RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/I
Program : IPS
Mata Pelajaran : Geografi
Topik :
Mitigasi Bencana
Pertemuan ke :
- Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Mengembangkan perilaku (jujur,disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta
damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret, dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar
1.7
Menghayati keadaan alam semesta beserta isinya
sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.
2.7
Mengembangkan perilaku proaktif dalam
mempelajari peran geografi dalam kehidupan
3.7
Mengevaluasi tindakan yang tepat dalam mitigasi
bencana alam
4.7 Menyusun karya tulis
berdasarkan hasil observasi gejala listosfer atau hidrosfer di lingkungan
sekitar dengan pendekatan geografi.
- Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Teribat aktif dalam pembelajaran mitigasi
bencana
2.
Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
3.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif
4.
Menyatakan kembali cara-cara mitigasi bencana
- Tujuan Pembelajaran
Dalam kegiatan diskusi & pembelajaran kelompok pada pembelajaran
ini siswa diharapkan terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran, kritik dan dapat :
1.
Menjelaskan kembali pengertian mitigasi bencana.
2.
Menyatakan kembali cara-cara mitigasi bencana.
3.
Menyebutkan macam-macam mitigasi bencana
(tsunami, gempa bumi, gunung meletus, dll)
- Materi Ajar
1.
Materi Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
2.
Materi Konsep
Mengingat kembali tentang pengertian mitigasi bencana.
Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko
bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan
kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No. 21 tahun 2008
tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana).
Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan
mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh
faktor alam atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga menimbulkan
korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda & dampak
psikologis. Bencana dapat berupa kebakaran, tsunami, gempa bumi, dll.
3.
Materi Prinsip
4.
Materi Prosedural
- Alokasi Waktu
4 x 45 menit
- Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan Saintifik
(Scientific)
Metode : Diskusi Kelompok
Model : Problem based
learning (Diskusi kelompok yang berbasis
Masalah
- Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu & berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai mitigasi
bencana
2.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Siswa melihat gambar tentang
bencana contoh : gunung meletus, tsunami, gempa bumi, dll
Menanya
-
Guru memberikan pertanyaan yang terkait dengan
bencana
-
Siswa mengajukan pertanyaan tentang
bencana/siswa menjawab pertanyaan guru
Mengeksplorasikan
Guru menggali jawaban-jawaban
yang diberikan anak baik secara individu/kelompok
Mengasosiasikan
Siswa mempresentasikan hasil
diskusi
Mengomunikasikan
Guru
menyuruh tiap-tiap kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompoknya
|
60
|
Penutup
|
-
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana
mitigasi bencana
-
Dengan bantuan presentasi komputer/laptop/infokus,
guru menayangkan apa yang telah dipelajari & disimpulkan mengenai
mitigasi bencana
|
15
|
- Alat/Media/Sumber
1.
Lembar Penilaian
2.
Bahan tayang/power point
3.
Internet
- Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian : pengamatan, tes lisan, dan tes tertulis
Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1
|
Sikap
-
Terlihat aktif dalam pembelajaran
-
Bekerjasama dalam kelompok
-
Toleran terhadap proses pemecahan masalah
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat
diskusi
|
2
|
Pengetahuan:
-
Menjelaskan kembali tentang mitigasi bencana
-
Menyatakan kembali tentang cara-cara mitigasi
bencana
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian test individu atau
kelompok
|
3
|
Keterampilan
-
Terampil menerangkan mitigasi bencana dalam
kehidupan nyata
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik
individu maupun kelompok) & saat diskusi
|
|
|
|
|
Instrumen Penilaian
Tes Tertulis
Soal Uraian
1.
Jelaskan pengertian mitigasi bencana !
2.
Apa yang dimaksud dengan bencana !
3.
Sebutkan macam-macam bencana!
4.
Bagaimana cara penanggulangan bencana !
5.
Apakah bencana bisa dicegah, jelaskan!
Pedoman
Penskoran :
1.
Menjelaskan 5…………..skor 5
Menjelaskan
3-4 skor 4
Menjelaskan
1-2 skor 3
No comments:
Post a Comment