Monday, June 25, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS X Unit 4 Dinamika Litosfer (K-13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 4
Dinamika Litosfer

Satuan Pendidikan             :    SMA 
Mata Pelajaran                   :    Geografi
Kelas/Semester                   :    X / 1
Alokasi Waktu                    :    18 x 45 menit
Kompetensi Inti          :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1  Mensyukuri keberadaan diri sebagai warga negara Indonesia dengan pola pikir dan tindak dengan menunjukkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  Mengembangkan perilaku responsif terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika litosfer, atmosfer dan hidrosfer.
3.1  Menganalisis dinamika litosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·           Mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk lapisan  kulit bumi
·           Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat proses tektonis
·           Mengidentifikasi gejala-gejala yang timbul akibat proses vulkanisme
·           Mendeskripsikan  proses terjadinya gempa bumi dan tsunami
·           Menunjukkan bentuk muka bumi akibat tenaga eksogen
·           Membedakan jenis-jenis pelapukan, pengikisan, dan pengendapan
·           Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya degradasi lahan
·           Menganalisis dampak degradasi lahan bagi kehidupan
·           Menjelaskan proses pembentukan tanah beserta faktor-faktornya
·           Menjelaskan sifat fisik, sifat kimia dan sifat biologis tanah
·           Mengklasifikasi jenis tanah di lingkungan sekolah
·           Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta Indonesia
·           Menganalisis proses terjadinya erosi tanah
·           Mengidentifikasikan usaha-usaha untuk mencegah kerusakan tanah
Pertemuan I
I.       Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk litosfer.

II.    Materi Pembelajaran
Batuan

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan observasi.

IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
·         Buku sumber : Fácil Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Komputer dan proyektor

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Memberikan pertanyaan mengenai lapisan-lapisan yang ada di bumi.

b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Menjelaskan materi tentang batuan pembentuk litosfer.
·         Secara individu menyimak informasi mengenai batuan pembentuk litosfer dari buku sumber.
2.      Menanya (Quetioning)
·         Tanya jawab mengenai batuan pembentuk litosfer.
·         Tanya jawab seputar siklus batuan
3.      Pengumpulan data (Experimnting)
·         Siswa dibagi kedalam lima kelompok.
·         Secara kelompok, siswa diminta untuk mengamati batuan disekitar sekolah dengan menggunakan lembar observasi yang disediakan oleh guru.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Menyimpulkan tentang batuan.
·         Menyimpulkan tentang batuan yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Membacakan hasil kesimpulan yang telah dibuat.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. 

Pertemuan II
I.        Tujuan Pembelajaran
·         Menjelaskan tentang bentuk muka bumi akibat proses tektonisme;
·         Mengidentifikasi gejala yang timbul akibat proses vulkanisme;
·         Mendeskripsikan proses terjadinya gempa bumi dan tsunami;
·         Menjelaskan ciri bentang alam akibat tenaga eksogen;
·         Mengidentifikasi dan menganalisis dampak perubahan litosfer terhadap kehidupan.

II.        Materi Pembelajaran
  • Pengubah Litosfer
a.       Bentuk Muka Bumi Akibat Tenaga Endogen:
1.      Proses Tektonisme
2.      Proses Vulkanisme
3.      Proses Seisme dan Tsunami
b.      Bentuk Muka Bumi Akibat Tenaga Eksogen
1.      Pelapukan
2.      Pengikisan
3.      Pengendapan
·         Dampak perubahan litosfer terhadap kehidupan

III.        Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

IV.        Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
·         Buku sumber:  Fácil Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Komputer dan Proyektor
V.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Bertanya mengenai bentukan-bentukan yang ada di bumi (seperti gunung, bukit dan patahan).
·         Menanyakan perbedaan antara tenaga endogen dan tenaga eksogen.
b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Menjelaskan materi tentang bentuk muka bumi akibat tenaga endogen dan eksogen.
·         Menyimak informasi mengenai gejala yang timbul akibat proses tektonis yang disajikan oleh guru.
·         Menyimak gambar/foto bentuk muka bumi yang ditampilkan guru dengan menggunakan proyektor
2.      Menanya (Questioning)
·         Menjelaskan teori-teori pembantukan bumi secara bergiliran di depan kelas.
·         Tanya jawab mengenai proses-proses yang timbul akibat gejala tektonisme.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang pengubah litosfer dari sumber lain. (internet)
·         Meminta siswa untuk mengerjakan Review Unit 4 halaman 124 yang terdapat pada buku Fácil:Advanced Learning Geography 1.

4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas.
·         Menyimpulkan bahwa litosfer merupakan sebagian kecil dari kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Mempersilahkan siswa lain untuk memberikan komentar tentang penampilan temannya yang menjelaskan di depan kelas.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Memberikan penghargaan kepada siswa yang dapat menjelaskan materi dengan baik.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

Pertemuan III
I.        Tujuan Pembelajaran
·         menjelaskan ciri dan proses pembentukan tanah
·         menjelaskan sifat fisik, biologi dan kimia tanah
·         menjelaskan klasifikasi tanah
·         Persebaran tanah di Indonesia
·         menjelaskan proses terjadinya erosi tanah
·         mengidentifikasi usaha-usaha untuk mencegah kerusakan tanah

II.        Materi Pembelajaran
·         Faktor pembentuk tanah
·         Proses dan Ciri Pembentukan Tanah
1.      Proses Pembentukan Tanah
2.      Sifat Fisik dan Kimia Tanah
·         Klasifikasi Tanah
·         Persebaran tanah di Indonesia
·         Kerusakan Tanah dan dampaknya bagi kehidupan

III.        Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, observasi, dan  penugasan

IV.        Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
·         Buku sumber : Fácil:Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Komputer dan  Proyektor
·         Peta Indonesia
·         Petunjuk teknis pengamatan tanah

V.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Menanyakan manfaat tanah bagi kehidupan manusia.
b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Membahas kembali sekilas tentang materi pada pertemuan sebelumnya.
·         Menjelaskan pengertian dan proses pembentukan tanah.
2.      Menanya (Questioning)
·         Tanya jawab mengenai proses pembentukan tanah.
·         memberikan quiz berupa lembar kerja.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Secara individu mengerjakan lembar kerja.
·         Mencari informasi tentang pengertian dan proses pembentukan tanah melalui buku sumber dan internet.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Memeriksa hasil pengerjaan lembar kerja siswa.
·         Memberikan penghargaan dan pujian kepada siswa yang dapat mengerjakan lembar kerja.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Mengumumkan penghargaan hasil pengerjaan lembar kerja siswa.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Quiz mengenai proses pembentukan tanah dan faktor-faktor yang memengaruhinya untuk pertemuan selanjutnya.

Pertemuan IV
I.          Tujuan Pembelajaran
        Menjelaskan sifat fisik, biologi dan kimia tanah

II.       Materi Pembelajaran
Sifat-sifat tanah

III.     Metode Pembelajaran
 Ceramah, diskusi, observasi, dan  penugasan

IV.        Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
·         Buku sumber : Fácil:Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Komputer dan  Proyektor
·         Peta Indonesia
·         Petunjuk teknis pengamatan tanah

V.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru bertanya mengenai proses pembentukan tanah dan sifat-sifat tanah.
b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Menjelaskan sifat fisik dan kimia tanah.
·         Menyimak mengenai sifat fisik dan kimia tanah dari buku sumber.
2.      Menanya (Questioning)
·         Tanya jawab seputar sifat-sifat tanah
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Siswa dibagi kedalam lima kelompok.
·         Membagi wilayah pengamatan dan membagikan lembar pengamatan kepada siswa.
·         Secara berkelompok melakukan pengamatan sifat fisik dan kimia tanah.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Menyimpulkan tentang sifat-sifat tanah.
·         Menyimpulkan tentang kemahabesaran Tuhan Yang Maha Esa akan penciptaan tanah sebagai sumber kehidupan.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Memeriksa hasil pekerjaan dari masing-masing kelompok.
·         Setiap kelompok diminta untuk menyimpulkan hasil dari kegiatan yang telah dilakukan.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

Pertemuan V
I.      Tujuan Pembelajaran
·         Menjelaskan Jenis-jenis tanah di Indonesia

II.    Materi Pembelajaran
·         Jenis-jenis tanah di Indonesia

III.   Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, observasi, dan  penugasan

IV.  Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
·         Buku sumber : Fácil:Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Komputer dan  Proyektor
·         Peta Indonesia
·         Petunjuk teknis pengamatan tanah

V.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa siswa, kemudian mengabsen. 
·         Bertanya mengenai jenis tanah yang telah mereka ketahui.

b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observating)
·         Menyimak mengenai jenis-jenis tanah dari berbagai sumber.
·         Mengamati sampel tanah yang dibawa oleh guru.
2.      Menanya (Questioning)
·         Tanya jawab mengenaijenis-jenis tanah di Indonesia.
·         Tanya jawab mengenai jenis-jenis erosi tanah.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Membagi siswa kedalam lima kelompok.
·         Secara berkelompok menentukan permasalahan yang berkaitan dengan dampak jenis tanah terhadap aspek kehidupan manusia.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Diskusi mengenai permasalahan yang telah ditentukan untuk kemudian dipresentasikan pada pertemuan selanjutnya.
·         Setiap kelompok diminta untuk menyimpulkan hasil dari kegiatan yang telah dilakukan.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Mengingatkan kembali kepada setiap kelompok untuk menyiapkan bahan presentasi pada pertemuan selanjutnya.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan pedosfer.

Penilaian

A.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Unjuk kerja
·         Lembar identifikasi
·         Tugas kelompok
·         Lembar diskusi
·         Tugas individu
·         Lembar tertulis
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan
·         Portofolio
·         Panduan Penyusunan Portofolio

B.      Jenis tagihan         :           Unjuk kerja
Bentuk tagihan     :    Lembar identifikasi
Bahan diskusi       :    Identifikasi jenis-jenis batuan yang ada di lingkungan sekolahmu
No
Ciri Fisik Batuan
Warna
Tekstur
Rongga udara
Konsistensi
Jenis Batuan
Nama Batuan
1.
Cerah
Kasar/ kristalin
Tidak ada
Tidak mudah pecah
Batuan Beku dalam
Granit
2.
Gelap
Amorf
Ada
Mudah pecah
Batuan beku luar
Basal lava
3.
Abu-abu
Halus/kristalin
Tidak ada
Tidak mudah pecah
Batuan beku intermedier
Andesit
Rubrik Penilaian identifikasi batuan
Aspek
Nilai
Menyimpulkan nama jenis batuan minimal 5 jenis

Memberikan alasan tentang jenis batuan yang diidentifikasi

Tulisan mudah dibaca dan rapih

Nilai rata-rata

Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
A
4
> 80
B
3
75 – 80
C
2
72 - 74
D
1
< 72

C.      Jenis tagihan         :           Tugas kelompok
Bentuk tagihan   :  Diskusi (tugas terstruktur)
Bahan diskusi     :  Presentasikan hasil diskusi  mengenai dampak degradasi lahan terhadap kehidupan didepan kelas.

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek
Nilai
A.  Isi Materi

A.  Materi menjelaskan mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya degradasi lahan

B.   Menjelaskan akibat yang ditimbulkan degradasi lahan terhadap kehidupan

B.  Kerjasama Kelompok 

C.   Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi

D.  Semua anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi yang di diskusikan

C.   Presentasi

E.   Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan audien

F.    Dapat menyampaikan materi dengan suara yang baik, dan bahasa yang santun

G.  Audien terlihat antusias mengikuti jalannya diskusi

Nilai rata-rata


Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
A
4
> 80
B
3
75 – 80
C
2
72 - 74
D
1
< 72



                 
A.     Jenis tagihan   :           Tugas Individu
Bentuk tagihan                  :    Tertulis
Contoh Instrumen             :    Carilah informasi mengenai proses terjadinya bumi dari berbagai media  (tugas terstruktur).


Rubrik Penilaian tugas individu
Aspek
Absen/Nilai
1
2
Informasi mencerminkan proses terjadinya bumi


Informasi dilengkapi sumber yang jelas


Tulisan mudah dibaca dan rapih


Nilai rata-rata



D.      Contoh Instrumen

1.         Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok








Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2:  belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi      
1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok 
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa.

2.      Lembar Tes Unjuk Kerja
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

3.      Lembar Tes Tertulis
1.      Jelaskan perbedaan tanah dan lahan.
2.      Jelaskan peran faktor organisme dalam proses pembentukan tanah.
3.      Jelaskan bagaimana iklim dapat mempengaruhi proses pembentukan tanah.
4.      Apabila dalam suatu wilayah didominasi oleh batuan sedimen maka proses pembentukan tanahnya akan relatif berjalan cepat, mengapa demikian.
5.      Apa perbedaan dari tanah muda, dewasa dan tua.
6.      Apa yang dimaksud dengan erosi tanah?
7.      Sebutkan jenis-jenis dari erosi tanah.
8.      Sebutkan tiga dampak langsung dari terjadinya erosi.
9.      Sebutkan 3 metode beserta jenis-jenisnnya untuk mengatasi kerusakan tanah yang disebabkan oleh erosi.
10.  Mengapa pemanfaatan lahan yang tidak sesuai dapat menyebabkan lahan kritis.

4.      Lembar Portofolio
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate