Monday, June 25, 2018

RPP GEOGRAFI SMA KELAS X TOPIK GEOSFER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/Semester                        : X/I
Program                                   : IPS
Mata Pelajaran                        : Geografi
Topik                                       : Geosfer
Pertemuan ke                          :

  1. Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur,disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret, dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

  1. Kompetensi Dasar

1.1  Menghayati keadaan alam semesta beserta isinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
1.1     Mengembangkan perilaku proaktif dalam mempelajari peran geografi dalam kehidupan
1.1     Memahami gejala geosfer
4.1  Mengolah informasi mengenai gejala geosfer serta pengaruhnya terhadap kehidupan di muka bumi.



  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mendeskripsikan gejala geosfer.
2.      Mengemukakan lapisan litosfer.
3.      Mengemukakan lapisan atmosfer.
4.      Mengemukakan lapisan hidrosfer.
5.      Mengemukakan lapisan biosfer.
6.      Mengemukakan lapisan antroposfer.


  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran melalui tahapan inquiri, fenomena, dan menyusun kesimpulan peserta didik dapat :
1.      Menjelaskan lapisan litosfer.
2.      Mengemukakan jenis-jenis batuan.
3.      Menjelaskan lapisan atmosfer.
4.      Mengemukakan manfaat lapisan-lapisan atmosfer bagi kehidupan di bumi.
5.      Mengemukakan lapisan hidrosfer.
6.      Memberi contoh jenis-jenis perairan di bumi.
7.      Mendeskripsikan lapisan biosfer
8.      Mengemukakan persebaran fauna di dunia/Indonesia
9.      Mengemukakan persebaran flora di dunia/Indonesia
10.  Mengemukakan lapisan antroposfer
11.  Mengemukakan pertumbuhan penduduk
12.  Mengemukakan pertambahan penduduk
13.  Mengemukakan jenis migrasi

  1. Materi Ajar
1.      Materi Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
a.       Lapisan antroposfer
b.      Pertumbuhan penduduk
c.       Pertambahan penduduk
d.      Jenis – jenis migrasi
2.      Materi Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
a.       Lapisan litosfer
b.      Jenis-jenis batuan
3.      Materi Prinsip
a.       Lapisan atmosfer
b.      Manfaat lapisan atmosfer bagi kehidupan manusia adanya peristiwa cuaca dan iklim salah satunya
4.      Materi Prosedural
a.       Biosfer
b.      Persebaran fauna di Indonesia/dunia
c.       Persebaran flora di Indonesia/dunia
d.      Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran fauna dan flora

  1. Alokasi Waktu
3 x 45 menit

  1. Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran

Pendekatan     : Saintifik (Scientific)
Metode            : Diskusi
Model              : Problem based learning (Diskusi kelompok yang berbasis
  Masalah

  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi
-   Mendorong rasa ingin tahu, berpikir kritis siswa diajak memecahkan masalah
-   Guru membagi siswa beberapa kelompok
-   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati

Melalui membaca buku teks, LCD (melihat gambar dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari)

Menanya
Diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang geosfer dalam kehidupan sehari-hari

Mengeksplorasikan
Data tentang konsep dasar geosfer melalui Tanya jawab

Mengasosiasikan
Dengan menganalisis informasi dan data yang dibuat dan didapat baik dari bacaan maupun sumber terkait

Mengomunikasikan
Menyimpulkan bersama-sama tentang konsep dasar pengetahuan geografi

60
Penutup
-   Siswa menyampaikan pendapat tentang geosfer
-   Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan dari materi geosfer
-   Guru memberi tugas mandiri berstruktur dan tidak berstruktur
-   Dengan siswa mengucap syukur dan menyampaikan harapan agar ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat
15


  1. Alat/Media/Sumber
1.      Lembar Penilaian
2.      Buku Paket Geografi
3.      Bahan tayang/power point


  1. Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian : pengamatan, tes lisan, dan tes tertulis
Prosedur Penilaian :

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Pelaksanaan
1
Sikap
-    Terlihat aktif dalam pembelajaran
-    Bekerja dalam kelompok
-    Menghargai pendapat orang lain
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan:
-   Menjelaskan tentang prinsip geosfer
-   Pendekatan geosfer
-   Konsep geosfer

Pengamatan dan tes
Tes lisan dan tes tertulis
Penyelesaian test individu atau kelompok
3
Keterampilan
-    Terampil menerangkan tentang geosfer dalam kehidupan sehari-hari
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) & saat diskusi








Instrumen Penilaian

Tes Tertulis

Soal Uraian

1.      Jelaskan yang anda ketahui tentang litosfer !
2.      Apa yang dimaksud dengan lapisan atmosfer ?
3.      Gambarkan siklus Hidrologi!
4.      Deskripsikan tentang Biosfer !
5.      Jelaskan yang dimaksud dengan antroposfer !

Pedoman Penskoran :
Menjelaskan 5…………..skor 5
Menjelaskan 3-4                skor 4
Menjelaskan 1-2                skor 3


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate