Monday, June 25, 2018

RPP GEOGRAFI KELAS X TOPIK ATMOSFER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/Semester                        : X/I
Program                                   : IPS
Mata Pelajaran                        : Geografi
Topik                                       : Atmosfer
Pertemuan ke                          :

  1. Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret, dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ilmu.

  1. Kompetensi Dasar

1.1     Menghayati keadaan alam semesta beserta isinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  Mengembangkan perilaku proaktif dalam mempelajari peran geografi dalam kehidupan.
3.5  Menganalisis dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
4.2  Menyajikan karya tulis gejala litosfer, atmosfer, dan hidrosfer dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.


  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran atmosfer
2.      Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
3.      Toleransi terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
4.      Menjelaskan kembali pengertian atmosfer dan manfaatnya bagi kehidupan
5.      Menyatakan kembali karakteristik masing-masing lapisan atmosfer.

  1. Tujuan Pembelajaran
Dalam kegiatan diskusi & pembelajaran kelompok pada pembelajaran ini siswa diterapkan terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran & kritik serta dapat:
1.      Menjelaskan kembali pengertian atmosfer
2.      Menyatakan kembali manfaat atmosfer dalam kehidupan
3.      Menyebutkan karakteristik masing-masing atmosfer

  1. Materi Ajar
1.      Materi Fakta
a.       Menunjukkan persebaran iklim dunia
b.      Mengindentifikasi terjadinya perubahan iklim global
c.       Mendeskripsikan jenis vegetasi menurut iklim
d.      Menganalisis perubahan iklim
2.      Materi Konsep
a.       Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya.
b.      Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
3.      Materi Prinsip
a.       Mengingat kembali tentang pengertian atmosfer
Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi dan terdiri atas beberapa gas yang dipertahankan oleh gravitasi bumi. Atmosfer berfungsi untuk mempertahankan kehidupan di bumi. Udara kering pada atmosfer mengandung gas nitrogen 78%, dan semakin ke atas kandungan atmosfer cenderung berupa atom-atom gas.
Ilmu yang mempelajari atmosfer disebut meteorologi. Aspek-aspek yang dipelajari dalam meteorologi antara lain : awan, angin, petir, sinar matahari & kandungan air di udara
b.      Lapisan Atmosfer
Atmosfer terdiri atas lapisan-lapisan sebagai berikut :
a.    Troposfer : 0-12 km di atas permukaan bumi.
1)      Lapisan ini sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi. Pada lapisan ini terjadi peristiwa
4.      Materi Prosedur
a.       Membedakan cuaca dan iklim
b.      Memberi contoh unsur-unsur cuaca dan iklim.
5.      lla
  1. Alokasi Waktu
4 x 45 menit

  1. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Pendekatan saintifik (Scientific)
Metode            : Diskusi kelompok
Model              : Problem based learning (Diskusi kelompok yang berbasis
  Masalah

  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru memberikan gambaran tentang atmosfer
2.     Sebagai apersepsi untuk mendorong ingin tahu & berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai atmosfer
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu: menjelaskan pengertian atmosfer
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati gambar-gambar lapisan atmosfer melalui infocus (powerpoint)
Menanya
-    Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan atmosfer
-    Siswa mengajukan pertanyaan yang kurang jelas tentang atmosfer
-    Siswa juga menjawab dst
Mengeksplorasikan
-    Guru menggali jawaban-jawaban yang harus diberikan kepada siswa
-    Siswa mencari jawaban/pengetahuan dari berbagai sumber
Mengasosiasikan
-   Siswa mempresentasikan hasil jawaban/diskusinya beserta kelompoknya ke depan
Mengomunikasikan
Guru menyuruh tiap-tiap kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompoknya
60
Penutup
-   Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana manfaat atmosfer dalam kehidupan
-   Dengan bantuan presentasi komputer/laptop/infocus, guru menayangkan apa yang telah dipelajari & disimpulkan mengenai atmosfer
15

  1. Alat/Media/Sumber
1.      Lembar Penilaian
2.      Buku Paket Geografi
3.      Bahan tayang/power point
4.      Internet

  1. Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian : pengamatan, tes lisan, dan tes tertulis
Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Pelaksanaan
1
Sikap
-    Terlibat aktif dalam pembelajaran
-    Bekerjasama dalam kerja kelompok
-    Toleran terhadap proses pemecahan masalah
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan:
-   Menjelaskan kembali pengertian atmosfer
-   Menyatakan kembali manfaat atmosfer dalam kehidupan sehari-hari
Pengamatan & tes
Penyelesaian tugas kelompok
3
Keterampilan
-    Terampil menerapkan manfaat atmosfer
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) & saat diskusi




Instrumen Penilaian

Tes Tertulis

Soal Uraian

1.      Jelaskan pengertian atmosfer !
2.      Sebutkan gas-gas yang terkandung dalam atmosfer!
3.      Sebutkan & jelaskan karakteristik masing-masing lapisan!
4.      Sebutkan manfaat penyelidikan atmosfer?
5.      Sebutkan lapisan-lapisan atmosfer!


Pedoman Penskoran :
1.      Menjelaskan 5…………..skor 5
Menjelaskan 3-4                skor 4
Menjelaskan 1-2                skor 3



No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate