan dan tes
Test lisan dan test tulisan
Penyelesaian test individu atau kelompok
3
Keterampilan
-    Terampil menerapkan dinamika hidrosfer dan mampu mencari pemecahannya dalam kehidupan sehari-hari
Pengamatan dan unjuk kerja
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) & saat diskusi
Instrumen Penilaian
Tes Tertulis

Soal Uraian

1.      Jelaskan yang anda ketahui tentang lapisan hidrosfer !
2.      Deskripsikan dan gambarlah terjadinya siklus hidrologi!
3.      Identifikasikan komponen-komponen utama siklus hidrologi!
4.      Bedakanlah perairan laut dan perairan darat!
5.      Sebutkan fungsi danau bagi kehidupan!
Pedoman Penskoran :
Menjelaskan 5…………..skor 5
Menjelaskan 3-4                skor 4
Menjelaskan 1-2                skor 3


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate