Monday, June 25, 2018

PENGERTIAN PUISI





1.      H.B. Yasin
H.B. Yasin, melihat puisi sebagai suatu karangan yang mengandung irama. Irama merupakan ciri puisi yang membedakannya dengan prosa. Perbandingan antara puisi dengan prosa diibaratkan orang yang menari dengan orang yang berjalan biasa. Orang yang menari memperlihatkan irama gerak dan lagu, sedangkan orang yang berjalan biasa tidak memperlihatkan irama sebagai irama seseorang yang menari.

2.      Coleridge
Coleridge melihat puisi sebagai karangan yang terindah dari yang terindah. Penyair memilih kata-kata yang setepat-tepatnya, disusun dengan sebaik-baiknya, seimbang, senada, seirama, antar unsur saling menyatu, mengikat hingga menjadi suatu karangan yang utuh.

3.      Carlyle
Carlyle mengatakan bahwa puisi merupakan pemikiran yang bersifat musikal. Penyair dalam menciptakan puisinya memikirkan bunyi yang merdu seperti musik dalam puisi.

4.      Wordsworth
Wordsworth mengatakan puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif yaitu perasaan yang direkakan atau diangankan.


5.      Dunton
Dunton, berpendapat bahwa puisi merupakan pemikiran manusia secara konkrit dan artistik dalam bahasa emosional dan berirama.

6.      Shelley
Shelley mengemukakan bahwa puisi adalah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup seseorang. Setiap orang mempunyai detik-detik yang paling indah dalam hidupnya, misalnya peristiwa yang sangat mengesankan, seperti : kegembiraan yang memuncak, percintaan, kesedihan, dan sebagainya. Semua itu merupakan detik-detik peristiwa yang sangat mengesankan dalam kehidupan seseorang.

7.      Menurut Penulis Sendiri

Puisi adalah ungkapan dari suatu kejadian atau peristiwa baik perasaan sedih maupun senang/ekspresi perasaan yang merangsang imajinasi seseorang menuangkan dalam bentuk syair dituangkan ke dalam kata-kata yang saling mengikat, hingga menjadi suatu karangan yang utuh, senada, seirama, antar unsur saling menyatu.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate