Monday, June 25, 2018

RPP GEOGRAFI SMA KELAS X TOPIK PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/Semester                        : X/I
Program                                   : IPS
Mata Pelajaran                        : Geografi
Topik                                       : Pengetahuan Dasar Geografi
Pertemuan ke                          :

  1. Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur,disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret, dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

  1. Kompetensi Dasar

1.1     Menghayati keadaan alam semesta beserta isinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2.1     Mengembangkan perilaku proaktif dalam mempelajari peran geografi dalam kehidupan
1.1    Memahami pengetahuan dasar geografi
4.1  mengolah informasi mengenai konsep dasar pengetahuan geografi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di muka bumi.


  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menyadari kebesaran Tuhan tentang konsep dasar pengetahuan geografi dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Bekerjasama peduli terhadap lingkungan sekitar terlibat aktif dalam menjaga lingkungan di sekitarnya
3.      Mampu mengumpulkan data tentang konsep dasar pengetahuan geografi
4.      Mampu menyajikan data tentang konsep dasar pengetahuan geografi


  1. Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan kegiatan diskusi & pembelajaran kelompok tentang konsep dasar pengetahuan geografi :
1.      Terlihat aktif dalam kegiatan pembelajaran menyampaikan pendapat tentang konsep dasar pengetahuan geografi
2.      Mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang pengetahuan konsep dasar pengetahuan geografi
3.      Mampu menyimpulkan tentang konsep dasar pengetahuan geografi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Materi Ajar
1.      Materi Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
a.       Pendekatan keruangan
b.      Pendekatan ke lingkungan
c.       Pendekatan komplek wilayah
2.      Materi Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
a.       Prinsip persebaran
b.      Prinsip interelasi
c.       Prinsip korologi
d.      Distribusi
3.      Materi Prinsip
a.       Aspek fisik (alamiah)
b.      Aspek sosial (kehidupan)
4.      Materi Prosedural
a.       Konsep aglomerasi
b.      Konsep lokasi
c.       Kondisi diferensial area
d.      Konsep letak


  1. Alokasi Waktu
3 x 45 menit




  1. Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran

Pendekatan     : saintifik (Scientific)
Metode            : Diskusi
Model              : Problem based learning (Diskusi kelompok yang berbasis
  Masalah

  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi
-   Mendorong rasa ingin tahu, berpikir kritis siswa diajak memecahkan masalah
-   Guru membagi siswa beberapa kelompok
-   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati

Melalui membaca buku teks,LCD (melihat gambar dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari)

Menanya
Diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang konsep dasar pengetahuan geografi dalam kehidupan sehari-hari

Mengeksplorasikan
Data tentang konsep dasar pengetahuan geografi melalui Tanya jawab

Mengasosiasikan
Dengan menganalisis informasi dan data yang dibuat dan didapat baik dari bacaan maupun sumber terkait

Mengomunikasikan
Menyimpulkan bersama-sama tentang konsep dasar pengetahuan geografi
60
Penutup
-   Siswa menyampaikan pendapat tentang konsep dasar pengetahuan geografi
-   Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan dari materi konsep dasar pengetahuan geografi
-   Guru memberi tugas mandiri berstruktur dan tidak berstruktur
-   Dengan siswa mengucap syukur dan menyampaikan harapan agar ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat
15


  1. Alat/Media/Sumber
1.      Lembar Penilaian
2.      Buku Paket Geografi
3.      Bahan tayang/power point


  1. Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian : pengamatan, tes lisan, dan tes tertulis
Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Pelaksanaan
1
Sikap
-    Terlihat aktif dalam pembelajaran
-    Bekerja dalam kelompok
-    Menghargai pendapat orang lain
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan:
-   Menjelaskan tentang prinsip geografi
-   Pendekatan geografi
-   Konsep geografi

Pengamatan dan tes
Tes lisan dan tes tertulis
Penyelesaian test individu atau kelompok
3
Keterampilan
-    Terampil menerangkan tentang pengetahuan dasar geografi dalam kehidupan sehari-hari
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) & saat diskusi











Instrumen Penilaian

Tes Tertulis

Soal Uraian

1.      Deskripsikan geografi menurut para pakar !
2.      Sebutkan dan jelaskan macam-macam prinsip geografi !
3.      Jelaskan pendekatan geografi ke lingkungan atau ekologi!
4.      Sebutkan 10 konsep dalam geografi !
5.      Deskripsikan dan berikan contoh kehidupan sehari-hari pendekatan interelasi!

Pedoman Penskoran :
Menjelaskan 5…………..skor 5
Menjelaskan 3-4                skor 4
Menjelaskan 1-2                skor 3


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate