Saturday, June 30, 2018

Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran CTL

Kelebihan-Kelebihan Pembelajaran CTL
a.       Siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran.
b.      Siswa belajar dari teman melalui kerja kelompok, diskusi, saling mengoreksi
c.       Pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata dan atau masalah yang disimulasikan
d.      Perilaku dibangun atas kesadaran diri
e.       Keterampilan dikembangkan atas dasar pemahaman
f.       Hadiah untuk perilaku baik adalah kepuasan diri
g.      Pemahaman rumus dikembangkan atas dasar skemata yang sudah ada dalam diri siswa
h.      Pemahaman rumus itu relatif berbeda antara siswa yang satu dengan lainnya, sesuai dengan skemata siswa (on going process of development)
i.        Siswa menggunakan kemampuan berpikir kritis, terlibat penuh dalam mengupayakan terjadinya proses pembelajaran yang efektif, ikut bertanggung jawab atas terjadinya proses pembelajaran yang efektif, dan membawa skemata masing-masing ke dalam proses pembelajaran.
j.        Pengetahuan yang dimiliki manusia dikembangkan oleh manusia itu sendiri. Manusia menciptakan atau membangun pengetahuan dengan cara memberi arti dan memahami pengalamannya.

Kelemahan-Kelemahan Pembelajaran CTL
Kelemahan dari pembelajaran CTL antara lain :
a.       Sulitnya menyediakan buku-buku sumber tambahan selain buku sumber yang sudah ada dan ditetapkan untuk setiap kelompok.
b.      Penggunaan waktu kurang efisien karena siswa dibiarkan sendiri untuk menemukan jawabannya.
c.       Tidak semua sekolah memiliki media dan alat pelajaran yang lengkap, sehingga pada pembelajaran IPA tidak mencapai hasil yang maksimal.

Dari tujuh komponen CTLyang diuraikan di atas, peneliti hanya akan menggunakan dua komponen saja yaitu menemukan (inquiry) dan masyarakat belajar (learning community), karena dalam pembelajaran alat pernapasan manusia dan hewan dengan melalui praktikum diharapkan siswa dapat menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan seperti layaknya seorang ilmuwan dan diharapkan siswa dapat bekerja sama dengan orang lain. Sebab secara teori siswa lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit jika mereka saling mendiskusikan masalah tersebut dengan temannya.

No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate