Monday, June 25, 2018

RPP GEOGRAFI KELAS X TOPIK DINAMIKA TATA SURYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/Semester                        : X/I
Program                                   : IPS
Mata Pelajaran                        : Geografi
Topik                                       : Dinamika Tata Surya
Pertemuan ke                          :

  1. Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret, dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

  1. Kompetensi Dasar

1.1     Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
2.1  Menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab sebagai makhluk bagian dari alam semesta.
1.2  Memahami dinamika tata surya serta pengaruhnya terhadap kehidupan.
4.2  Mengolah informasi mengenai dinamika tata surya serta pengaruhnya terhadap kehidupan dan menyajikannya dalam bentuk tulisan.


  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menyadari kebesaran Tuhan tentang tata surya dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Bekerjasama peduli terhadap lingkungan sekitar terlibat aktif dalam menjaga lingkungan di sekitarnya
3.      Mampu mengumpulkan data tentang tata surya
4.      Mampu menyajikan data tentang tata surya
5.      Mampu menyimpulkan data tentang dinamika tata surya.

  1. Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan kegiatan diskusi & pembelajaran kelompok tentang dinamika tata surya :
1.      Terlihat aktif dalam kegiatan pembelajaran menyampaikan pendapat tentang dinamika tata surya
2.      Mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang pengetahuan dinamika tata surya
3.      Mampu menyimpulkan tentang dinamika tata surya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Materi Ajar
Dinamika Tata Surya
Adalah suatu sistem di jagat raya yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet, satelit, asteroid, komet, meteor, debu, kabut, dan benda-benda lainnya sebagai anggotanya yang beredar mengelilingi pusatnya, yakni matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing.
1.      Materi Fakta
Teori-teori terjadinya tata surya
a.    Teori Nebula (Kart dan Laplace)
Tata surya berasal dari Nebula yaitu gas atau kabut tipis yang sangat luas dan bersuhu tinggi yang berputar sangat lambat. Perputaran yang sangat lambat itu menyebabkan terbentuknya konsentrasi materi yang mempunyai berat jenis yang tinggi.
b.    Teori Planetesimal (Moulton, Chamberlain)
Tata surya berasal dari adanya bahan-bahan padat kecil yang disebut planetesimal yang mengelilingi inti yang berwujud gas bersuhu tinggi, gabungan bahan-bahan padat kecil itu kemudian membentuk planet-planet. Intinya massa yang bersifat gas dan bersuhu tinggi  membentuk matahari.
c.    Teori Pasang Surut (Joans dan Jeffreys)
Tata surya awalnya hanya matahari saja, planet-planet dan anggota lainnya terbentuk karena adanya bagian dari matahari yang tertarik dan terlepas oleh pengaruh gaya gravitasi bintang yang melintas ke dekat matahari.
d.   Teori Bintang kembar (Lyttleton)
Menyatakan bahwa pada awalnya matahari merupakan bintang kembar yang satu dengan yang lainnya saling mengelilingi pada suatu masa melintas bintang lainnya dan menabrak salah satu bintang kembar itu dan menghancurkannya menjadi bagian-bagian kecil yang terus berputar dan mendingin menjadi planet-planet yang mengelilinginya. Binta yang tidak hancur yaitu matahari.
e.    Teori Awan Debu (Weiszaecker, Kuiper)
Tata surya berasal dari awan yang sangat luas yang terdiri dari debu dan gas, ketidakaturan dalam awan tersebut menyebabkan terjadinya penyusutan karena gaya tarik menarik dan gerakan berputar.
2.      Materi Konsep
a.       Menjelaskan matahari sebagai pusat tata surya
b.      Mendeskripsikan bagian-bagian matahari
3.      Materi Prinsip
a.       Menjelaskan planet sebagai anggota tata surya
b.      Mengindentifikasi bulan sebagai satelit bumi
c.       Menjelaskan perubahan pergerakan bulan terhadap bumi
d.      Menjelaskan komet, meteor, sebagai anggota tata surya
4.      Materi Prosedural
a.       Membandingkan teori Heliosentris dan Galeosentris
b.      Membedakan tata surya dengan jagat raya


  1. Alokasi Waktu
3 x 45 menit

  1. Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran

Pendekatan     : Pendekatan saintifik (Scientific)
Metode            : Diskusi kelompok
Model              : Problem based learning (Diskusi kelompok yang berbasis
  Masalah

  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi
-   Guru memberikan gambaran tentang tata surya
-   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menjelaskan tentang tata surya
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati

Melalui membaca buku teks dan melihat gambar dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari
Menanya
Diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang dinamika tata surya dalam kehidupan sehari-hari

Mengeksplorasikan
Data tentang dinamika tata surya melalui Tanya jawab

Mengasosiasikan
Dengan menganalisis informasi dan data yang dibuat dan didapat baik dari bacaan maupun sumber terkait

Mengomunikasikan
Guru meminta tiap kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompoknya
60
Penutup
-   Siswa menyampaikan pendapat tentang dinamika tata surya
-   Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan dari materi dinamika tata surya
-   Guru memberi tugas mandiri terstruktur
-   Dengan siswa mengucap syukur dan menyampaikan harapan agar ilmu yang dipelajari di kemudian hari dapat bermanfaat
15


  1. Alat/Media/Sumber
1.      Lembar Penilaian
2.      Buku Paket Geografi
3.      Bahan tayang/power point


  1. Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian : pengamatan, tes lisan, dan tes tertulis
Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Pelaksanaan
1
Sikap
-    Terlihat aktif dalam pembelajaran
-    Bekerja dalam kelompok
-    Menghargai pendapat orang lain
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan:
-   Menjelaskan dinamika tata surya
-   Memberi contoh fenomena dinamika tata surya dalam kehidupan sehari-hari
Tes lisan dan tes tertulis
Penyelesaian test individu atau kelompok
3
Keterampilan
-    Terampil menerapkan dinamika tata surya dan mencari pemecahannya
Pengamatan dan unjuk kerja
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) & saat diskusi

Instrumen Penilaian

Tes Tertulis

Soal Uraian

1.      Deskripsikan yang dimaksud tata surya !
2.      Sebutkan anggota-anggota tata surya !
3.      Gambarlah sistem tata surya secara sederhana!
4.      Sebutkan teori-teori terjadinya tata surya!
5.      Jelaskan perbedaan teori heliosentris dan geosentris!

Pedoman Penskoran :
1.      Menjelaskan 5…………..skor 5
Menjelaskan 3-4                skor 4

Menjelaskan 1-2                skor 3

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate