RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/I
Program : IPS
Mata Pelajaran : Geografi
Topik :
Atmosfer
Pertemuan ke :
- Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret, dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ilmu.
- Kompetensi Dasar
1.1
Menghayati keadaan alam semesta beserta isinya
sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Mengembangkan
perilaku proaktif dalam mempelajari peran geografi dalam kehidupan.
3.5 Menganalisis
dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
4.2 Menyajikan
karya tulis gejala litosfer, atmosfer, dan hidrosfer dengan menggunakan
teknologi informasi dan komunikasi.
- Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat aktif dalam pembelajaran atmosfer
2.
Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
3.
Toleransi terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif
4.
Menjelaskan kembali pengertian atmosfer dan
manfaatnya bagi kehidupan
5.
Menyatakan kembali karakteristik masing-masing
lapisan atmosfer.
- Tujuan Pembelajaran
Dalam kegiatan diskusi & pembelajaran kelompok pada pembelajaran
ini siswa diterapkan terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran & kritik serta dapat:
1.
Menjelaskan kembali pengertian atmosfer
2.
Menyatakan kembali manfaat atmosfer dalam
kehidupan
3.
Menyebutkan karakteristik masing-masing atmosfer
- Materi Ajar
1.
Materi Fakta
a.
Menunjukkan persebaran iklim dunia
b.
Mengindentifikasi terjadinya perubahan iklim
global
c.
Mendeskripsikan jenis vegetasi menurut iklim
d.
Menganalisis perubahan iklim
2.
Materi Konsep
a.
Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan
pemanfaatannya.
b.
Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan
iklim
3.
Materi Prinsip
a.
Mengingat kembali tentang pengertian atmosfer
Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi dan terdiri atas
beberapa gas yang dipertahankan oleh gravitasi bumi. Atmosfer berfungsi untuk
mempertahankan kehidupan di bumi. Udara kering pada atmosfer mengandung gas
nitrogen 78%, dan semakin ke atas kandungan atmosfer cenderung berupa atom-atom
gas.
Ilmu yang mempelajari atmosfer disebut meteorologi. Aspek-aspek yang
dipelajari dalam meteorologi antara lain : awan, angin, petir, sinar matahari
& kandungan air di udara
b.
Lapisan Atmosfer
Atmosfer terdiri atas lapisan-lapisan sebagai berikut :
a.
Troposfer : 0-12 km di atas permukaan
bumi.
1)
Lapisan ini sangat besar pengaruhnya terhadap
kehidupan di bumi. Pada lapisan ini terjadi peristiwa
4.
Materi Prosedur
a.
Membedakan cuaca dan iklim
b.
Memberi contoh unsur-unsur cuaca dan iklim.
5.
lla
- Alokasi Waktu
4 x 45 menit
- Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
saintifik (Scientific)
Metode : Diskusi
kelompok
Model : Problem based
learning (Diskusi kelompok yang berbasis
Masalah
- Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan gambaran tentang atmosfer
2.
Sebagai apersepsi untuk mendorong ingin tahu
& berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai atmosfer
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai yaitu: menjelaskan pengertian atmosfer
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati gambar-gambar
lapisan atmosfer melalui infocus (powerpoint)
Menanya
-
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan atmosfer
-
Siswa mengajukan pertanyaan yang kurang jelas
tentang atmosfer
-
Siswa juga menjawab dst
Mengeksplorasikan
-
Guru menggali jawaban-jawaban yang harus
diberikan kepada siswa
-
Siswa mencari jawaban/pengetahuan dari
berbagai sumber
Mengasosiasikan
-
Siswa mempresentasikan hasil
jawaban/diskusinya beserta kelompoknya ke depan
Mengomunikasikan
Guru menyuruh tiap-tiap
kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompoknya
|
60
|
Penutup
|
-
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana
manfaat atmosfer dalam kehidupan
-
Dengan bantuan presentasi
komputer/laptop/infocus, guru menayangkan apa yang telah dipelajari &
disimpulkan mengenai atmosfer
|
15
|
- Alat/Media/Sumber
1.
Lembar Penilaian
2.
Buku Paket Geografi
3.
Bahan tayang/power point
4.
Internet
- Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian : pengamatan, tes lisan, dan tes tertulis
Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1
|
Sikap
-
Terlibat aktif dalam pembelajaran
-
Bekerjasama dalam kerja kelompok
-
Toleran terhadap proses pemecahan masalah
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat
diskusi
|
2
|
Pengetahuan:
-
Menjelaskan kembali pengertian atmosfer
-
Menyatakan kembali manfaat atmosfer dalam
kehidupan sehari-hari
|
Pengamatan
& tes
|
Penyelesaian tugas kelompok
|
3
|
Keterampilan
-
Terampil menerapkan manfaat atmosfer
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik
individu maupun kelompok) & saat diskusi
|
Instrumen Penilaian
Tes Tertulis
Soal Uraian
1.
Jelaskan pengertian atmosfer !
2.
Sebutkan gas-gas yang terkandung dalam atmosfer!
3.
Sebutkan & jelaskan karakteristik
masing-masing lapisan!
4.
Sebutkan manfaat penyelidikan atmosfer?
5.
Sebutkan lapisan-lapisan atmosfer!
Pedoman
Penskoran :
1.
Menjelaskan 5…………..skor 5
Menjelaskan
3-4 skor 4
Menjelaskan
1-2 skor 3
No comments:
Post a Comment