Monday, June 25, 2018

Keuntungan dan Dampak Negatif dari Penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari


          Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan bisa memecahkan masalah. Komputer dapat melakukan segala jenis pekerjaan. Komputer model masa kini dapat menangani jutaan panggilan dan berkomunikasi dalam waktu bersamaan. Komputer dapat melayani jaringan komputer lain yang sedang saling berkomunikasi melalui internet hingga dapat menghubungkan berbagai tempat. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Manfaat yang didapatkan teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Contohnya : Perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang.

Dampak Negatif

Pengaruh kemajuan komputer secara global dengan tanpa ada pemilah/penyaring sebagai filter sangat membahayakan kehidupan terutama untuk para remaja/anak-anak. Hal ini dapat mengubah perilaku, pola pikir serta kebiasaan yang kurang baik akibat selalu sering melihat/mengikuti tayangan yang tidak sepaham dengan idiologi kebudayaan kita dapat merusak idiologi/kebudayaan bangsa. Contoh : tayangan film porno, adegan yang keji, tayangan film laga yang sebenarnya hanya sebuah trik film saja.
          Kejahatan di dalam perekonomian dapat pula muncul dipicu dengan terciptanya software oleh para haker yang tidak berperikemanusiaan.

          Adegan kejahatan kriminal pun sering dapat ditiru oleh pengguna internet. Komputer walaupun belum ada penelitian konkret tapi dipercaya bahwa ada korelasi antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda khususnya games komputer yang banyak memuat untuk kekerasan dan pembunuhan.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate