Monday, June 25, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS X Unit 5 Dinamika Atmosfer (K-13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 5
Dinamika Atmosfer


Satuan Pendidikan             :    SMA 
Mata Pelajaran                   :    Geografi
Kelas/Semester                   :    X / 2
Alokasi Waktu                    :    18 x 45 menit

Kompetensi Inti          :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.3  Mensyukuri keberadaan diri sebagai warga negara Indonesia dengan pola pikir dan tindak dengan menunjukkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.3  Mengembangkan perilaku responsif terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika litosfer, atmosfer dan hidrosfer.
3.5  Menganalisis dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan.

·           Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
·           Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
·           Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
·           Menjelaskan pengaruh terjadinya gejala perubahan iklim terhadap kehidupan

Pertemuan I
I.       Tujuan Pembelajaran
·         Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya.

II.    Materi Pembelajaran
·         Lapisan Atmosfer

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Fácil: Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Peta konsep
·         Komputer dan  proyektor
·         Alat dan bahan percobaan

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
I.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru membahas mengenai soal latihan pedosfer.
·         Guru menanyakan manfaat atmosfer bagi kehidupan di muka bumi.

II.    Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Mengamati gambar yang ditampilkan guru melalui proyektor.
·         Secara individu menyimak perintah guru untuk mengerjakan tugas individu.
2.      Menanya (Questioning)
·         Mengajukan pertanyaan mengenai gambar yang ditampilkan oleh guru melalui proyektor.
·         Tanya jawab mengenai lapisan-lapisan yang ada di atmosfer.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Secara individu mencari informasi mengenai lapisan-lapisan atmosfer.
·         Mencatat hal-hal penting mengenai lapisan-lapisan atmosfer.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Menyimpulkan tentang lapisan-lapisan atmosfer.
·         Menyimpulkan lapisan atmosfer sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Membacakan hasil kesimpulan di depan kelas secara bergiliran.
·         Menjelaskan mengenai manfaat lapisan-lapisan yang ada di atmosfer.

III. Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Memberikan tugas membuat percobaan sederhana mengenai unsur-unsur iklim dan cuaca.

Pertemuan II
I.     Tujuan Pembelajaran
·         Menganalisa dinamika unsur-unsur cuaca

II.    Materi Pembelajaran
·         Unsur-unsur cuaca: Suhu udara, tekanan udara, angin

III.   Metode Pembelajaran
 Ceramah, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

IV.   Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Fácil: Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Peta konsep
·         Komputer dan  proyektor
·         Alat dan bahan percobaan

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Menanyakan hasil percobaan sederhana yang telah dilakukan.

    1. Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Secara individu menyimak mengenai unsur cuaca yang disampaikan secara garis besar oleh guru.
·         Menonton video yang ditampilkan oleh guru melalui komputer.
2.      Menanya (Questioning)
·         Secara kelompok presentasi dan tanya jawab mengenai hasil percobaan sederhana mengenai unsur cuaca yaitu suhu udara, tekanan udara,angin.
·         Mengajukan pertanyaan seputar tayangan yang ditampilkan oleh guru.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Secara individu siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang telah disediakan guru.
·         Mencatat hal-hal penting melalui tayangan yang ditampilkan oleh guru.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Memberikan penilaian dari hasil presentasi kelompok dan hasil lembar kerja siswa.
·         Menyimpulkan bahwa unsur-unsur cuaca merupakan salah satu dari sekian banyak karunia tuhan.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Membacakan hasil kesimpulan di depan kelas secara bergantian.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.

    1. Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
Pertemuan III
I.     Tujuan Pembelajaran
·         Menganalisa dinamika unsur-unsur cuaca

II.    Materi Pembelajaran
·         Unsur-unsur cuaca: kelembapan udara, keadaan awan, curah hujan

III.   Metode Pembelajaran
 Ceramah, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

IV.   Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Fácil: Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Peta konsep
·         Komputer dan  proyektor
·         Alat dan bahan percobaan

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Menanyakan hasil percobaan sederhana yang telah dilakukan.
b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.         Mengamati (Observing)
·         Secara individu menyimak mengenai unsur cuaca yang disampaikan secara garis besar oleh guru.
·         Mengamati gambar yang ditampilkan guru melalui komputer.
2.      Menanya (Questioning)
·         Secara kelompok presentasi dan tanya jawab mengenai hasil percobaan sederhana mengenai unsur cuaca yaitu kelembapan udara, keadaan awan, curah hujan.
·         Mengajukan pertanyaan seputar tayangan yang ditampilkan oleh guru.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Secara individu siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang telah disediakan guru.
·         Mencatat hal-hal penting melalui tayangan yang ditampilkan oleh guru.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Memberikan penilaian dari hasil presentasi kelompok dan hasil lembar kerja siswa.
·         Menyimpulkan bahwa unsur-unsur cuaca merupakan salah satu dari sekian banyak karunia tuhan.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Membacakan hasil kesimpulan di depan kelas secara bergantian.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

Pertemuan IV
I.     Tujuan Pembelajaran
·         Mengklasifikasi berbagai tipe iklim

II.    Materi Pembelajaran
·         Klasifikasi iklim

III.   Metode Pembelajaran
 Ceramah, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

IV.   Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Fácil: Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Peta konsep
·         Komputer dan  proyektor

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Menanyakan pengaruh iklim dalam kehidupan.

b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Secara individu menyimak informasi mengenai klasifikasi iklim dan pengaruh jenis iklim terhadap kehidupan.
·         Guru menjelaskan mengenai beberapa metode klasifikasi iklim.
2.      Menanya (Questining)
·         Tanya jawab mengenai klasifikasi iklim.
·         Membuat pertanyaan seputar klasifikasi iklim.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Secara individu siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang telah disediakan guru.
·         Mencari jawaban melalui buku sumber dan internet.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Memberikan penilaian hasil lembar kerja siswa.
·         Menyimpulkan bahwa iklim adalah karunia dari Tuhan Yang Maha Esa.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Membacakan hasil kesimpulan di depan kelas.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.

c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Quiz tentang klasifikasi iklim.



Pertemuan V
I.     Tujuan Pembelajaran
·         Mengidentifikasi informasi cuaca dan iklim

II.    Materi Pembelajaran
·         Informasi cuaca dan iklim

III.   Metode Pembelajaran
 Ceramah, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

IV.   Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·       Silabus KTSP SMA
·       Buku sumber : Fácil: Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·       Buku-buku penunjang yang relevan
·       Peta konsep
·       Komputer dan  proyektor

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Menanyakan pengaruh iklim dalam kehidupan.

b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Secara individu menyimak informasi mengenai informasi cuaca dan iklim serta pengaruhnya terhadap kehidupan.
·         Menjelaskan mengenai beberapa metode klasifikasi iklim.
2.      Menanya (Questining)
·         Tanya jawab mengenai informasi cuaca dan iklim.
·         Membuat pertanyaan seputar informasi cuaca dan iklim.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Secara individu siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang telah disediakan guru.
·         Mencari jawaban melalui buku sumber dan internet.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Memberikan penilaian hasil lembar kerja siswa.
·         Menyimpulkan bahwa cuaca dan iklim adalah karunia dari Tuhan Yang Maha Esa.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Membacakan hasil kesimpulan di depan kelas.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.


Pertemuan VI
I.     Tujuan Pembelajaran
·         Menjelaskan pengaruh terjadinya gejala perubahan iklim terhadap kehidupan.

II.    Materi Pembelajaran
·         Perubahan Iklim Global

III.   Metode Pembelajaran
 Ceramah, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

IV.   Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·       Silabus KTSP SMA
·       Buku sumber : Fácil: Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·       Buku-buku penunjang yang relevan
·       Peta konsep
·       Komputer dan  proyektor

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Menanyakan isu perubahan iklim.
b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Menjelaskan perubahan iklim global secara garis besar.
·         Menyimak dengan saksama apa yang disampaikan oleh guru.
2.      Menanya (Questioning)
·         Siswa dibagi kedalam lima kelompok.
·         Secara kelompok diskusi mengenai gejala terjadinya perubahan iklim global dan dampaknya terhadap kehidupan dibumi.
3.      Pengumpulan data (experimenting)
·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang perubahan iklim global.
·         Mencatat hal-hal penting yang ditemukan dari internet dan buku sumber.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
·         Membuat kesimpulan tentang penyelamatan bumi dari perubahan iklim global.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Memilih beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Penugasan mengerjakan soal evaluasi akhir unit mengenai Atmosfer.

Penilaian
A.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Tugas individu
·         Lembar tes lisan
·         Tugas kelompok
·         Lembar hasil kerja kelompok
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan
·         Portofolio
·         Panduan Penyusunan Portofolio

B.     Jenis tagihan    :           Tugas Individu
      Bentuk tagihan            : Tes Lisan
    Rubrik Penilaian tugas individu
Aspek
Nilai
Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan guru

Dapat menyampaikan pendapat dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematis

Menyampaikan pendapat dengan intonasi dan bahasa tubuh yang meyakinkan

Pendapat mencerminkan penerapan konsep yang dijelaskan

Nilai rata-rata

Kriteria Penilaian
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
A
4
> 80
B
3
75 – 80
C
2
72 - 74
D
1
< 72
C.     Jenis tagihan                :          Tugas Kelompok
      Bentuk tagihan      :    Hasil Kerja Kelompok
     Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek
Nilai
A.  Isi Materi

·       Tulisan rapi, mudah dibaca dan sistematis

·       Hasil diskusi menggambarkan ruang lingkup ilmu geografi

·       Terlihat perbedaan yang  jelas antar objek studi ilmu geografi

B.  Kerjasama Kelompok 

·      Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi

·      Semua anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi yang di diskusikan

C.   Presentasi

·      Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan audien

·      Dapat menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematis

·      Menyampaikan materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang menyakinkan audien

Nilai rata-rata


Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
A
4
> 80
B
3
75 – 80
C
2
72 - 74
D
1
< 72



D.    Contoh Instrumen
1.      Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2:  belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi      
1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok 
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa.
2.      Lembar Tes Unjuk Kerja
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
3.      Lembar Tes Tertulis
·         Jelaskan pembagian iklim berdasarkan iklim matahari.
·         Dalam klasifikasi Koppen bagaimanakah karakteristik daerah beriklim A.
·         Tuliskan rumus untuk mencari nilai Q dalam klasifikasi S-F.
·         Tuliskan penggolongan bulan hujan menurut oldemen.
·         Jelaskan pembagian daerah iklim menurut Junghuhn.
·         Uraikan klasifikasi iklim menurut Junghuhn.
·         Apa perbedaan antara efek rumah kaca, pemanasan global, dan perubahan iklim?
·         Kemukakan dampak perubahan iklim.
·         Bagaimana upaya yang dapat Anda lakukan untuk menanggulangi perubahan iklim?
·         Apa yang dimaksud dengan lapisan ozon? Jelaskan bagaimana kondisinya saat ini.
4.      Lembar Portofolio
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate