Kelebihan-Kelebihan Pembelajaran CTL
a.
Siswa secara aktif terlibat dalam proses
pembelajaran.
b.
Siswa belajar dari teman melalui kerja kelompok,
diskusi, saling mengoreksi
c.
Pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata
dan atau masalah yang disimulasikan
d.
Perilaku dibangun atas kesadaran diri
e.
Keterampilan dikembangkan atas dasar pemahaman
f.
Hadiah untuk perilaku baik adalah kepuasan diri
g.
Pemahaman rumus dikembangkan atas dasar skemata
yang sudah ada dalam diri siswa
h.
Pemahaman rumus itu relatif berbeda antara siswa
yang satu dengan lainnya, sesuai dengan skemata siswa (on going process of development)
i.
Siswa menggunakan kemampuan berpikir kritis,
terlibat penuh dalam mengupayakan terjadinya proses pembelajaran yang efektif,
ikut bertanggung jawab atas terjadinya proses pembelajaran yang efektif, dan
membawa skemata masing-masing ke dalam proses pembelajaran.
j.
Pengetahuan yang dimiliki manusia dikembangkan
oleh manusia itu sendiri. Manusia menciptakan atau membangun pengetahuan dengan
cara memberi arti dan memahami pengalamannya.
Kelemahan-Kelemahan Pembelajaran CTL
Kelemahan dari pembelajaran CTL
antara lain :
a.
Sulitnya menyediakan buku-buku sumber tambahan
selain buku sumber yang sudah ada dan ditetapkan untuk setiap kelompok.
b.
Penggunaan waktu kurang efisien karena siswa
dibiarkan sendiri untuk menemukan jawabannya.
c.
Tidak semua sekolah memiliki media dan alat
pelajaran yang lengkap, sehingga pada pembelajaran IPA tidak mencapai hasil
yang maksimal.
Dari tujuh komponen
CTLyang diuraikan di atas, peneliti hanya akan menggunakan dua komponen saja
yaitu menemukan (inquiry) dan
masyarakat belajar (learning community),
karena dalam pembelajaran alat pernapasan manusia dan hewan dengan melalui
praktikum diharapkan siswa dapat menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan
seperti layaknya seorang ilmuwan dan diharapkan siswa dapat bekerja sama dengan
orang lain. Sebab secara teori siswa lebih mudah menemukan dan memahami
konsep-konsep yang sulit jika mereka saling mendiskusikan masalah tersebut
dengan temannya.
No comments:
Post a Comment